Cara Mengaktifkan IDM di Chrome: 3 Menit Beres!

Dari sejak dulu, banyak pengguna internet (terutama yang suka download) selalu kebingungan dengan cara mengaktifkan IDM di Google Chrome.

Seiring berkembangnya teknologi dan pengguna komputer, pemakai ekstensi Internet Download Manager atau yang lebih dikenal dengan IDM ini juga ikut meningkat.

Extension IDM Chrome ini memang sangat terkenal sebagai salah satu aplikasi download manager dengan kecepatan yang luar biasa dan tingkat kesetabilannya yang tinggi.

Ekstensi IDM ini biasanya sih langsung aktif secara otomatis di Browser yang kamu miliki setelah proses install berhasil.

Akan tetapi, ada juga sebagian pengguna yang harus mengaktifkannya secara manual terlebih dahulu.

Nah, buat kamu yang ingin tahu cara mengaktifkan IDM di Chrome, kamu bisa membaca tutorial lengkapnya versi Ilyasweb berikut.

idm tidak muncul di chrome

Perlu kamu garis bawahi, seperti yang admin katakan di awal tulisan kalau IDM ini biasanya langsung aktif setelah memasangnya. Terus, mengapa ada beberapa pengguna yang harus menyalakan ekstensi ini secara manual?

Sederhana sekali sih jawabanya, bisa jadi Google Chrome atau IDM yang kamu gunakan belum yang versi terbaru.

Pada akhirnya keduanya tidak bisa kompatibel yang mengakibatkan idm on chrome tidak bisa aktif secara otomatis, seperti biasanya.


Oleh sebab itu, solusinya kamu cukup lakukan update dulu baik Google Chrome ataupun IDM-nya ke versi baru.

extension idm chrome

Namun, buat kamu yang ingin sekali mengaktifkan IDM di chrome secara manual, kamu harus mengikuti langkah-langkah seperti yang akan saya bahas.

Untuk lebih detailnya, kamu bisa baca di bawah ini:

Cara Mengaktifkan IDM di Chrome

Langkah Pertama: Kamu bisa langsung buka Browser Google Crhome di laptop atau komputer (PC) milikmu, → klik menu yang ditandai dengan ikon tiga titik di pojok kanan atas, → pilih More tools (Fitur lainnya) → dan klik opsi Extentions (Ekstensi).

cara mengaktifkan idm di chrome

Langkah Kedua: Selanjutnya, kamu akan dibawa ke halaman Ekstensi Chrome. Di sini kamu bisa melihat ekstensi-ekstensi yang terpasang di Google Chrome milikmu.

cara mengaktifkan internet download manager di google chrome

Langkah Ketiga: Silakan kamu Minimize terlebih dahulu Google Chrome-nya. Kemudian kamu bisa langsung buka folder tempa kamu menginstall IDM. Biasanya ada di C:\Program Files (x86)\Internet Download Manager. Jika nggak ada, cari saja terlebih dahulu.

cara memasang idm di google chrome terbaru

Langkah Keempat: Selanjutnya, kamu carilah file ekstensi yang bernama IDMGCExt.crx pada folder tersebut.

Langkah Kelima: Klik file tersebut 1 kali, kemudian tarik atau drag file tersebut ke halaman ekstensi Chrome tadi yang di minimize.

Langkah Terakhir: Lalu klik Continue pada pemberitahuan yang tampil di bagian bawah Google Chrome. Setelah itu akan muncul ekstensi baru yang bernama IDM Integration Module. Langsung klik Aktifkan saja, ya.

IDM Tidak Muncul di Chrome

Sudah bisa atau belum? Pengalaman saya pribadi, seharusnya IDM terintegrasi secara otomatis setelah mengikuti langkah-langkah di atas.

Namun, buat kamu yang telah mencoba beberapa kali namun belum juga berhasil, kamu bisa ikuti tutorial pada poin "Langkah Pertama", yaitu Update IDM atau Chrome-nya terlebih dahulu.

Jika memungkinkan, silakan hapus terlebih dahulu Google Chrome di laptop (PC) kamu, lalu install kembali (Clean Install). Cara ini terbilang sangat efektif untuk menjawab masalah kamu.

Pertanyaan Terkait IDM Chrome

Apakah cara di atas support untuk semua versi IDM? Tentu support, skuy. Pada artikel tutorial ini saya menggunakan Chrome versi terbaru 2020, dan untuk versi sebelumnya juga sama saja.

IDM sudah aktif, tapi kenapa tidak bisa jalan? Karena IDM nggak punya kaki, hehe (becanda). Pastikan ikon tray IDM yang di taskbar bagian kanan bawah berjalan. Pasalnya, jika tidak aktif, maka secara otomatis IDM tidak akan berjalan.

Pada saat melakukan drag IDM (.crx) ke halaman Ekstensi Chrome tidak terdeteksi? Mudah sekali, lakukan install ulang browser Google Chrome yang kamu miliki.

Bagaimana cara mematikan IDM? Silakan kamu buka halaman ekstensi google chrome → klik Nonaktifkan pada ekstensi IDM. Secara otomatis IDM akan mati.

Apakah harus melakukan settingan lain, selain dari yang di atas? Nggak ada gan. Kamu cukup mengikuti petunjuk di atas, saya jamin 100% IDM akan terpasang dan bisa langsung siap pakai.
Adakah Setting Lain Yang Harus Dilakukan? : Sejauh ini nggak ada. Cukup dengan langkah-langkah diatas, maka IDM sudah 100% siap dipakai.


Akhir kata

Menurut pengalaman saya, mengaktifkan IDM di Google Chrome itu tidak sesulit meluluhkan hati pacar saya yang cueknya minta ampun, skuy (wkwk). Dalam waktu 3 (tiga) menit saja, Internet Download Manager sudah siap untuk dijalankan.

Tutorial di atas sudah saya tes dan 100% berhasil tanpa kendala. Jika masih kurang mengerti atau kamu mendapatkan kendala, silakan untuk menulisnya di kolom komentar yang telah saya sediakan di bawah.

Semoga membantu.
Muhamad Ilyas Saya Muhamad Ilyas, seorang Blogger dan juga Internet Marketer dari Cianjur. Sama seperti yang lain, saya ingin terkenal, jadi Pilot Penerbangan misalnya. Tapi saya nggak punya bakat jadi pilot. Karena itulah saya terus menulis, biar terkenal (bercanda).

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengaktifkan IDM di Chrome: 3 Menit Beres!"

Posting Komentar

Tuliskan komentar atau pertanyaan kamu di sini, ya!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel