Cara Mengatasi Aplikasi Android Tidak Bisa Dibuka

Banyak sekali yang pengguna menanyakan kenapa aplikasi android tidak bisa dibuka? Kamu tentunya akan sangat merasa kesal sekali ketika smartphone atau tablet android kamu mengalami masalah yang tiba-tiba tidak bisa membuka salah satu aplikasi.

Ketika kamu membuka kamera misalkan namun tiba-tiba aplikasi kamera itu tidak bisa dibuka. Atau ketika membuka aplikasi yang lainnya seperti halnya YouTube, WhatsApp, Facebook, Instagram, Pemutar Musik, dan yang lainnya, tentunya kamu akan sangat merasa kesal sekali bukan?

Baca juga :
  1. 5+ Cara Mengatasi Instagram Tidak Bisa Dibuka
  2. Cara Menghapus Aplikasi Android Yang Susah Dihapus (Tidak Bisa Uninstall)
  3. Cara Mengatasi Tidak Bisa Login Ke Tokopedia

Sebelum kamu mengetahui cara mengatasinya, sebaiknya kamu ketahui terlebih dahulu apa saja penyebab aplikasi android tersebut tidak bisa di buka? Pasalnya, jika kamu tahu penyebabnya jika dikemudian hari aplikasi tidak bisa dibuka kembali, kamu tidak akan merasa panik yang berlebihan.

Perlu kamu ketahui, sebenarnya yang menyebabkan aplikasi tidak bisa dibuka sudah admin bahas di artikel yang berjudul 7 Cara Mengatasi YouTube Tidak Bisa Diputar di Android yang admin posting bulan November 2019 lalu.


Cara Mengatasi HP Android Tidak Bisa Membuka Aplikasi

Jika hp android kamu baik itu smartphone ataupun tablet sama sekali tidak bisa buka aplikasi, atau muncul notifikasi "Unfortunatelly Force Close" atau "Not Enough Memory" atau "Not Responding", segera atasi dengan cara berikut ini:

1. Lakukan Clear Cache, Clear Data & Force Stop Aplikasi

Cara Mengatasi Aplikasi Android Tidak Bisa Dibuka
Cara atasi error saat membuka aplikasi android
Semua smartphone yang menggunakan sistem operasi (OS) Android pasti akan memiliki fitur yang satu ini. Semisal aplikasi pemutar musik kamu tidak bisa dibuka, silakan buka menu Settings > Apps > Music > Force stop > Clear data > Clear cache.

2. Bersihkan Sampah dengan Aplikasi Clean Master

Aplikasi android tidak bisa dibuka biasanya disebabkan oleh cache yang memang sudah menumpuk di smartphone android kamu. Salah satu solusinya bisa dengan menginstal aplikasi Clean Master di Google Play Store.

Dengan memasang aplikasi ini kamu bisa dengan mudah menghapus cache-cache aplikasi yang sudah kadaluarsa dengan hanya satu kali sentuhan saja, tanpa harus membuka pengaturan aplikasi satu-persatu.

3. Aplikasi Yang Baru Dipasang Tidak Bisa Terbuka

Namun, jika kamu baru saja menginstal aplikasi .apk dari internet dan setelah kamu selesai memasangnya malah tidak bisa dibuka? Jika terjadi hal seperti itu, berarti aplikasi yang baru saja kamu install tersebut tidak kompatibel dengan versi android hp kamu.

Untuk menginstall aplikasi yang kompatibel, silakan mencari aplikasi tersebut di Google Play Store.

4. Reboot Smartphone / Tablet Android Kamu

Matikan tablet atau smartphone android kamu, kemudian lepaskan juga kartu memori, kartu sim, baterai (jika bisa dilepas) selama beberapa menit.

Pasang kembali baterai, sim card, dan micro-sd ke hp kamu, lalu hidupkan kembali smartphone kamu. Cara ini biasanya sangat ampuh untuk mengatasi hp android yang tidak bisa membuka aplikasi, dan bisa mengatasi error yang terjadi pada hp kamu.

Baca juga :
  1. Solusi Tidak Bisa Kirim Pesan atau SMS di HP Xiaomi
  2. Solusi HP Xiaomi Mati Total Tidak Bisa di Charge
  3. 24+ Biaya Servis HP: Mati Total, Kena Air, Bootloop, dan Lainnya
  4. Cara Menyadap HP Pasangan Jarak Jauh (WA, SMS, dan Telepon)

Demikianlah 4 (empat) cara yang bisa kamu coba untuk mengatasi aplikasi Android yang tidak bisa dibuka atau error saat dibuka, semoga membantu!
Muhamad Ilyas Saya Muhamad Ilyas, seorang Blogger dan juga Internet Marketer dari Cianjur. Sama seperti yang lain, saya ingin terkenal, jadi Pilot Penerbangan misalnya. Tapi saya nggak punya bakat jadi pilot. Karena itulah saya terus menulis, biar terkenal (bercanda).

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengatasi Aplikasi Android Tidak Bisa Dibuka"

Posting Komentar

Jangan lupa untuk berkomentar sebelum menutup halaman ini!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel