Cara Menggunakan Headset Bluetooth di HP Android

Sekarang ini, banyak sekali tipe dan merk headset yang bisa kamu beli di toko online ataupun marketplace, setiap headset tersebut juga memiliki kelebihan tersendiri.

Ada headset stereo yang bisa memutar musik dengan irama yang bagus, serta ada juga headset mono yang bisa memainkan musik atau lagu secara minimalis.

cara menggunakan headset bluetooth

Meskipun sebagian besar orang lebih suja menggunakan stereo ketimbang mono, meskipun headset yang mereka gunakan hanya untuk 1 telinga.

Mungkin karena efek musik yang merdu yang membuatnya terasa lebih nyaman dan enjoys saat digunakan.

Saat ini, bukan hanya headset dengan kabel saja. Namun ada juga headset yang tanpa menggunakan kabel, yakni dengan memakai teknologi wireless atau bluetooth (baik itu yang Stereo maupun Mono).

Tipe headset yang satu ini, sering dikenal dengan sebutan Headset Bluetooth.

Mungkin pengguna headphone bluetooth di Indonesia masih terbilang sedikit. Pasalnya, hampir setiap smartphone baru hanya dibekali dengan headset original yang masih berkabel.

Jadi, jika ingin menggunakan headset bluetooth ini, kamu harus membelinya sendiri.

Kini banyak sekali brand atau vendor ponsel ternama yang membuat headset bluetooth, misalnya Xiaomi, Samsung, Nokia, LG, Sony, Oppo, Vivo, dan yang lainnya.


Cara Pakai Headset Bluetooth dengan Mudah

Saya sudah membeli headset bluetooth, lantas bagaimana cara memakai headset bluetooth di smartphone android?

Tenang, karena di postingan kali ini saya akan membagikan informasi mengenai cara pemakaian headset bluetooth di hp. So, silakan kamu ikuti beberapa langkah berikut ini.

Langkah 1 : Silakan kamu aktifkan headset bluetooth terlebih dahulu dengan cara tekan saja tombol power pada headset sampai muncul LED yang berwarna biru berkedip-kedip.

Langkah 2 : Hidupkan konektivitas bluetooth di hp android kamu, untuk memulai membuat sambungan alias pemasangan.

Jika hp kamu dengan bluetoth tidak terpasang, silakan kamu tekan tombol power headset bluetooth beberapa detik hingga muncul lampu LED berwarna merah dan biru yang berkedip, yang menandakan kalau keduanya sedaang melakukan proses pairing.

Jika headset bluetooth masih tidak terbaca oleh hp android kamu, silakan kamu matikan dulu headset bluetooth, lalu hidupkan kembali.

Langkah 3 : Selanjutnya, coba kamu pindai perangkat baru dari hp android yang sedang kamu gunakan, sampai kamu menemukan nama bluetooth headset tersebut.

Langkah 4 : Jika perangkat sudah kamu temukan, hubungkan saja langsung.

Langkah 5 : Jika headset bluetooth sudah tersambung dengan hp, kamu nggak perlu mengulangi cara diatas disaat akan menggunakan headset bluetooth tersebut. Cukup hidupkan, langsung nikmati...

Bagaimana, gampang banget kan? Perlu kamu ketahui, cara penggunaan headset bluetooth ini bisa kamu gunakan di semua merk dan tipe headset bluetooth ya.

Untuk sekarang ini, hedset bluetooth yang bisa dipakai untuk dengerin media di hp android, baik itu musik, video, game, dann suara lainnya, yakni headset yang sudah menggunakan A2DP alias Advanced Audio Distribution Profile.

Ada sebagian pengguna yang mengeluh, kalau ternyata headset bluetooth dengan A2DP di android tidak bisa dipakai untuk mendengarkan musik, cuman bisa dipake buat teleponan saja.

Penting kamu catat, hal itu terjadi karena si pengguna belum mengaktifkan headset bluetooth tersebut untuk mendengarkan media di ponsel.

Untuk cara mengaktifkan headset bluetooth ini sangat mudah, silakan buka Pengaturan Bluetooth >> Perangkat yang terhubung >> Pilih nama perangkat bluetooth headset kamu >> ketuk pada Opsi >> Kemudiaan akan ada 2 (dua) pilihan, yakni Media dan Telepon, silakan kamu pilih yang Media.

Sekarang, silakan kamu coba putar musik apa saja, pasti akan terdengar suaranya.

Namun, jika ternyata tidak ada opsi Media di setelan Bluetooth, berarti headset kamu belum support A2DP ya. Jadi, hanya bisa digunakan di gadget selain Android.


Jika kamu punya niat untuk membeli headset bluetooth? Kini harganya sangat terjangkau sekali. Kisaran harganya dari Rp. 25.000,- sampai Rp. 500.000,- tergantung brand, garansi, dan kualitas ya.

Nggak perlu bingung belinya dimana, cek sekarang juga di marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee, Lazada, Blibli, ataupun yang lainnya.

Semoga membantu....
Muhamad Ilyas Saya Muhamad Ilyas, seorang Blogger dan juga Internet Marketer dari Cianjur. Sama seperti yang lain, saya ingin terkenal, jadi Pilot Penerbangan misalnya. Tapi saya nggak punya bakat jadi pilot. Karena itulah saya terus menulis, biar terkenal (bercanda).

Belum ada Komentar untuk "Cara Menggunakan Headset Bluetooth di HP Android"

Posting Komentar

Tuliskan komentar atau pertanyaan kamu di sini, ya!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel