Top Label

Arti Ping, VC, TC, PC, PM, VN di WhatsApp • Tahu Belum?



Hai, para pengguna WhatsApp atau WA milenial di era teknologi zaman now ini.

Tahukah kamu? Kalau beberapa penilitian menyataka, bahwa hampir 60% orang yang menggunakan WhatsApp, belum tahu semua istilah-istilah yang ada di WA, seperti halnya P (Ping), VC, TC, PC, PM, VN, PAP, OTW, SW, dan yang lainnya.

Uniknya, di tahun baru 2020 ini, penggunaan istilah WhatsApp tersebut semakin meningkat dengan begitu pesatnya. Alih-alih di obrolan anggota yang ada di grup.

Arti Ping, VC, TC, PC, PM, VN di WhatsApp

Pemakaian istilah-istilah WA seperti diatas, sangat banyak dipakai oleh kalangan pelajar milenial generasi Z, mahasiswa, pekerja, sampai pebisnis online.

Baca juga:
  1. Cara Menggunakan WhatsApp Web di Android
  2. Cara Membuat Link Whatsapp di Instagram
  3. Cara Mengubah Tulisan di Whatsapp

Oleh sebab itulah, buat kamu yang belum paham mengenai istilah WhatsApp tersebut, ada baiknya kamu membaca penjelasannya di artikel yang admin Ilyasweb sajikan ini, let's go.


1. Arti Ping di WhatsApp

Jika kamu sudah menggunakan hp android, dan aktif di media sosial, kamu pasti sering banget mendengar kata "P" atau "Ping" kan?

P atau Ping ini memiliki artian yang hampir sama dengan TC, tujuannya ialah untuk mengecek apakah orang yang kita chat sedang aktif di WhatsApp atau tidak.

Saat ini, Ping ini seringkali digunakan oleh para pengguna media sosial untuk memulai obrolan di chat.

Meskipun di beberapa kondisi, penggunaan Ping atau P ini dianggap kurang/tidak sopan karena mengganti ucapan salam yang terbilang lebih sopan untuk memulai menyapa seseorang.

Misalnya, saat kita akan memulai obrolan dengan guru ataupun orang tua, sebaiknya jangan menggunakan kata Ping ya.

Fungsi lain dari Ping ini juga untuk mengetahui apakah internet yang kita gunakan ini sedang mengalami gangguan (error) atau tidaknya.

Perlu kamu ketahui, awal mula adanya Ping dialah di BlackBerry Mesenger (BBM). Pengguna media perpesanan BBM, dulu sering sekali menggunakan fitur Ping ini.

Pada akhirnya, kebiasaan mengirim chat P ataupun Ping ini kebawa ke media sosial lainnya seperti WhatsApp, Facebook, Instagram, Twitter, dan lain-lain.

Catatan : Jika kamu mendapatkan pesan "Ping atau P" dari seseorang baik kamu kenal ataupun tidak, sebaiknya segera respon pesan itu. Siapa tahu orang itu memiliki urusan penting dengan kamu.

Baca juga : Takut pasangan kamu selingkuh? atau takut anakmu mengerjakan hal-hal yang tidak senonoh di hp miliknya? Kenapa nggak baca Cara Menyadap HP Pasangan Jarak Jauh (WA, SMS, dan Telepon).


2. Arti VC di WhatsApp

Apa artinya VCVC adalah kepanjangan atau singkatan dari Voice Call, artinya panggilan suara. Fungsi kata VC ini biasanya untuk meminta seseorang menelpon ke nomor WhatsApp kita melalui panggilan suara wa.

Istilah WA yang satu ini sangat populer sekali, dari kalangan anak remaja, dewasa, hingga orang tua.

Coba saja kamu bayangkan, rasanya kelamaan kalau kamu harus mengetik "Voice Call" atau "Ayo, Panggilan Suara". Untuk menghemat waktu, kamu bisa gunakan istilah VC, simpel banget kan?

Arti VC juga bukan hanya Voice Call saja, melainkan ada juga yang menggunakan kata VC ini dengan maksud "Video Call" alias Panggilan Video. Alhasil, silakan sesuaikan sendiri sesuai kebutuhan kamu.

Menurut pendapat kamu, kira-kita kepanjangan mana yang sering kamu gunakan di istilah VC? Panggilan video kah, atau panggilan suara? Jawab dikolom komentar!

Baca juga : Mau nambah ilmu & pengetahuan tentang penyadapan WhatsApp? Coba kamu pelajari Cara Sadap WA Tanpa Verifikasi Nomor HP hanya 15 Menit.


3. Arti TC Di WhatsApp

Banyak yang bertanya apa arti tc di whatsapp? TC adalah kepanjangan dari Test Contact. Jika diartikan, kurang lebih artinya "mengetes kontak".

Maksud dari orang yang mengirim pesan TC ke WhatsApp kamu ialah untuk mengetahui apakah nomor kamu masih aktif di WA atau tidak.

TC selain dapat diterjemahkan sebagai Test Contact, ternyata juga sering diartikan sebagai Test Chat alias untuk mengetes pesan.

TC ini maksudnya hampir sama dengan mengirim pesan P atau Ping, yakni untuk mengecek apakah orang yang kamu kirim pesan tersebut sedang online di WA atau nggak.

Contohnya, kamu mengirim pesan TC ke pacar, dan ternyata pacar kamu menjawab. Nah, artinya pacar kamu sedang online dan aktif di WA. Kalau nggak menjawab, berarti di nggak online atau lagi males chattingan, hehe.

Baca juga : Lagi malas gerak atau mager untuk membalas chat wa dari seseorang? Coba kamu pakai Cara Agar Whatsapp Tidak Terlihat Online di Android.


4. Arti PC Di WhatsApp

PC merupakan singkatan yang kalau dalam bahasa inggris, kepanjangannya sangat banyak sekali, seperti Personal Computer, Piece, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Namun jika di WhatsApp, arti PC bukanlah personal computer, namun Personal Chat, atau sebagian pengguna mengartikannya dengan Private Chat.

Maksud dari personal chat di wa ini ialah pesan pribadi, dimana chattingan tersebut bisa kamu identifikasi dengan ciri-ciri sebagai berikut :

  • Chat yang dilakukan oleh 2 (dua) orang.
  • atau, Chattingan antar kontak.

Biasanya, kata PC ini seringkali dipakai oleh pengguna untuk mengajak seseorang untuk melanjutkan obrolan dari grup menuju obrolan pribadi.

"Lanjut PC, bang" artinya "Lanjutkan ngobrolnya di chat pribadi, bang". Ya, intinya kurang lebih seperti itu artinya.

Baca juga : Mau dapat penghasilan dari facebook hanya dengan upload video kreatif kamu? Coba baca dulu ini Cara Mendapatkan Uang dari Facebook.


5. Apa Artinya PM Di WA?

Tidak hanya di WhatsApp saja, PM merupakan salah satu singkatan yang paling sering digunakan di Internet, khusunya di media sosial dan media perpesanan.

PM adalah kepanjangan dari Private Message yang jika diterjemahkan artinya kurang lebih "Pesan Pribadi".

Jika kiti lihat lebih dalam dari segi maksud dan tujuan singkatan ini tidak jauh berbeda dengan PC yang baru saja kita bahas diatas.

Namun penggunaan kata PM ini justru lebih populer, baik dikondisi yang lebih formal maupun dalam dunia jual beli online.

Oleh sebab itu, kamu jangan kaget jika masuk grup jual beli WhatsApp, kamu pasti akan banyak melihat penjual yang menggunakan istilah PM.

Contohnya, "kalau minat, lanjut PM saja gan", yang artinya kurang lebih "kalau minat, lanjut pesan pribadi saja gan".

Baca juga : Kamu bosan dengan tampilan hp android kamu yang gitu-gitu aja? Coba kamu pilih tema-tema keren berikut ini Tema Oppo -- Tema Vivo -- Tema Realme -- Tema Samsung -- Tema WhatsApp Doraemon -- Tema Doraemon -- Tema Xiaomi -- Tema ColorOS.


6. Arti Available di WhatsApp

Kalau kata Available ini biasanya akan banyak kamu temukan di status WhatsApp di bagian profilnya. Kalau diterjemahkan dari bahasa Inggris, artinya Tersedia.

Maksudnya ialah kontak yang ada tulisan available tersebut sedang siap untuk menerima pesan dari kamu, meskipun orangnya sedang nggak online sama sekali.

Baca juga : Kamu sedang bingung mencari tutorial cara buat akun dan login SIM PKB? Berikut ini admin rekomendasikan artikel yang cocok untukmu SIM PKB: Informasi SIM PKB Paling Lengkap dan Terupdate.


7. Typo

Typo adalah istilah yang diambil dari bahasa inggris typografi, yang maksudnya mengarah pada penulisan. Maksud "Typo" sendiri ialah salah ketik. Alhasil, jika kamu mendapatkan kesalahan saat menulis, maka itu typo namanya.


8. OTW

OTW adalah kepanjangan dari On The Way, artinya dalam perjalanan. Istilah ini sangat bermanfaat sekali karena bisa mempersingkat saat ada yang menanyakan kabar kamu ketika sedang bepergian.

Contohnya, hai bro/sis, kamau masih dimana? kamu cukup jawab "ini aku lagi OTW".

Baca juga : Koneksi internet Smartfren kamu lemot dan nggak stabil? Coba kamu pakai APN Smartfren tercepat ini, Baca selengkapnya di 7+ Cara Setting APN Smartfren Tercepat • 4G GSM Unlimited.


9. PAP

PaP ini singkatan dari Post a Picture, yang maksudnya kurang lebih "kirim foto". Maksudnya teman chat kamu ingin tahu aktivitas kamu yang sebenarnya dengan meminta foto ke kamu.

Contohnya kamu sedang makan bakso, kamu bisa PAP teman chattingan kamu dengan mengirim foto bakso di mangkok supaya dia yakin kalau kamu memang sedang nge-bakso.


Kesimpulan dan Rangkuman Istilah WhatsApp yang Populer

Okeh, setelah kamu membaca artikel yang admin ulas diatas, kamu bisa mengingat definisi dari setiap singkatannya. Tidak perlu kamu catat, sing penting kamu ingat istilah tersebut. Berikut ini kesimpulan atau rangkumannya:

Arti P, VC, TC, PC, PM, VN di WhatsApp
Istilah Singkatan dari Artinya
P Ping Artinya mirip dengan TC, tapi fungsinya untuk memulai obrolan baru.
VC Voice Call/Video Call Untuk mengajak kontak kamu agar melakukan panggilan suara atau panggilan video.
TC Test Chat/Test Contact Istilah ini untuk mengetahui kontak (mengetes chat), dia sedang online atau tidak.
PC Personal Chat Chat pribadi yang dipakai untuk meminta seseorang agar mengirim pesan pribadi ke kita.
PM Private Message Arti dan maksudnya hampir sama dengan PC, namun PM ini lebih identik dengan jual beli.
VN Voice Note VN artinya catatan suara. yakni pesan yang dikirim di WhatsApp berupa rekaman suara.
Typo Typografhy Digunakan untuk memberitahukan lawan chat, kalau kamu salah mengetik pesan.
OTW On The Way Artinya dalam perjalanan.
PAP Post a Picture Maknanya Post a Picture atau kirim sebuah gambar/foto.

Kurang lebih singkatan dan maknanya seperti itu.

Baca juga:
  1. Cara Aman Menggunakan iMLS
  2. Cara Screenshot Samsung A30s
  3. Spesifikasi dan Harga Xiaomi Mi Note 10 Pro
  4. Contoh Iklan Bahasa Jawa Beserta Gambarnya


Akhir kata

Admin Ilyasweb rasa kamu akan mengerti mengenai istila-istilah yang ada di WhatsApp, baik itu P, VC, TC, PC, PM, VN, Typo, OTW, ataupun PAP, setelah membaca artikel diatas.

Nggak usah dicatat, setelah kamu membacanya, kamu akan ingat terus istilah-istilah tersebut.

Selamat, sekarang kamu adalah bagian dari 40% orang yang sudah paham dengan istilah di WhatsApp.

Ayo bantu teman-teman kamu supaya mengerti dengan istilah-istilah WA ini, dengan cara bagikan artikel ini ke media sosial kamu sekarang juga!

Terima kasih, dan semoga artikel ini dapat membantu kamu!
#Inspirasi#Tutorial Android#WhatsApp
Muhamad Ilyas 25 Feb 2020 Last Updated 2020-02-25T00:10:54Z