Top Label

Cara Memperbaiki Tombol Home Oppo Tidak Berfungsi



Cara memperbaiki tombol home oppo tidak berfungsi ~ Ketika tombol home di hp oppo kamu rusak atau sama sekali tidak berfungsi, maka sudah jelas akan menghambat kamu dalam mengoperasikannya.

Cara Memperbaiki Tombol Home Oppo Tidak Berfungsi
Cara perbaiki tombol home oppo rusak
Home button yang rusak alias tidak berfungsi ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor, mulai dari kerusakan hardware hingga kerusakan tombol fisiknya sendiri.

Mungkin kamu berfikir kalau masalah tombol home button rusak ini hanya dapat diperbaiki oleh tukang servis saja, maka itu salah sekali.


6 Cara Memperbaiki Tombol Home Oppo Tidak Berfungsi atau Rusak

Karena sebenarnya kamu bisa mengatasinya sendiri dengan hanya mengikuti panduan cara memperbaiki tombol home tidak berfungsi yang admin Ilyasweb bagikan ini, silakan simak tutorialnya.

Baca juga:
  1. Cara Mengatasi HP Lelet Agar Kembali Ngebut
  2. 7 Cara Mengatasi YouTube Tidak Bisa Diputar di Android
  3. Cara Mengatasi Download Tertunda di Play Store Xiaomi, Vivo, Oppo dan Lainnya

1. Gunakan Aplikasi Bantuan Pihak Ketiga

Cara mengatasi tombol home oppo yang tiba-tiba tidak berfungsi dengan baik, kamu bisa mencoba menggantinya dengan tombol home virtual. Hal ini sangat membantu sekali jika kamu sedang tidak ada waktu untuk memperbaikinya ke tukang servis.

  • Pertama, silakan install aplikasi Back Button (Without Root) ataupun My Home Button di Playstore.
  • Buka menu Pengaturan, lalu klik opsi Aksesibilitas.
  • Kemudian klik aplikasi tersebut, dan terakhir silakan kamu Hidupkan.
  • Selesai.

2. Handy Soft Keys

Cara yang selanjutnya, saat tombol home oppo kamu rusak alias tidak berfungsi secara fisik. Coba kamu install aplikasi Handy Soft Keys di Google Play Store.

Aplikasi ini tidak hanya menyediakan tombol home saja, namun ada juga tombol recent apps dan juga tombol back (kembali) sekaligus.

Baca juga:
  1. Cara Mengatasi Find Codec di GOM Player
  2. 5+ Cara Mengatasi Instagram Tidak Bisa Dibuka

3. Hapus Aplikasi yang Baru Kamu Install

Jika kamu baru saja menginstal aplikasi kemudian tombol home tiba-tiba tidak berfungsi, maka bisa jadi penyebabnya dari aplikasi tersebut yang memang tidak kompatibel dengan hp oppo kamu.

Alhasil, silakan uninstall atau copot pemasangan aplikasi baru tersebut sesegera mungkin, dan lihatlah apakah tombol home kembali normal atau tidak?

Baca juga:
  1. Cara Mengatasi Aplikasi Android Tidak Bisa Dibuka
  2. Tema Oppo: Kumpulan Tema Oppo dan ColorOS Terbaik, Download Sepuasnya!

4. AssitiveTouch Android

Assistive Touch for Android termasuk salah satu aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk membuat tombol sendiri di hp oppo secara virtual, jadi kamu dapat melihat tombol-tombol tersebut diatas layar hp oppo kamu.

Di iPhone atau iOS sendiri aplikasi ini sudah tersedia, bahkan sudah dijadikan aplikasi bawaan. Sedangkan untuk kamu pengguna hp oppo, kamu bisa mengunduhnya di Google Play Store secara gratis.

5. Kembalikan dari Custom ROM ke Stock ROM

Cara memperbaiki tombol home OPPO tidak berfungsi yang kelima ini, kamu bisa mencoba untuk mengembalikan hp oppo kamu dari yang awalnya sudah di Custom ROM ke Stock ROM.

Banyak sekali terjadi, kalau ternyata tombol home tidak berfungsi karena memang Custom ROM yang tidak kompatibel dengan hp oppo kamu.

6. Lakukan Factory Reset atau Reset Pabrik - Wipe Data

Terakhir, jika kamu sudah mencoba 5 (lima) cara memperbaiki home button oppo diatas namun tidak juga berhasil, kamu bisa melakukan Factory Reset pada hp oppo kamu.

Namun harus diperhatikan terlebih dahulu, bahwa sebelum melakukan factory reset ini pastikan kamu sudah memindahkan atau backup semua data-data yang ada di hp oppo kamu, karena melakukan factory reset akan membersihkan semua data yang ada di oppo kamu.

Baca juga:
  1. Kumpulan Tema Vivo itz Terbaru Tembus Semua Aplikasi
  2. Cara Merekam Suara Audio Internal Android Tanpa Root
  3. Cara Melihat Pesan Whatsapp yang Dihapus
  4. Cara Sadap WA Tanpa Verifikasi Nomor HP hanya 15 Menit

Mungkin itu saja cara memperbaiki tombol home oppo yang tidak berfungsi yang bisa admin Ilyasweb ulas pada kesempatan ini, semoga salah satu cara diatas bisa berhasil mengatasi masalah kamu. Jika memang semuanya tidak berhasil, silakan bawa hp oppo kamu ke tukang servis atau ke service center oppo.
#Oppo#Tutorial Android
Muhamad Ilyas 17 Februari Last Updated 2020-02-17T00:23:03Z