Top Label

Cara Mengirim Paket Lewat JNE Bagi Pemula



Saat ini pengiriman barang semakin meningkat seiring banyaknya transaksi jual beli di marketplace atau toko online di Indonesia.

Jika kamu selama ini kamu suka belanja barang secara online, mungkin menerima paket kiriman bukanlah yang aneh lagi. Namun, bagaimana dengan cara mengirim paket?

cara mengirim paket

Banyak sekali orang-orang yang belum paham sama sekali dengan cara mengirim barang lewat JNE ataupun jasa pengiriman lainnya.

Jadi, nggak heran kalau banyak orang yang bingung dengan cara pengiriman barang.
Buat kamu yang membutuhkan cara mengirim paket atau barang menggunakan jasa pengiriman. Tenang, karena admin Ilyasweb akan berbagi pengalaman bagaimana cara mengirim barang lewat JNE hingga paket sampai ke alamat tujuan.


Cara Mengirim Paket Lewat JNE - Dijamin 100% Barang Sampai Tujuan


Tata cara kirim barang lewat JNE bukan hal yang sulit, skuy. Sangat mudah sekali, semudah kamu membalikkan telapak tangan.

Namun dibalik kemudahan tersebut, memang ada beberapa hal yang harus tetap kamu perhatikan disaat akan mengirim barang. Tentunya kamu ingin barang yang kamu kirim sampai ke tujuan tanpa masalah bukan?

Oleh sebab itu, kamu harus memperhatikan hal-hal ini. Apa saja yang harus diperhatikan? Cekidot, skuy :


1. Lakukan Cek Ongkos Kirim (Ongkir) JNE

cara mengirim paket lewat jne

Biaya pengiriman paket JNE itu terbilang sangat murah. Namun, kamu harus memperhatikan ongkos kirim ini saat akan melakukan pengiriman barang lewat JNE.

Untuk menghitung estimasi biaya pengiriman melalui JNE, nggak usah pergi ke kantornya, kamu  bisa memanfaatkan website resmi JNE saja.

Kalau belum tahu caranya, coba kamu simak langkah-langkahnya dibawah ini :

  • Pertama, silakan kamu buka alamat situs JNE.co.id, dan silakan cari formulir Tarif Kiriman.
  • Silakan isi kolom Origin dengan nama kota tempat kamu akan mengirim paket/barang.
  • Kemudian isi kolom Destination dengan kota tujuan pengiriman barang.
  • Sedangkan bagian Weight silakan isi dengan berat barang yang akan dikirim.
  • Jika 3 kolom tersebut sudah kamu isi, klik tombol CHECK.
  • Lalu masukkan kode chaptcha.
  • Terakhir, ketuk kembali tombol CHECK.

Setelah itu kamu akan diarahkan ke halaman yang berisi informasi mengenai biaya kirim JNE, dengan beberapa pilihan paket yang tersedia, dan juga estimasi durasi pengiriman hingga sampai tujuan. (lihat gambar dibawah ini).

cara kirim barang lewat jne

Dari sekian banyaknya jenis layanan pengiriman JNE tersebut, yang paling banyak digunakan hanya 3 layanan. Yakni, JNE REG (Reguler), OKE (Ongkos Kirim Ekonomis), dan YES (Yakin Esok Sampai).

Perbedaannya hanya terletak pada kecepatan durasi pengirimannya, misalkan pengiriman barang lewat JNE dari Kab. Cianjur ke Soreang - Bandung :

  • JNE REG : 1 - 2 hari, Rp. 9.000,-
  • JNE OKE : 6 - 8 hari, Rp. 8.000,-
  • JNE YES : 1 hari (maksimal 24 jam), Rp. 12.000,-
  • JNE SPS : 0 hari (paling cepat), Rp. 207.000,-

Sekarang JNE punya layanan JNE SPS atau SS (Super Speed). Durasi pengiriman dengan paket ini benar-benar cepat sekali. Pasalnya, barang kamu akan sampai di hari itu juga.

Baca juga: Buat yang ingin tahu apa saja yang sering ditanyakan oleh pengguna mengenai JNE, baca artikel [Tanya Jawab] Tentang Layanan Ekspedisi JNE.


2. Bungkus Barang Yang Akan Dikirim (Packing Paket)

cara kirim paket jne

Setelah kamu mengetahui ongkos kirim JNE, berikutnya kamu tinggal siapkan barang yang akan dikirim. Jangan lupa untuk packing barang tersebut dengan rapih dan aman terlindungi.

Demi keamanan barang, silakan barang kamu lapisi dengan plastik, kemudian bungkus dengan koran atau kertas lainnya. Jangan lupa tambahkan bubble wrap agar barang aman dari benturan (beli saja di toko ATK terdekat).

Bingung cara packing barangnya bagaimana? Tenang, coba kamu tonton video dibawah ini :


Yang wajib untuk kamu perhatikan adalah cara packing harus menyesuaikan dengan isi barangnya. Misalkan kalau kamu mau kirim barang yang rawan pecah, maka lakukan packing dengan hati-hati dan tambahkan bubble wrap yang tebal.

Jika memang diperlukan, kamu bisa menggunakan packing kayu. Ini sudah jelas akan lebih aman, packing kayu juga bisa kamu dapatkan di kantor JNE.

Baca juga : Maaf melenceng, sedikit informasi buat guru-guru yang butuh info seputar SIM PKB, silakan baca artikel berikut Informasi SIM PKB Paling Lengkap dan Terupdate.


3. Perhatikan Penulisan Alamat Penerima dan Pengirim Pada Paket

cara mengirim paket jne

Setelah packing selesai, silakan kamu tulis alamat penerima paket. Jika paket berupa amplop, kamu bisa menulisnya langsung dengan pulpen.

Namun jika packing barang menggunakan kardus, silakan kamu tulis alamat di kertas putih lalu tempelkan dengan memakai selotip bening.

Selain kertas putih, kamu bebas menggunakan media tulis alamat, dengan catatan :

  • Kertas tidak dalam keadaan rusak
  • Tulisan terlihat jelas dan bisa dibaca dengan mudah
  • Penulisan alammat lengkap, benar, serta jelas

Selain menuliskan alamat penerima, silakan kamu tulis juga alamat kamu sebagai pengirim. Fungsinya ialah jika barang tidak berhasil dikirim ke alamat tujuan, maka paket bisa dibalikkan lagi ke alamatmu.

Jika kamu masih kurang mengerti dengan cara penulisan alamatnya, kamu bisa membaca artikel sebelumnya yakni Cara Penulisan Alamat Yang Benar.
Ini sudah pernah saya bahas secara lengkap di Cara Menulis Alamat Paket Dengan Benar


4. Jika Paket Sudah Siap, Saatnya Kamu Datang ke Kantor JNE Terdekat

cara kirim paket lewat jne

Sekarang Kantor JNE sudah banyak dibangun di berbagai wilayah di Indonesia, mulai dari kota kecil hingga kota besar.

Jadi, kamu nggak usah bingung meskipun tinggal di daerah pinggiran alias jauh dari perkotaan, karena sekarang sudah banyak agen dan sub-agen JNE.

Gambaran umumnya begini, setelah melakukan packing dan menempel alamat, sekarang kamu bawa paket tersebut ke Kantor, atau Agen JNE terdekat.

Jika belum tahu alamat kantor JNE terdekat di daerahmu, silakan kamu manfaatkan Maps yang ada di HP Android milikmu, Caranya :

  • Buka Browser
  • Lalu cari di Google dengan kata kunci "JNE Terdekat" atau "JNE Kota Anda".
  • Maka akan ditampilkan alamat lokasi Kantor JNE terdekat, lengkap dengan navigasi Google Maps.

Setelah kamu mengetahui lokasinya, datang saja langsung ke lokasi tersebut. Eits, jangan lupa untuk memperhatikan hari dan jam kerja di kantor tersebut. Jadi, pas kamu datang kesana, kantor tidak sedang tutup. Baca ini Jam Kerja JNE di Kantor Cabang, Agen, dan Kurir Terbaru.


5. Katakan ke Petugas Kalau Kamu Ingin Mengirimkan Barang

cara pengiriman j n e

Setelah tiba di kantor JNE, kamu bilang saja ke petugas atau karyawan JNE kalau kamu ingin mengirim barang/paket.

Petugas akan melakukan mengecek paket kiriman kamu dan akan menimbangnya untuk mengetahui berat kiriman, atau mengukurnya jika volume paket kamu besar.

Selanjutnya, kamu akan ditanya apa isi paket tersebut, kemana paket akan dikirimkan, dan juga layanan apa yang ingin kamu gunakan (JNE REG, OKE, YES, SPS, atau JTR).

Nah setelah itu kamu akan diminta untuk membayar biaya pengiriman atau ongkos kirim (ongkir), dan selanjutnya paket akan diproses oleh pihak JNE.

Oh iya, setelah kamu membayar ongkos kirim, kamu akan mendapatkan bukti pengiriman dan nomor Resi. Nah, no resi ini jangan dibuang ya, karena bisa kamu gunakan untuk melacak kiriman kamu.

Belum tahu cara melacak kiriman JNE dengan nomor resi? Baca ini Cara Mengecek Resi J&T, JNE, dan Tiki Paling Mudah.


6. Yuhuu... Sekarang Tinggal Menunggu Paket Kamu Sampai ke Alamat Tujuan


Sampai disini semua langkah-langkahnya sudah selesai. Kamu tinggal menunggu paket kiriman diproses oleh JNE sampai selesai diantarkan ke alamat tujuan.

Jika kamu tipe orang yang was-was alias takut barang kamu nggak sampai, silakan kamu lakukan cek resi secara berkala.

Biasanya, status pengiriman akan berubah (update) setiap waktunya. Jadi, dengan cara mengecek resi JNE kamu akan tahu kiriman kamu sudah sampai dimana.


Akhir Kata

Cara mengirim barang lewat JNE itu sangat mudah sekali bukan? Tutorial diatas admin Ilyasweb tuliskan berdasarkan pengalaman saya peribadi saat mengirim paket.

Alhamdulillah dengan menerapkan cara diatas, barang yang saya kirim selalu sampai ke alamat tujuan tanpa mendapatkan masalah apapun.

Dari 6 (poin) diatas, saya sangat mengingatkan agar kamu teliti dalam menuliskan alamat penerima dan juga packing barangnya.

Jangan dianggap remeh, 2 hal tersebut dapat menyebabkan paket kamu gagal sampai ke alamat tujuan.

Baca juga :
  1. Berapa Hari Pengiriman J&T Express? Ini Jawabannya
  2. Arti Received At Warehouse dan Not Time Delivery di JNE
  3. 11 Cara Melacak Nomor HP Yang Hilang

Satu hal lagi, silakan kamu bersabar menunggu, karena paket akan sampai kok. Namun jika ada masalah apa saja, jangan sungkan untuk menghubungi JNE.

Kalau kamu nggak suka JNE dan ingin mengirim menggunakan ekspedisi lain, coba baca artikel Cara Mengirim Barang Lewat J&T Express.

Semoga membantu, dan jangan lupa untuk bantu share ke sosial media kamu!
#Bisnis Online#Ekspedisi
Muhamad Ilyas 2 Mar 2020 Last Updated 2020-03-01T17:24:17Z