Top Label

Cara Mendapatkan Uang dari Facebook Hanya Upload Video



Cara mendapatkan uang dari Facebook ~ Kamu pasti sudah tahu, kalau sekarang video di Facebook telah dikelompokkan ke tab Video khusus atau dikenal dengan istilah Facebook Watch. Ya, tidak jauh berbeda dengan YouTube.

Apa yang ada di YouTube, kini juga akan ada di Facebook. Pasalnya, Facebook Watch dengan YouTube memiliki kesamaan tersendiri yakni Media Sosial berbasis sharing video.

cara mendapatkan uang dari facebook
Cara mendapatkan uang dari Facebook Watch
Hanya sedikit perbedaan, kalau Facebook Watch sendiri masih menempel di situs Facebook ataupun di Facebook versi Mobile.

Mark Zuckerberg sebagai pendiri sekaligus pemilik Facebook, menginginkan agar platform media sosialnya ini menjadi satu-satunya ekosistem dengan segala fitur di internet.

Bisa kita artikan begini, Mark ingin semua fitur yang tercipta tidak akan dijauhkan atau dilepas dari situs Facebook itu sendiri, alias tetap disatukan.

Sangat berbeda dengan YouTube yang memang sudah berpisah dari situs Google sejak awal dibuatnya.

Sama dengan platform-platform lainnya yang diciptakan oleh Google akan dipisahkan dari situs utamanya, karena pihak Google menargetkan agar setiap aplikasi tersebut bisa berkembang sesuai dengan target pasarnya sendiri.

Pertanyaannya, apakah bisa menghasilkan uang dari Facebook seperti para YouTuber's yang mengdapatkan uang dari Google Adsense? Sangat Bisa!

Namun jangan senang dulu, kamu harus tahu apa saja syarat-syarat untuk bisa menghasilkan uang dari facebook dan beberapa pentunjuk lainnya.

Silakan kamu baca penjelasan mengenai Facebook Watch dan langkah-langkah untuk memulai mendapatkan penghasilan dari Fb berikut ini.

Perlu kamu ketahui, Facebook Watch ini resmi diluncurkan pada tanggal 10 Agustus 2017 silam, dan pertama kali dirilis hanya bisa dinikmati oleh pengguna di negara Amerika Serikat saja.

Baca juga:
  1. Cara Menyimpan Video dari Facebook ke Galeri Android
  2. Cara Mendapat Like Banyak di Facebook, 5 Menit Langsung Ratusan!
  3. Berapa Lama Peninjauan Monetisasi Youtube?

Setelah 19 hari uji peluncuran, Facebook Watch kemudian resmi launching untuk semua pengguna Facebook di dunia.

Sehingga pengguna Facebook dari tanah air Indonesia pun bisa ikut menikmati fitur video dari Facebook ini.

Setahun kemudian tepatnya di tahun 2018, perkembangan Facebook Watch sangat pesat sekali. Dari data Facebook tercatat, bahwa Facebook Watch mempunyai sekitar 75 juta pengunjung harian.

Pengunjung Facebook Watch tersebut menghabiskan rata-rata lebih dari 20 menit setiap harinya saat menonton video di Facebook.

Jumlah tersebut tentunya melebihi total pengunjung harian yang ada YouTube. Pasalnya, situs YouTube ini hanya mendapatkan sekitar 1,9 milyar kunjungan bulanan atau hanya 63 juta pengunjung setiap harinya.

Pada segmen totalitas pengunjung, mungkin YouTube kalah dengan Facebook. Namun, Facebook juga kalah di segmen durasi waktu tonton jika dibandingkan dengan YouTube.

Pengguna Facebook Watch hanya menghabiskan waktu sekitar beberapa menit saja, sedangkan pengguna YouTube rata-rata menghabiskan waktu menonton video sekitar 40 menitan.

Mengapa bisa seperti itu? Jelas bisa, karena YouTube memiliki kreator video yang lebih banyak jika dibandingkan dengan Facebook. karena YouTube juga dirilis lebih dulu.

Seorang kreator video YouTube yang mempunyai subscriber atau pelanggan dalam jumlah banyak menjadi momok bagi pengguna untuk terus berkunjung ke channel YouTube-nya.

Perhitungannya mudah, semakin banyak subscriber, maka akan semakin banyak viewer, dan akan semakin banyak juga dollar atau rupiah yang akan didapatkan oleh sang kreator video.

Baca juga: Cara Ganti Nama Toko di Tokopedia

Mungkin karena soal monetisasi inilah yang membuat YouTube menjadi idaman oleh para YouTuber atau Kreator untuk mendapatkan uang dari internet.

Karena hal tersebut juga, Facebook terus melakukan inovasi untuk menciptakan hal serupa seperti yang ada di YouTube.

Facebook Watck kini memiliki fitur Creator Content untuk para kreatornya, yang mirip dengan YouTube Studio yang ada di YouTube.

Fungsi dari fitur Creator Content ini juga tidak jauh berbeda dengan YouTube Studio, yaitu untuk menganalisa statistik video yang diunggah di halaman atau Fanspage yang dikelola.

Page atau Fanspage ini kalau di YouTube namanya Channel. Jika YouTube bisa dimonetisasi dengan Google Adsense, maka Facebook juga bisa dimonetisasi dengan Ad Breaks.

Apa itu Ad Breaks? Ad Breaks adalah iklan yang akan ditampilkan pada video kamu. Iklan ini akan menjeda jalannya video kamu baik diawal video diputar maupun diakhir.

Kalau kamu suka nonton video di YouTube, kamu akan mengerti dengan iklan yang admin Ilyasweb maksudkan ini. Kalau di YouTube iklan yang ada Skip Ad-nya itu lho, haha.

Supaya video-video yang kamu upload di Page atau Halaman kamu bisa dipasangi Ad Breaks agar bisa mulai menghasilkan uang, tentunya ada syarat-syarat yang harus kamu penuhi.

Baca juga: Cara Mengatasi Aktivasi Mobile Banking BNI Gagal Terus

Syarat halaman fanspage agar bisa dipasang Ad Breaks juga tidak semudah syarat untuk bisa menghasilkan uang di YouTube.

Ada 2 (dua) syarat yang harus kamu penuhi agar Page kamu bisa dimonetisasi, antara lain ialah:

  1. Kamu harus memiliki Fanspage atau Halaman di Facebook, halaman ya bukan akun Facebook biasa.
  2. Halaman kamu harus mempunyai sekitar 1.000 pengikut (follower).
  3. Silakan penuhi salah satu syarat dibawah ini :
    • Dalam jangka waktu 60 hari terakhir, Halaman kamu harus mendapatkan setidaknya 15.000 interaksi postingan.
    • Atau,
    • Dalam jangka waktu 60 hari terakhir, halaman kamu mendapatkan 180.000 menit video ditonton diantara semua video yang kamu unggah.
    • Atau,
    • Dalam jangka waktu 60 hari terakhir, Halaman kamu mendapat 30.000 tayangan 1 (satu) menit di video yang memiliki durasi setidaknya 3 menit.
  4. Yang terakhir, Halaman kamu harus mematuhi Syarat dan Ketentuan dari Facebook yang tertuang di laman Kebijakan Monetisasi Partner.

Cara Menghasilkan Uang Dari Facebook

Facebook Watch dan fitur AdBreaks ini sudah diresmikan untuk semua pengguna di dunia. Alhasil, buat kamu Kreator dari Indonesia silakan untuk memulai mendapatkan uang dengan mengunggah video kreatif kalian.

Baca juga:
  1. SIM PKB: Informasi SIM PKB Paling Lengkap dan Terupdate
  2. 11 Cara Melacak Nomor HP Yang Hilang
  3. Cara Mengecek Resi J&T, JNE, dan Tiki Paling Mudah
  4. Cara Screenshot Samsung A30s

Jika kamu bertanya berapa dollars yang akan didapatkan dari Facebook Watch? admin mungkin belum bisa menjawabnya, karena admin sendiri belum terjun ke dunia Kreator Video.

Namun, sekarang sudah banyak orang-orang yang sukses mendapatkan penghasilan ratusan hingga ribuan dollars dari Facebook Watch, dan sekarang giliran kamu!
#Bisnis Online#Facebook
Muhamad Ilyas 24 Februari Last Updated 2020-02-24T01:42:30Z