Cara Mengatasi Headset Mati Sebelah

Kamu pasti kesel banget kalau beli headset atau earphone tiba-tiba mati sebelah? Inilah cara mengatasi headset mati sebelah yang bisa kamu coba untuk memperbaiki earphone milikmu.

Cara Mengatasi Headset Mati Sebelah
earphone mati sebelah
Headset adalah salah satu alat elektronik kombinasi antara headphone dengan mikrofon. Headset seringkali dipakai oleh pengguna komputer, entah itu PC maupun smartphone alias hp pintar.

Fungsi utama dari headset sendiri ialah untuk mendengarkan output suara dari perangkat komputer atau smartphone agar terdengar oleh telinga kita sendiri.

Biasa jika suasana diluar sedang bising atau berisik karena suara kendaraan, tentu earphone merupakan alat yang cocok untuk menjernihkan suara agar bisa terdengar dengan sempurna oleh telinga kita.

Baca juga:
  1. Cara Menghilangkan Tanda Headset di HP Oppo A37
  2. Cara Menggunakan Vivo Sebagai Remote Control (TV, AC, DVD, Proyektor)
  3. Cara Menyambungkan HP Oppo ke TV

Manfaat headset sendiri sering digunakan oleh pengguna smartphone untuk mendengarkan lagu, video call, telpon, bermain game, dan lain-lain.

Headser atau earphone juga terbagi menjadi 2 jenis, yakni headset nirkabel (menggunakan kabel) dan ada juga headset wireless (tidak memakai kabel).

Sedangkan headset yang paling populer dan banyak diminati oleh para pengguna smartphone dan pc ialah headset nirkabel alias earphone yang menggunakan kabel.

Masalah headset mati sebelah adalah salah satu masalah yang seringkali dijumpai saat menggunakan headset nirkabel ini, terutama jika harga headset yang murah.

Bagaimana cara mengatasi headset mati sebelah? Jangan khawatir, karena pada kesempatan kali ini admin Ilyasweb akan membagikan cara memperbaiki headset bunyi sebelah dengan mudah dan cepat, yuk simak penjelasan skuy!

Baca juga: 24+ Biaya Servis HP: Mati Total, Kena Air, Bootloop, dan Lainnya


Cara Mengatasi Headset Earphone Mati Sebelah

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan cara mengecek headset tersebut menggunakan multitester. Lakukan pengecekan pada bagian speaker dan juga kabel yang terhubung ke headphone.

Secara umum, headset mati itu tidak akan mengeluarkan suara sama sekali yang disebabkan oleh kawat kuningan dalam kabel tertekuk, dan akhirnya putus (aduh baru jadian udah putus, hehe).

Kabel tersebut biasanya putus di sekitar colokan stereo ataupun monophone, atau silakan cek di sekitarspeaker itu sendiri.

Baca juga: Cara Mengatasi Speaker Oppo F1 Tidak Bersuara

Cara mengeceknya juga mudah, kamu cukup tempelkan saja ujung tester ke salah satu kabel speker dan salah satu kabel di colokan stereo (monophone), jika ada pergerakan pada jarum multitester bisa dipastikan kalau speaker headset kamu rusak, kamu bisa menggantinya dengan yang baru, atau bisa saja menggunakan aplikasi earphone tester.

Jika jarum di multitester tidak bergerak sama sekali, maka kemungkinan besar kabel headset putus, cara yang paling mudahnya, kamu cukup mengganti semua kabel earphone tersebut.

Namun, jika kamu ingin lebih hemat kabel, silakan ikuti langkah-langkah dibawah ini:

  • Silakan pasang headset ke smartphone kamu, lalu posisikan speaker ke telinga kamu.
  • Dengarkan suara lewat speaker dan silakan kamu tekuk-tekuk atau gerakkan kabel muali dari ujung headset hingga ujung colokan headsetnya.
  • Jika kamu sempat mendengar suara ketika sedang menekuk-nekuk atau menggerakkan kabel headset, kemungkinan besar ada kabel yang memang terputus.
  • Untuk memperbaiki kabel putus tersebut, kamu harus berani memotong kabel di bagian kabel yang terputus itu.
  • Silakan ambil kurang lebih 2 cm dari kabel yang terputus tersebut untuk mengupas kulit kabel.
  • Lalu silakan sambungkan kuningan headset dari ujung yang satu ke satunya lagi sampai terhubung.
  • Sembari menghubungkan kabel, silakan kamu cek apakah headsetnya sudah ada suaranya atau belum. Jika sudah berhasil,  berarti masalahnya ada dikabel yang terputus karena sering tertekuk tersebut.
  • Selanjutnya kamu bisa langsung patenkan saja kabel yang tadi kamu kupas menggunakan solder supaya tidak putus kembali.
  • Kemudian jangan sampai lupa untuk menutup kabelnya menggunakan lakban kecil atau isolatip.

Baca juga:
  1. 7 Tema IOS Untuk Oppo Tembus Semua Aplikasi
  2. Tema Doraemon untuk Android Oppo Terbaru
  3. 10 Aplikasi Tema Doraemon yang Paling Lucu
  4. Kumpulan Tema Vivo itz Terbaru Tembus Semua Aplikasi

Itulah cara mengatasi headset atau earphone mati sebelah tanpa harus mengganti dengan headset yang baru. Semoga tutorial ini membantu, jangan lupa share pengalaman kamu di kolom komentar!
Muhamad Ilyas Saya Muhamad Ilyas, seorang Blogger dan juga Internet Marketer dari Cianjur. Sama seperti yang lain, saya ingin terkenal, jadi Pilot Penerbangan misalnya. Tapi saya nggak punya bakat jadi pilot. Karena itulah saya terus menulis, biar terkenal (bercanda).

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengatasi Headset Mati Sebelah"

Posting Komentar

Jangan lupa untuk berkomentar sebelum menutup halaman ini!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel