5+ Cara Cek HP Samsung Asli dengan Yang Palsu

Kamu pasti akan merasa kesel banget kalau hp samsung kamu beli, ternyata bukan yang asli alias barang tiruan alias replika (palsu). Admin yakin kamu juga nggak akan mau ngeluarin duit hanya untuk membeli produk KW. Tenang, di postingan ini admin Ilyasweb akan memaparkan bagaimana cara cek hp samsung asli atau palsu dengan mudah dan pastinya 100% akurat.

cara cek hp samsung
Cara mengecek keaslian hp samsung
Untuk cek keaslian samsung, kamu tidak usah menginstal aplikasi apapun atau akses root yang bikin ribet, syarat pengecekannya cuma butuh hp samsung yang mau dicek dan koneksi internet saja.


5 Cara Mengecek HP Samsung Asli - 100% Akurat

Okelah, berikut dibawah ini ada 5 (lima) cara yang bisa kamu gunakan untuk mengecek hp samsung agar bisa membedakan antara yang asli dengan yang palsu alias barang KW, diantaranya ialah:

1. Cara cek hp samsung asli dari harga yang ditawarkan

Jangan pernah tergiur dengan harga yang murah. Bisa saja hp samsung yang dijual dengan harga yang sangat rendah juga tidak menutup kemungkinan memiliki kualitas yang rendah pula.

Biasanya hp samsung yang dijual dengan harga yang teramat murah ini punya kualitas yang sangat rendah, salah satunya komponen-komponennya yang tidak berkualitas dan memang bukan suku cadang dari samsung, makanya harganya jauh berbeda dengan yang asli.

Nah, untuk terhindar dari beli hp samsung palsu, ada baiknya kamu jangan pernah membeli hp samsung yang harganya sangat murah dan jelas tidak wajar jika dibandingkan dengan harga aslinya.

Baca juga:
  1. Kumpulan Tema Samsung J2 Keren Tembus Semua Aplikasi
  2. 3+ Cara Reset HP Samsung dengan Mudah
  3. 3 Aplikasi Penghemat Baterai Samsung Terbaik

2. Perhatikan kondisi fisik dari hp samsung yang akan dibeli

Buat kamu penggemar berat hp samsung, pasti sudah pada tahu kan kualitas tampilan bodi hp samsung yang asli? Jadi, kalau suatu saat kamu mau beli hp samsung namun bodinya lebih mengkilap nggak karuan, atau terkesan sangat murahan, patut dicurigai kalau itu samsung palsu.

Bukan hanya itu saja, kamu juga bisa mengecek keaslian hp samsung itu dari logonya. Jika diusap terasa lebih kasar, logo timbul, atau kalau digosok-gosok tergores, ada kemungkinan kalau itu hp palsu/kw.

Cek juga di bagian tombol home, tombol power, volume atas, dan juga volume bawah. Jika tombol ketika ditekan terlalu empuk atau terlalu keras, posisinya berbeda dengan yang kamu biasa lihat, hati-hati bisa jadi itu produk tiruan!

Baca juga: Kumpulan Kode Rahasia Samsung Tersembunyi, Lengkap!

3. Cara mengecek kualitas kamera hp Samsung asli

HP Samsung yang asli itu punya kualitas kamera yang bisa dibilang bagus. Akan tetapi, kebanyakan hp samsung replika (palsu) itu kualitas kameranya sangat jelek dan jelas akan ketahuan bedanya.

Hasil jepretan kamera dari samsung yang palsu itu cenderung lebih gelap, bahkan ada yang memang sangat burik sekali. Meskipun mengambil gambar dibantu dengan led flash, hasilnya akan tetap saja jelek. So, jangan lupa untuk mengecek kualitas kameranya ya!

Baca juga: Cara Menghidupkan Lampu Senter di HP Samsung

4. Cara cek hp samsung asli dengan dial kode rahasia

Hp samsung yang asli memang sudah dibekali dengan beberapa kode khusus yang bersifat rahasia, dan hanya bisa diakses dengan menggunakan hp samsung asli saja.

Coba saja kamu buka aplikasi telepon dan ketikkan kode *#0*# , lalu klik tombol Call/Ok/Yes. Apabila hp kamu masuk ke menu LCD Test, berarti hp samsung kamu original alias asli 100% (persen).

cara cek handphone samsung

Akan tetapi, jika kamu sudah mengetikkan kode umb diatas namun tidak berhasil masuk ke LCD Test, segera tukarkan hp tersebut dengan yang asli ke tempat dimana kamu membelinya.

Oh iya, kamu juga bisa menggunakan dial up ke *#*#4636#*#*. Jika hp samsung kamu asli, maka kamu akan masuk ke menu informasi telepon. Sedangkan jika hp samsung palsu tidak akan menampilkan informasi apapun.

Baca juga:
  1. Cara Flash Samsung J2 Prime Tanpa PC
  2. Cara Screenshot Samsung A7 2019 Tanpa Tombol

5. Cek keaslian hp samsung menggunakan nomor IMEI

Nomor IMEI merupakan nomor identitas dari setiap hp yang dikeluarkan oleh setiap vendor. Jadi, setiap handphone baik itu smartphone, hp jadu, iphone itu mempunyai nomor imei yang berbeda-beda, meskipun seri hp-nya sama.

Nah karena IMEI ini merupakan nomor unik, alhasil bisa dijadikan acuan oleh kamu untuk mengetahui hp samsung kamu asli atau palsu?

Bukan main, dengan nomor IMEI ini kamu bisa mengetahui informasi seperti spesifikasi dan lain sebagainya.

Kalau masih bingung dengan cara penggunaan nomor imei, silakan simak poin-poin penting berikut ini:

+1. Cek imei yang di hp samsung dengan yang di dus, lalu cocokkan!

Hp samsung yang asli dengan yang palsu itu biasanya bisa ketahuan dari nomor imei. Biasanya nomor imei akan ditempel dibagian belakang dus hp yang kamu beli. Kamu tinggal cocokkan saja antara imei yang di belakang kardus dengan yang di hp.

Caranya sangat mudah sekali, begini :
  • Buka menu Telepon.
  • Kemudian ketikkan kode *#06#, lalu klik Call/Ok/Yes.
  • Maka akan muncul nomor imei hp samsung kamu.
cara cek imei samsung
  • Terakhir, silakan kamu cocokkan dengan yang di dus, sama atau tidak?
  • Kalau sama berarti hp kamu asli, kalau beda artinya hp samsung yang kamu gunakan itu palsu.

+2. Cek imei hp samsung secara online -  sangat direkomendasikan! 

Setiap nomor IMEI, baik itu hp samsung, xiaomi, advan, vivo, oppo, dan lainnya bisa dicek secara online dengan menggunakan laman website https://www.imei.info/.

Jika setelah kamu mencocokan imei yang di dus dengan yang di hp, tapi masih takut kalau hp kamu itu replika, kamu bisa mengecek imei tersebut secara online, berikut ini langkah-langkahnya:

  • Pertama, silakan buka halaman web https://www.imei.info/.
  • Kemudian masukkan nomor imei hp kamu pada kolom Enter IMEI e.g. 12345678901234567.
  • Ceklis pada kolom I'm not a robot, lalu klik tombol CHECK.
  • Jika nomor imei kamu asli, maka akan tampil sebuah halaman yang berisi informasi mengenai tipe hp yang kamu pakai, vendor, spesifikasi, dan juga model hp-nya.
  • Selesai.

Nah, jika kamu tidak mau ribet cek keaslian hp samsung, sebaiknya kamu mengetahui terlebih dahulu bagaimana cara mencegah agar tidak membeli hp samsung yang palsu.

+3. Cara mencegah agar tidak beli hp samsung palsu, replika, ataupun kw

Simpel sekali sih, kamu mau beli hp samsung di mall, super market, konter, atau toko online sekalipun, pastikan kalau kamu membelinya di toko resmi atau di toko yang memang terpercaya.

Pasalnya, jika kamu membeli hp samsung dari toko resmi (official store) langsung, jaminan-nya 100% barang yang kamu beli adalah ASLI. Ya, meskipun beli hp di toko resmi itu cenderung lebih mahal, tapi sebanding kok dengan kualitas yang kamu dapatkan.

Coba deh kamu bayangin, daripada beli hp dari toko-toko lain yang menjual hp samsung dengan banderol dengan harga yang jauh dari kata wajar, tapi PALSU? Rugi banget skuy!

Satu hal lagi, kalau kamu beli hp samsung di official store alias di toko resmi yang terpercaya, kamu dapat garansi juga hp bisa di retur (pengembalian produk) kalau ternyata barang yang kamu terima itu cacat atau mengalami kerusakan.

Baca juga:
  1. Informasi SIM PKB Paling Lengkap dan Terupdate
  2. Cara Buat Akun dan Login SIM PKB Kemendikbud dengan Mudah
  3. Cara Mendapatkan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN)
  4. Tema Vivo - Kumpulan Tema Vivo itz Terbaru Tembus Semua Aplikasi

Demikianlah ulasan admin mengenai cara cek hp samsung untuk membedakan asli atau palsunya. Semoga kamu terbantu dengan postingan ini, jangan lupa share artikel ini ke sosial media kamu!
Muhamad Ilyas Saya Muhamad Ilyas, seorang Blogger dan juga Internet Marketer dari Cianjur. Sama seperti yang lain, saya ingin terkenal, jadi Pilot Penerbangan misalnya. Tapi saya nggak punya bakat jadi pilot. Karena itulah saya terus menulis, biar terkenal (bercanda).

Belum ada Komentar untuk "5+ Cara Cek HP Samsung Asli dengan Yang Palsu"

Posting Komentar

Jangan lupa untuk berkomentar sebelum menutup halaman ini!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel