Top Label

Cara Merekam Suara Audio Internal Android Tanpa Root



Cara merekam suara audio internal hp android tanpa root ~ Saat ini banyak sekali para gamer's yang mengekspresikan ide bermain mereka dan sedikit menunjukan kemampuan bermain game-nya melalui video yang dipublikasikan ke YouTube.

Cara Merekam Suara Audio Internal Android Tanpa Root
Aplikasi perekam audio internal android terbaik
Dimulai dari android KitKat atau OS Android 4.4 ini yang memungkinkan kamu untuk merekam layar smartphone , yang tentu saja sangat bermanfaat sekali buat kalian yang ingin merekam aktivitas bermain game di smartphone.

Baca juga:
  1. Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android 100% Ampuh
  2. 7 Aplikasi Penambah RAM Terbaik di Android, Download Gratis dan Tanpa Root!
  3. Cara Memindahkan Aplikasi Ke SD Card Tanpa Root di Smartphone Android

Mungkin kamu pernah berfikir kalau untuk merekam suara internal dengan menggunakan mikrofon saa, namun itu akan membuat suara background juga ikut terekam. Mungkin kamu juga pernah menyangka kalau cara yang satu ini harus membutuhkan akses root?


3 Cara Merekam Suara Audio Internal Android Tanpa Root

Saran dari admin Ilyasweb daripada kamu root smartphone android kamu cuma buat hal sepele seperti ini, alangkah baiknya kamu mencoba cara merekam suara audio internal tanpa root yang akan admin bahas di artikel ini.

1. Aplikasi Perekam Layar Android - Mobizen

Kalau dulu satu-satu cara yang bisa digunakan untuk merekam audio internal dengan memakai hp smartphone android adalah via mikrofon eksternal.

Metode perekaman audio seperti ini mempunyai banyak sekali kekurangan, termasuk salah satunya ialah kualitas audio yang dihasilkan sangat buruk sekali dan juga menangkap suara latar belakang yang mengganggu sekali (berisik).

Namun sekarang ini sebuah developer aplikasi yang bernama RSUPPORT telah merancang sebuah aplikasi perekam layar hp android yang bernama Mobizen yang sudah dilengkapi dengan beberapa alat perekaman yang sangat penting sekali.

Mobizen juga memungkinkan si pengguna untuk merekam suara yang dihasilkan dari smartphone android kamu saja, tanpa tercampur dengan suara background yang berisik.

Kamu bisa download aplikasi ini di Google Play Store secara gratis, namun kekurangannya kamu harus ekstra sabar, karena aplikasi ini banyak sekali mengandung iklan yang menggangu.

Jika kamu sudah install aplikasi mobizen ini di smartphone android milikmu, silakan lakukan setting dengan klik ikon gear (pengaturan), lalu klik menu Suara, dan pastikan suara yang akan kamu rekam itu sudah diaktifkan.

Sesudah kamu mengaktifkan fitur suara, kamu juga akan menemukan opsi fitur internal dan eksternal. Jika kamu memilih suara internal maka aplikasi hanya akan merekam suara yang dihasilkan oleh game atau video youtube yang sedang diputar saja ketika perekaman sedang berlangsung.

Hasil suara yang didapat dengan menggunakan aplikasi ini sangat jernih sekal, tetapi aplikasi ini hanya akan berfungsi baik di hp samsung dan lg saja. Alhasil, jika kamu merekam dengan menggunakan hp lain seperti Oppo, xiaomi, vivo, dan yang lainnya mungkin kualitas suaranya akan berbeda.

Baca juga:
  1. 10+ Aplikasi Video Bokeh Terbaik untuk Android
  2. 10 Aplikasi Edit Lagu Android Terbaik Gratis, Edit Lagu Kesukaanmu Sekarang Juga!

2. Capture Card

Capture card ini bukan hanya sekedar aplikasi perekam layar saja, karena aplikasi ini juga berfungsi sebagai jembatan antara laptop atau komputer (PC) dengan hp android yang ingin kamu rekam.

Orang yang sudah profesional kebanyakan menggunakan aplikasi capture card ini, mungkin karena faktor harganya, aplikasi ini memungkinkan kamu untuk merekam layar dengan kualitas yang tinggi juga bisa digunakan untuk live streaming dan merekam audio dengan kualitas tinggi dari perangkat yang terhubung.

Hampir semua capture card ini dilengkapi dengan software perekaman layar dari perangkat itu sendiri, alhasil proses penyesuaian pengaturan audio dan videonya sangat bergantung pada capture card yang kamu gunakan.

Kalau kamu punya Capture Card Elgato, kamu bisa mempunyai kontrol yang penuh atas semua perekaman audio kamu dengan memakai fitur Elgato Sound Capture.

Alat canggih yang satu ini memungkinkan kamu untuk menggabungkan suara dari sumber manapun, kamu bebas memilih mikrofon mana saja yang akan digunakan untuk proses live streaming dan bisa kamu sesuaikan dengan musik dan suaranya.

Akan tetapi, jika kamu ingin memakai Elgato, silakan pastikan terlebih dahulu kalau PC yang kamu gunakan itu kompatibel dengan capture card yang satu ini dan kamu juga harus koneksikan hp android kamu dengan alat ini juga.

Ingat, merekam layar dan audio menggunakan capture card ini di smartphone mungkin sangat mahal sekali, pasalnya capture card ini banyak sekali digunakan sebagai alat game profesional yang dipakai untuk streaming ataupun merekan game dari PS4 atau Xbok, dan yang lainnya.

Baca juga:
  1. Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Vivo
  2. Cara Memindahkan Aplikasi ke Kartu SD Oppo, 100% Berhasil

3. Mikrofon dan Perekam Layar AZ

Jika kamu memakai cara merekam suara audio android tanpa root yang satu ini, pastikan kamu berada di dalam ruangan yang sepi, karena mikrofon kamu akan digunakan untuk mengambil suara internal dan juga eksternal sekaligus.

Kamu bisa install aplikasi AZ Screen Recorder yang ada di Google Play Store. Jika proses instalasi berhasil, silakan buka aplikasi dan klik pada ikon Pengaturan, kemudian aktifkan fitur Rekam Audio.

Silakan keluar dengan cara sentuh tombol home, kemudian kamu bisa klik buble AZ yang ada di samping layar smartphone android kamu.

Untuk memulai proses perekaman, kamu bisa klik ikon Rekam, dan untuk melakukan semua tindakan lainnya, kamu bisa klik Lanjutkan, selanjutnya audio akan terekam bersama dengan video.

Jika dirasa kamu sudah selesai melakukan perekaman, silakan tarik bilah notifikasi atas ke bagian bawah, lalu hentikan sesi perekaman layar yang sedang berlangsung.

Baca juga:
  1. Quran Tajwid Indonesia, Inilah 5 Aplikasi Al-Quran Terjemahan Android
  2. Cara Menggunakan Kuota Aplikasi Games dan Musik Axis Owsem
  3. Tema Whatsapp Doraemon Terbaru untuk Android
  4. Cara Mengatasi Aplikasi Android Tidak Bisa Dibuka

Demikianlah cara merekam audio internal android tanpa root yang bisa admin bagikan pada kesempatan kali ini. Silakan kamu pilih sesuai dengan keinginan kamu, semoga membantu!
#Software Android#Tutorial Android
Muhamad Ilyas 16 Februari Last Updated 2020-02-16T15:40:12Z