-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Cek IMEI iPhone Resmi Yang Asli Paling Mudah

Cara cek imei iPhone banyak sekali dicari oleh para penggunanya demi memastikan keaslian dari produk tersebut. Asli atau palsunya iPhone itu wajib sekali kamu ketahui.

Siapa coba yang nggak pengen punya iPhone? Ponsel pintar menengah ke atas ini menjadi idaman bagi sebagian besar orang, termasuk saya sendiri.

Saking banyaknya fans atau penggemar smartphone ini, maka tidak heran jika banyak sekali perusahaan yang membuat replika handset yang begitu mirip sekali dengan iPhone.

cara cek imei iphone

Jika dilihat secara sekilas, tampilan dari iPhone replikasi ini nyaris mirip sekali dengan aslinya. Tetapi, kamu bisa membedakan iPhone asli dengan yang palsu dengan beberapa cara yang akan admin Ilyasweb bahas di postingan kali ini.

Salah satu cara untuk membedakan kedua produk tersebut ialah dengan memanfaatkan IMEI iPhone yang kamu punya.

Sedikit penjelasan, IMEI (singkatan dari: International Mobile Equipment Identity) adalah sebuah kode produksi yang membedakan antara produk yang satu dengan produk lainnya. Alhasil, nggak ada ceritanya beberapa smartphone menggunakan 1 IMEI yang sama.

Cara Cek IMEI iPhone

Buat kamu yang akan membeli iPhone, ada baiknya kamu lihat dulu IMEI yang di body ponsel dengan yang di dus/box sama? Biasanya seller (penjual) juga mencatat nomor IMEI ini untuk kebutuhan klaim garansi iPhone.

Untu mengetahui IMEI iPhone, kamu bisa menyimak ulasan mengenai cara cek IMEI iPhone yang saya catat langsung dari situs web resmi Apple, diantaranya:

Cek IMEI iPhone Resmi via Pengaturan Sistem iPhone

cara mengecek imei iphone online

Cara pertama ini terbilang cukup mudah sekali, kamu bisa mengecek IMEI melalui pengaturan sistem iPhone.

Cukup buka menu Settings → pilih General → lalu buka menu About → kemudian kamu cari IMEI dari iPhone kamu pada menu tersebut.

Bukan hanya IMEI saja, kamu juga bisa mengecek ICCID dengan menggunakan metode yang sama ini. Mantap sekali bukan?

Cara Cek IMEI iPhone via Fisik iPhone


Selain di menu pengaturan, kamu juga bisa menemukan IMEI di bagian body fisik iPhone. Cara mengecek imei iPhone asli di fisik, kamu perlu membuka casing belakang dan lepaskan baterai yang terpasang.

Secara umum, nomor IMEI iPhone kamu akan tertera pada fisik dekat dengan slot SIM card berada. Cek saja di sekitaran sana, ya.

Check IMEI iPhone Asli via Kode Dial USSD

cara mengecek nomor seri iphone
Cara yang ketiga ini mungkin sudah menjadi rahasia umum dan sering digunakan untuk mengecek IMEI pada semua merk dan tipe smartphone, salah satunya iPhone.

Caranya cukup mudah, kamu tinggal buka menu Panggilan/Calls (seperti ketika kamu akan menelpon seseorang), lalu ketikkan kode USSD *#06#, maka secara otomatis nomor IMEI iPhone kamu akan ditampilkan di layar.


Cara Cek iPhone Ori via iTunes

cara mengecek imei iphone asli

iTunes bukan hanya memiliki fungsi untuk menambahkan musik ataupun lagu ke iPhone kesayangan kamu saja. Software resmi besutan Apple ini juga bisa kamu gunakan untuk mengecek IMEI iPhone yang kamu miliki.

Caranya mudah banget, kok! Simak langkah-langkahnya di bawah ini:

  1. Silakan sambungkan iPhone ke komputer yang sudah dipasangi iTunes sebelumnya.
  2. Jika berhasil terkoneksi, silakan klik Library di iTunes.
  3. Maka secara otomatis semua data & informasi iPhone kamu akan ditampilkan pada layar monitor, termasuk IMEI iPhone-nya juga.
  4. Selesai.

Apabila kamu sudah mengetahui IMEI iPhone tersebut, segeralah untuk mencocokkan IMEI-nya dengan yang di dus iPhone.

Ingat, iPhone yang asli rilisan Apple itu memiliki nomor IMEI yang sama pada body/fisik, sistem, dan juga dusbox, ya.

Setelah kamu melakukan cara cek IMEI iPhone di atas, kamu juga bisa mencocokkannya secara online dengan menggunakan situs web www.imei.info.

Buka saja alamat website tersebut, kemudian masukkan nomor IMEI iPhone yang sudah kamu dapatkan tadi.

Setelah kamu memasukkannya, maka website tersebut akan menampilkan semua informasi mengenai iPhone yang sedang kamu gunakan secara lengkap.

Namun, jika yang tampil adalah data hp lain, maka bisa dipastikan kalau iPhone yang sedang kamu pakai adalah barang tiruan, replika, alias palsu.


Apa sih Fungsi IMEI yang Sebenarnya?

cek no seri iphone

IMEI merupakan salah satu bagian paling penting pada setiap smartphone, tablet, maupun ponsel lainnya. Meskipun hanya sebagian orang yang menyadari akan pentingnya si IMEI ini.

Kebanyakan orang tidak melakukan pengcekan IMEI terlebih dahulu disaat membeli iPhone ataupun smartphone Android lainnya.

Padahal, toko yang menjual iPhone-nya saja tidak bisa menjamin kalau iPhone yang kamu beli 100% original alias asli.

Cara Laporkan iPhone yang Dicuri Orang

Selain berguna untuk membedakan antara iPhone asli dan palsu, IMEI ini juga berguna untuk mengatasi pencurian terhadap iPhone yang kamu miliki.

Jika suatu saat iPhone kamu ada yang mencuri, segera laporkan kejadian tersebut ke costumer service provider yang kamu gunakan.

Maka dengan selang beberapa waktu saja, pihak provider akan segera melacak keberadaan iPhone yang yang dicuri tersebut. Gimana, hebat sekali bukan?

Selain itu, provider juga bisa memblokir sementara iPhone yang dicuri tersebut. Pada fase ini, si pencuri tidak akan bisa menggunakan iPhone tersebut hingga pemblokiran itu dibuka kembali.

Oiya, lokasi keberadaan si pencuri juga bisa dilacak dengan mudah melalui kantor provider yang sedang kamu gunakan lho.

Mengapa Cek IMEI iPhone itu Penting?

Mengecek serial number iPhone (IMEI) sangat penting dan wajib sekali kamu lakukan disaat akan membeli produk iPhone maupun smartphone lainnya.

Oleh sebab itu, ada baiknya kamu membeli produk gadget secara langsung dari toko fisik saja (offline) agar bisa dengan mudah membedakan iPhone yang asli (original) atau palsu (replika, super kw).

Banyak sekali toko online yang menawarkan potongan harga hp iPhone yang sangat miring sekali, salah satunya misalkan penawaran HP Black Market.

Awas, kamu jangan terburu-buru untuk membeli iPhone atau smartphone android tersebut. Kamu harus mengecek keasliannya terlebih dahulu.

Jika membeli iPhone secara online, rasanya sulit sekali untuk melakukan mengecek asli atau palsunya.

Soal IMEI: Tahukah Kamu?

Tahukah kamu kalau IMEI di setiap smartphone itu seringkali digunakan untuk membantu membereskan kasus-kasus kejahatan yang sedang ditangani langsung oleh kepolisian?

Misalnya untuk mendeteksi lokasi atau keberadaan pencuri ataupun tindak kriminal lainnya. Polisi memanfaatkan nomor IMEI ini untuk melacak keberadaannya, loh!


Cara Cek IMEI iPhone Mulu, Ini Dia Tips Membeli iPhone Asli

check iphone asli

Jika bicara soal IMEI iPhone, maka 100% ada kaitannya dengan produk asli dan palsu. Maka saya akan mencoba memberikan tips-tips penting dalam membeli iPhone yang Asli.

Ini sangat penting sekali, agar kamu tidak tertipu ketika hendak membeli produk Apple inc. yang satu ini. Berikut tips penting tersebut:

  • Silakan beli iPhone di Authorized Reseller Apple (Indonesia). Gerai resmi Apple tidak 100% menjamin kalau iPhone yang dijual itu benar-benar original. Oleh sebab itu, lakukan pengecekan IMEI terlebih dahulu supaya kamu tidak mendapatkan iPhone yang palsu.
  • Disaat membeli iPhone, jangan malu-malu untuk mengecek langsung keaslian iPhone tersebut dengan cara yang sudah dibahas di atas, lalu cocokkan dengan IMEI yang ada di dusbook.
  • Jangan mudah tergiur dengan harga murah, diskon miring, black market, dan lain-lain, baik offline maupun online.
  • Ingat, situs jual beli online (marketplace) tidaka akan memberikan potongan harga atau diskon iPhone lebih dari 50% dari harga asli.
  • Jangan lupa koneksikan iPhone tersebut ke iCloud ataupun iTunes. Jika tidak terjadi error atau kesalahan lainnya, maka iPhone kamu asli.


Satu hal lagi, Cara cek IMEI iPhone ini sangat penting sekali buat kamu yang masih ragu atas keaslian dari produk iPhone.

Kamu termasuk pengguna iPhone? Saya ingin bertanya, apakah kamu sudah melakukan cek IMEI pada iPhone yang sedang kamu gunakan? Jawab di kolom komentar, ya!

Semoga membantu.
Muhamad Ilyas
Muhamad Ilyas Hanya seorang manusia biasa yang suka menulis informasi terbaru tentang perkembangan teknologi dan bisnis.