7 Cara Mengatasi YouTube Tidak Bisa Diputar di Android

Pernah nggak kamu ngalamin YouTube tidak bisa diputar? Karena terjadi kesalahan id pemutaran youtube yang menyebabkan video tersebut tidak bisa diputar.

Sebagai salah satu platform layanan konten video gratis, YouTube menjadi salah satu aplikasi situs web yang paling banyak diminati dan dikunjungi oleh semua orang di belahan dunia. Belum lagi sekarang mengakses YouTube menjadi lebih mudah via Tablet ataupun Smartphone Android.

youtube tidak bisa diputar
YouTube tidak bisa diputar di Android
Namun banyak sekali pengguna yang akan menonton video favoritnya di YouTube mengalami berbagai masalah. Salah satu masalah tersebut muncul pesan error seperti "Periksa sambungan jaringan YouTube", "an error occurred, please try again later", atau "Terjadi kesalahan, sentuh untuk coba lagi", dan juga "Sambungan ke server terputus".

Lantas, kenapa tidak bisa buka youtube dan malah keluar pesan kesalahan tersebut? dan bagaimana cara memperbaiki youtube terjadi kesalahan seperti itu?


Penyebab Video Youtube Tidak Bisa Diputar

Sebagian pengguna mungkin juga mengalami masalah yang lebih parah dari yang sudah dijelaskan admin diatas, seperti halnya aplikasi YouTube tidak bisa dibuka dengan keluar pesan "Force Close" ataupun "Unfortunately YouTube has stopped”.

Faktor utama yang menyebabkan video YouTube tidak bisa diputar sebenarnya ada beberapa hal. Jika keluar pesan "terjadi kesalahan coba lagi nanti" umumnya disebabkan oleh koneksi internet yang lambat atau jaringan kartu yang kamu gunakan sedang lemah.

Baca juga:

Akan tetapi, bisa juga disebabkan oleh sedikitnya kapasitas RAM yang tersisa (terlalu banyak multitasking) yang akan membuat aplikasi YouTube menjadi keluar sendiri.


Cara Mengatasi Tidak Bisa Memutar Video YouTube di Android

Kesalahan-kesalahan tersebut bisa saja terjadi di semua merk dan tipe smartphone yang kamu gunakan, entah itu Xiaomi, Oppo, Vivo, Samsung, iPhone, Nexus, Asus Zenfone, Sony Xperia, LG, Advan, Lenovo, Meizu, Smartfren Andromax, Tablet, EverCoss, Nokia, dan lain-lain.

Tutorial yang admin IlyasWeb bawakan ini bisa kamu gunakan untuk mengatasi tidak bisa memutar video YouTube di hp apa saja, dengan syarat smartphone yang kamu harus menggunakan sistem operasi (OS) Android ya.

Baca juga: Cara Download Lagu MP3 dari Youtube di Smartphone

Dibawah ini admin akan memberikan tujuh cara memperbaiki YouTube yang tidak bisa memutarkan video, silakan disimak baik-baik.


1. Matikan Smartphone, Kemudian Hidupkan Kembali (Restart)

Saat YouTube error alias tidak bisa putar video, yang pertama kali harus kamu periksa adalah jaringan atau koneksi internet. Terkadang jaringan dari layanan kartu SIM kamu sedang mengalami gangguan dan tentunya juga akan memengaruhi kecepatan koneksi internetmu.

Solusinya, silakan restart atau reboot hp kamu dengan cara matikan smartphone android kamu dan biarkan beberapa saat, lalu hidupkan kembali.

Baca juga: Kenapa Iklan Google Adsense Blank 2019, Iklan Adsense Tidak Tayang? Ini Penyebabnya!


2. Paksa Berhenti dan Hapus Data Aplikasi YouTube

Salah satu cara paling ampuh untuk mengatasi tidak bisa play youtube ialah dengan memaksa aplikasi untuk berhenti dan menghapus data sampah yang tersimpan di aplikasi YouTube itu sendiri.

Untuk melakukannya, silakan ikuti langkah-langkah dibawah ini:

  • Pertama, buka Pengaturan atau Settings di smartphone android kamu.
  • Pilih menu Kelola Aplikasi atau Applications (di hp android dulu, nama menunya Manager Applications).
  • Pilih aplikasi YouTube.
  • Klik pada tombol Paksa Berhenti atau Force Stop, lalu klik OK.
  • Kemudian pilih Hapus data atau Clear data, (pada versi android terdahulu, pilih Stroge/Penyimpanan > Hapus data).
  • Kemudian konfirmasi dengan klik tombol Hapus atau Clear.
  • Selesai, sekarang kamu bisa buka aplikasi YouTube kamu kembali.

Baca juga: Cara Membuat Link Whatsapp di Instagram


3. Perbarui Aplikasi YouTube

Mungkin saja penyebab error tersebut karena aplikasi YouTube yang kamu gunakan sudah usang, makanya kamu harus segera untuk memperbaharui aplikasi YouTube kamu di Google Play Store.

Selain bisa mengatasi masalah pemutaran video, aplikasi YouTube versi terbaru juga akan mempunyai kecepatan streaming yang bagus, fitur keamanan yang baik, dan tentunya kesalahan atau bug di versi sebelumnya akan hilang di versi terbaru ini.

Baca juga: Cara Mengecek Paket Lion Parcel dengan Mudah


4. Minimalkan Multi-Tasking di Smartphone Android Kamu

Kalau kamu menggunakan smartphone android dengan spesifikasi kelas low-end alias RAM dan memori internal yang kecil, sebaiknya kurangi multitasking saat sedang menonton video di YouTube.

Tutup dulu aplikasi-aplikasi lain seperti Facebook, WhatsApp, Messenger, Instagram, LINE, dan lain-lain sebelum membuka aplikasi YouTube.

Baca juga: Cara Membuat Video dari Foto dengan Lagu di VideoShow


5. Jika Kamu Pakai Wi-Fi, Coba Reconnect Jaringan Wifi

Buat kamu yang internetan menggunakan Wifi, salah satu cara yang bisa kamu coba untuk mengatasi kesalahann server atau error di YouTube ialah dengan cara menghapus jaringan wifi yang sudah terhubung.

Tujuannya ialah untuk menyegarkan (refresh) jaringan wifi tersebut. Caranya cukup mudah, kamu bisa mengikuti tutorial dibawah ini.

  • Buka menu Pengaturan atau Settings di hp kamu.
  • Ketuk pada opsi Wifi.
  • Kemudian pilih nama jaringan Wifi yang sedang terhubung.
  • Ketuk pada opsi Lupakan Jaringan atau Forgot.
  • Selanjutnya, silakan hubungkan kembali ke jaringan Wifi tersebut.

Baca juga: Cara Mengembalikan Video yang Terhapus di Android


6. Video Masih Tidak Bisa Diputar? Coba Hapus Data Google Play Service.

Cara mengatasi youtube error yang ke-enam ini, kamu bisa mencoba untuk menghapus data yang tersimpan di apliksi Google Play Service. Untuk cara penghapusannya sendiri, kamu bisa mengikuti langkah-langkah seperti yang sudah admin bahas pada poin nomor 2 diatas.

Baca juga: Cara Log Out LINE di Android Tanpa Menghapus Akun (Terbaru)


7. Coba Pakai Aplikasi YouTube Go

Buat kamu yang sudah mencoba enam cara diatas namun masih saja video YouTube nya tidak bisa diputar, cobalah untuk menggunakan aplikasi YouTube Go yang sudah bisa kamu install di playstore.

Selain ringan dan jarang terjadi error, kamu juga bisa menonton video-video di YouTube Go ini tanpa ada iklan yang menggangu seperti halnya di aplikasi YouTube.

Baca juga:


Kesimpulannya, kamu bisa mengatasi video youtube tidak bisa diputar dengan mengikuti langkah-langkah diatas. Namun, faktor utama yang memang seringkali membuat masalah ialah jaringan internet yang lelet. Untuk mengatasi hal tersebut, pastikan untuk memakai koneksi internet yang super cepat seperti Telkomsel misalnya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "7 Cara Mengatasi YouTube Tidak Bisa Diputar di Android"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...