Translate Bahasa Jawa Ngoko ke Krama Alus (Inggil), Madya, dan Indonesia | IlyasWeb.Com

Type something and hit enter

author photo
By On
Translate Bahasa Jawa Ngoko ke Krama ~ Saat ini banyak sekali translator jawa yang bisa digunakan untuk translate bahasa jawa krama alus (inggil) ke tingkat lebih rendah seperti madya dan ngoko, atau kamu juga bisa menerjemahkannya ke bahasa Indonesia, begitupun sebaliknya.

translate bahasa jawa ngoko ke krama
Translate bahasa jawa krama, sumber gambar: Nafiun.com
Jika kamu ingin melakukan translate bahasa jawa krama kini tidak perlu lagi bersusah payah meminta bantuan ke orang jawa, karena sekarang kamu bisa melakukannya dengan menggunakan situs ataupun aplikasi translator jawa (online).

Pada kesempatan kali ini admin IlyasWeb Official's akan membagikan tutorial translate bahasa jawa ngoko ke krama alus (inggil), madya, dan juga ke Indonesia.

Meskipun admin ini asli Suku Sunda, tetapi admin sudah mengumpulkan referensi mengenai translate bahasa jawa halus ini dari orang Jawa yang memang memiliki keramahan dan kesopanan yang luar biasa.

Kamu pasti sudah tahu kan, jika bahasa jawa itu mempunyai tingkatan dari segi tutur kata atau ucapan pada orang-orang jawa lainnya (ke anak-anak, orang tua, dan lain-lain). Kalau di suku Sunda itu namanya Undak Usuk Basa dan Panta-pantana Basa, sedangkan di Jawa namanya Ngoko, Krama Inggil, dan Krama Alus.

translator jawa
Translator Jawa, sumber gambar: Sandekala.com
Namun, akhir-akhir ini ada yang menciptakan sebuah alat translate untuk bahasa jawa krama alus secara online yang bisa kamu gunakan untuk menerjemahkan tiga tingkat tutur kata bahasa Jawa.

Baca juga: Terjemahan Otomatis Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia


Apa itu Bahasa Jawa Ngoko, Krama Inggil (Alus), dan Krama Madya?

Sebelum ke topik utama, sebaiknya kamu ketahui terlebih dahulu apa itu ngoko, krama alus, krama inggil, dan juga krama madya. Silakan simak penjelasannya dibawah ini;

1. Bahasa Jawa Ngoko
Ngoko adalah tingkatan basa paling rendah dalam bahasa Jawa. Bahasa yang ini juga terbilang sangat umum yang sering diucapkan oleh orang-orang Jawa. Karena berada ditingkatan paling rendah, jadi Jawa Ngoko ini sangat dihindari pemakaiannya jika berbicara dengan orang yang lebih tua ataupun orang yang dihormati.

Jadi, basa jawa ngoko ini termasuk bahasa jawa "paling kasar" yang sering digunakan oleh orang jawa yang sudah akrab ataupun bagi mereka yang kurang memiliki kesopanan.

2. Bahasa Jawa Krama Madya
Krama Madya adalah tingkatan bahasa jawa yang berada dipertengahan, bahasa ini merupakan kombinasi dari Ngoko dan Krama Inggil yang sering dipakai ke orang yang memiliki kasta setingkat untuk memperlihatkan sikap sopan.

3. Bahasa Jawa Krama Inggil (Krama Alus) 
Krama Inggil atau biasa disebut juga Krama Alus adalah tingkatan paling tinggi dalam bahasa Jawa yang menunjukan sikap paling sopan dan biasanya diucapkan kepada yang lebih tua atau yang lebih berilmu untuk menunjukan sikap sopan dan rasa hormat kepadanya.

Baca juga: Cara Menggunakan OK Google


Translate Bahasa Jawa Ngoko ke Krama Alus (Inggil), Madya, dan Indonesia

Okeh, jika kamu sudah tahu istilah 3 tingkatan bahasa jawa diatas, sekarang admin akan menyajikan beberapa alat translator bahasa jawa dari Krama Inggil (Alus) ke Ngoko ataupun sebaliknya yang bisa kamu coba.

Sebenarnya banyak sekali  translate bahasa jawa ngoko ke krama alus yang bisa kamu temukan di Google, namun dibawah ini admin akan sajikan translate bahasa jawa krama terbaik dan paling nyaman untuk digunakan.

Lupa sama nomor indosatmu? Baca Cara Mengecek Nomor Indosat

Situs Translate Bahasa Jawa Krama Alus

Situs ini sangat berbeda dengan translate bahasa jawa ke aksara jawa atau sebaliknya ya, situs atau aplikasi translate bahasa jawa krama alus ini memiliki fungsi yang mirip dengan Google Translate yang bisa mengubah satu bahasa ke bahasa yang lainnya.

Banyak yang mencoba google translate bahasa indonesia ke bahasa jawa krama inggil, namun hasilnya masih acak-acakan.

Lantas, apa saja situs web yang bisa digunakan untuk translate bahasa jawa krama alus ke tingkatan bahasa yang lebih rendah ataupun sebaliknya?

1. Mongosilakan - Translator Jawa

Mongosilakan - Translator Jawa merupakan situs translate bahasa jawa kromo inggil atau bahasa jawa halus yang dirangkai oleh Irfan Soetedja ditahun 2012 lalu. Kini, situs translator jawa ini sudah bukan versi beta lagi karena sudah update ke versi kedua.

Uniknya, Mongosilakan bisa menerjemahkan atau translate bahasa jawa secara keseluruhan yakni 3 tingkatan bahasa sekaligus. Kamu bisa terjemahkan ngoko ke krama madya ke krama inggil dan begitu juga sebaliknya.

Lebih uniknya lagi, kamu bisa mengubah atau translate bahasa Indonesia ke bahasa jawa dengan memilih ketiga tingkatan tersebut. Begitu pula sebaliknya, kamu bisa mengubah bahasa jawa krama halus, inggil, madya, dan ngoko ke bahasa Indonesia.

Okeh, silakan kamu coba gunakan alat translator jawa ini dengan mengunjungi laman berikut: https://mongosilakan.net/, setelah tampilan terbuka silakan kamu masuk terlebih dahulu menggunakan akun Google kamu, supaya bisa menerjemahkan semua tingkatan bahasa jawa tersebut.

2. Aplikasi Android untuk Translate Bahasa Jawa Krama Alus

Jika kamu pengguna android dan malas untuk membuka situs web translator jawa, kamu juga bisa melalukan translate bahasa jawa krama alus dengan menggunakan aplikasi android yang dibuat oleh admin Mongosilakan.

Pada aplikasi android ini, kamu tidak perlu login dengan akun google, karena kamu bisa langsung menerjemahkan bahasa jawa secara langsung tanpaharus login terlebih dahulu.

Untuk menikmatinya, kamu bisa menginstall Aplikasi Translator Jawa di Google Play Store ataupun melalui situs resminya di mongosilakan.

Registrasi kartu kok bingung? Inilah Caranya Registrasi Kartu Indosat

Kesimpulan & Penutup
Untuk translate bahasa jawa krama alus (inggil) ke krama madya, ngoko, ataupun bahasa indonesia dan sebaliknya, kamu bisa menggunakan situs web translator jawa dari mongosilakan. Kamu juga bisa menggunakan aplikasi android yang bisa kamu install di Playstore.

Baca juga:
  1. Setting APN 3 (Tri) 4G Tercepat, Update Terbaru!
  2. Cara Mengatur Jam di HP Oppo A37
  3. Cara Menggunakan Maxstream
  4. Cara Daftar Paket Internet Telkomsel
  5. Cara Daftar Paket Whatsapp di Kartu 3
  6. Cara Mengganti Font Xiaomi

Demikianlah pembahasan mengenai translate bahasa jawa ngoko ke krama yang bisa admin sampaikan pada kesempatan ini, semoga membantu! Eitts, jika ada kesalahan silakan koreksi melalui kolom komentar dibawah ya!

Silakan berkomentar atau bertanya mengenai artikel di atas pada kolom komentar yang telah disediakan.

Klik Untuk Berkomentar