Cara Melihat History Transaksi BNI Lewat HP Android

Buat kamu yang menjadi salah satu nasabah baru di bank Indonesia, pastinya kamu akan kebingungan mengenai berbagai fitur dan layanan perbankan.

cara melihat history transaksi bni

Sebagai contohnya, kamu ingin tahu bagaimana cara melihat history transaksi BNI lewat atm maupun lewat hp android (BNI Mobile Banking).

Atau lebih dikenal dengan cara cek mutasi BNI, skuy...

Mengecek mutasi rekening di bank manapun sebaiknya kamu lakukan secara berkala, terutama buat kamu yang aktif menggunakan kartu ATM atau belanja online via M-Banking.

Hal ini sangat bermanfaat untuk mengontrol pengeluaran kamu, alih-alih mencegah hilangnya saldo tanpa sepengetahuan.

Padahal, kamu nggak melakukan pembelian atau pembayaran apapun, atau untuk mengetahui siapa yang transfer ke rekening kita BNI.

Untuk melihat transaksi terakhir atau cek mutasi rekening BNI yang sedang kamu pakai, kita bisa melakukannya lewat atm, mobile banking, internet banking, ataupun SMS banking.

Buat kamu yang ingin tahu informasi mengenai cara melihat history transaksi BNI, kamu bisa menyimak beberapa metode dari admin Ilyasweb (Artikel kemarin tentang SIM PKB).

Sebelum admin menjelaskan tutorialnya, alangkah baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu beberapa manfaat dan juga fungsi dari mutasi rekening buat para nasabah bank, berikut manfaatnya :

1. Bermanfaat sebagai laporan atas semua aktivitas transaksi yang terjadi di rekening kamu dalam kurun waktu tertentu. Aktivitas ini bisa berupa dana keluar (debit) dan juga dana masuk (kredit).

2. Bisa digunakan untuk mengontrol semua transaksi yang kamu lakukan dalam jangka waktu tertentu. Khususnya buat kamu yang suka berbelanja online, atau yang sering bertransaksi menggunakan m-banking dan internet banking.

Hal ini juga berfungsi sebagai alat indikator pengamanan atas semua transaksi-transaksi yang (mungkin) dilakukan oleh orang lain di rekening kamu tanpa kamu ketahui.

3. Buat pelaku bisnis, mutasi rekening juga bermanfaat untuk membantu berlangsungnya transaksi bisnis kamu. Misalkan buat kamu pelaku bisnis online atau jualan online yang menerima pembayaran lewat transfer bank.


Cara Melihat History Transaksi BNI

cara cek mutasi bni

Sebenarnya ada 5 cara cek mutasi rekening BNI yang akan saya bahas di postingan ini. Jadi, kamu bisa memilih salah satu yang kamu sukai.

Okeh, untuk mempersingkat waktu, silakan kamu simak langkah-langkahnya berikut ini :


Cara Melihat Mutasi Rekening BNI Langsung Ke Teller Bank

Cara pertama yang bisa kamu lakukan ialah dengan datang langsung ke kantor BNI terdekat. Nggak perlu ke kantor pusat, kamu bisa mendatangi kantor cabang BNI yang paling dekat lokasi kamu.

Setelah tiba di kantor BNI, kamu langsung masuk saja dan silakan mengambil nomor antrian Teller ke satpam.

Selanjutnya, kamu tinggal menunggu Teller bank memanggil nomor antrian kamu. Kemudian kamu bilang saja kalau kamu ingin cek mutasi.

Dengan cara ini mungkin akan sedikit lebih rumit. Pasalnya, kamu diharuskan membawa buku tabungan BNI dan E-KTP sebagai persyaratannya.

Di Teller kamu bukan hanya bisa melihat history transaksi BNI saja. Tetapi kamu juga bisa melakukan tarik tunai, transfer, dan transaksi lainnya.

Jika kamu cek mutasi di teller bank, nanti history transaksi rekening kamu akan diprint  pada buku tabungan BNI kamu.

Namun banyak kekurangannya, seperti kamu harus sabar menunggu antrian, biasanya di hari senin antrian selalu penuh.

Buat kamu yang males nunggu antrian yang lama di kantor cabang BNI, silakan kamu skip saja cara yang satu ini, dan bisa langsung mencoba cara yang kedua.

Baca juga : buat yang bingung saat mau transfer uang dari BNI ke BCA, silakan untuk membaca Cara Transfer dari BNI ke BCA Lewat ATM.


Cara Cek Mutasi BNI Lewat ATM

Cara berikutnya lebih simpel daripada lewat Teller, kamu hanya perlu membawa kartu ATM saja, tanpa harus membawa buku tabungan ataupun KTP. Kamu cukup datang ke tempat yang ada mesin ATMnya.

Untuk cek transaksi terakhir di atm BNI ini bisa kamu lakukan selama 24 jam, alias tidak ada batas waktu jam kerja, tidak seperti lewat Teller.

Kamu nggak perlu mengambil nomor antrian, cukup menunggu nasabah lain keluar dari mesin ATM.

Pastikan harus tahu kode PIN ATM kamu, lalu silakan ikuti langkah-langkah berikut ini untuk melihat history transaksi terakhir BNI kamu :

  • Masukkan kartu ATM ke mesin ATM BNI.
  • Lalu pilih Bahasa Indonesia.
  • Selanjutnya, masukkan nomor PIN ATM BNI kamu.
  • Pilih opsi Informasi & Mutasi.
  • Kemudian kamu bisa mencari opsi Informasi & Cek Mutasi di layar mesin ATM.
  • Pilih saja Rekening Tabungan.
  • Kemudian kamu tunggu proses mesin ATM, setelah itu akan kamu akan melihat transaksi terakhir rekening BNI kamu.
  • Selesai.

Baca juga: Mau dapat penghasilan dari Facebook selain berjualan? Coba baca Cara Mendapatkan Uang dari Facebook Hanya Upload Video.


Cara Mengecek Mutasi Rekening Lewat Internet Banking

Jika nomor rekening BNI kamu sudah terdaftar di Internet Banking, kamu bisa mengirim uang (transfer), melakukan pembayaran, dan juga cek mutasi terakhir.

Jika belum mendaftar I-Banking, silakan lakukan registrasi akun internet banking kamu melalui Teller BNI terdekat.

Pasalnya, untuk saat ini kamu belum bisa mendaftarnya secara individu. Intinya, untuk mengaktifkan internet banking ini kamu harus mendatangi Teller bank.

Namun, buat kamu yang sudah memiliki akun internet banking yang sudah diaktivasi, silakan kamu ikuti cara cek transaksi BNI berikut ini :

Pertama, silakan buka halaman website resmi BNI di https://ibank.bni.co.id. Hati-hati, selain halamn resmi BNI tersebut adalah phising, yakni halaman login tipuan yang akan merekam data login kamu.

Setelah berhasil login, silakan pilih menu Rekening, kemudian pilih sub-menu Mutasi Tabungan & Giro.  Selanjutnya, pilih Nomor Rekening BNI yang ingin kamu cek.

Maka dengan otomatis akan ada halaman yang menampilkan laporan mutasi rekening kamu hari ini. Jika ingin melihat mutasi hari sebelumnya, kamu bisa memilih mutasi berdasarkan waktu tertentu, baik seminggu terakhir, sebulan ataupun transaksi 3 bulan terakhir.

Silakan klik opsi kriteria Pencarian, kemudian pilih Nomor Rekening, lalu silakan tentukan tanggal dan periode, lalu klik tombol Cari.

Secara otomatis kamu akan melihat history transaksi terakhir atau mutasi BNI, di halaman tersebut.

Baca juga :
  1. Jam Kerja Kantor Pos Indonesia Terbaru
  2. Cara Melihat Password WIFI Yang Terkunci
  3. Cara Mengirim Paket Lewat JNE Bagi Pemula


Cek Mutasi Lewat SMS Banking BNI

Mungkin kalau cara cek saldo bni lewat sms banking kamu sudah tahu ya? Kamu juga bisa melihat riwayat transaksi terakhir (mutasi) pada rekening BNI menggunakan SMS.

Namun, pastikan terlebih dahulu kalau kamu sudah terdaftar di layanan SMS ini. Kalau belum, silakan lakukan aktivasi SMS Banking ke kantor BNI terdekat.

Sedangkan untuk cara cetak mutasi BNI melalui SMS, silakan ikuti petunjuk berikut ini :

  • Silakan buat pesan baru dengan format ketik: HST
  • Kemudian kirim ke nomor: 3346

Ingat, mengirim SMS harus memakai nomor yang sudah kamu daftarkan di layanan SMS Banking BNI ya. Jika kamu mengirimnya dari nomoe lain, maka sampai kapanpun tidak akan bisa.

Baca juga : Pakai dompet virtual OVO? Ada tips menarik nih buat kamu, coba lihat Cara Mendapat OVO Point Gratis.


Manfaatkan BNI Mobile Banking untuk Mengecek Mutasi Rekening Kamu

Cara terakhir ini merupakan cara yang paling saya rekomendasikan, pasalnya sangat mudah, simpel, dan juga efisien untuk melakukan transaksi apapun.

Silakan kamu aktivasi terlebih dahulu BNI Mobile Banking atas rekening kamu. Jika memang hal ini sudah kamu lakukan, selanjutnya kamu bisa ikuti cara melihat bukti transfer bni mobile banking (transfer masuk atau keluar) via BNI Mobile. Berikut caranya :

  • Buka aplikasi BNI Mobile di smartphone kamu.
  • Silakan login dengan cara memasukkan username dan juga m-PIN BNI kamu.
  • Pilih menu Informasi.
  • Lalu pilih menu Mutasi.
  • Kemudian pilih nomor rekening yang ingin kamu lihat transaksi terakhirnya.
  • Klik tombol Lanjut, maka riwayat transaksi akan ditampilkan secara otomatis.
  • Selesai.

Baca juga : Saat aktivasi BNI Mobile selalu gagal? Coba kamu baca ini Cara Mengatasi Aktivasi Mobile Banking BNI Gagal Terus.


Akhir Kata

Bisa kita simpulkan, dari kelima cara melihat history transaksi BNI lewat ATM dan HP diatas, kamu bebas memilih yang mana saja, yang menurut kamu paling mudah.

Kalau admin Ilyasweb sendiri lebih suka menggunakan aplikasi BNI Mobile Banking untuk cek transaksi BNI. Cuma modal paket data saja, nggak perlu datang ke mesin ATM atau ke kantor cabang.

Baca juga:
  1. Cara Penulisan Alamat Yang Benar
  2. Jam Kerja JNE di Kantor Cabang, Agen, dan Kurir Terbaru
  3. Tema for OppoKumpulan Tema Oppo dan ColorOS Terbaik, Download Sepuasnya!
  4. Tema Vivo: Kumpulan Tema Vivo itz Terbaru Tembus Semua Aplikasi

Kalau untuk cara mengetahui siapa yang transfer ke rekening kita bni, kamu bisa mencobanya dengan menggunakan layanan Internet Banking.

Okeh, semoga bermanfaat dan jangan lupa share ya!
Muhamad Ilyas Saya Muhamad Ilyas, seorang Blogger dan juga Internet Marketer dari Cianjur. Sama seperti yang lain, saya ingin terkenal, jadi Pilot Penerbangan misalnya. Tapi saya nggak punya bakat jadi pilot. Karena itulah saya terus menulis, biar terkenal (bercanda).

Belum ada Komentar untuk "Cara Melihat History Transaksi BNI Lewat HP Android"

Posting Komentar

Jangan lupa untuk berkomentar sebelum menutup halaman ini!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel