Cara Mengatasi HP Lelet Agar Kembali Ngebut

Masalah smartphone Android yang kerap sekali muncul ialah kinerjanya yang tiba-tiba menjadi lambat alias lemot, yang tentunya sangat menggangu aktivitas kamu.

cara mengatasi hp lelet
HP Android Lelet, sumber gambar: Belihape.id
Gadget merupakan salah satu perangkat elektronik yang sangat rentan sekali mengalami kerusakan. Kerusakan itu pun terjadi biasanya disebabkan oleh usia komponen yang memang sudah lama dipakai.

Selain komponen dalam, ada juga faktor lain seperti android kamu pernah terkena air atau nyebur ke air, tekanan, ataupun guncangan keras akibat hp kamu terjatuh dan menghantam benda keras.

Bukan hanya itu saja, gadget itu kan menggunakan sistem operasi di dalamnya, yang mana akan sangat rawan sekali mengalami penurunan pada kinerjanya. Pada akhirnya menyebabkan hp android kamu melambat, atau sering dikenal dengan istilah lemot.

Sama halnya dengan gadget-gadget lainnya, kinerja ponsel pintar bisa saja terjadi oleh masa pakai hardware yang sudah sampai pada batasnya, atau ada kerusakan komponen perangkat keras yang disebabkan oleh kesalahan pengguna sendiri, bahasa gaulnya "Human Error".

Baca Juga:

Selain hardware, faktor yang menyebabkan kinerja perangkan menurun ialah adanya masalah pada software. Perangkat lunak yang kinerjanya menurun biasanya disebabkan oleh virus atau malware yang tidak pernah kamu ketahui.

Masih ada lagi, kalau saja gadget kamu masih terbilang cukup baru atau belum lama dipakai namun sudah lelet alias lambat kinerjanya, biasanya penyebabnya adalah memori penuh (penyimpanan hampir habis), software atau aplikasi sistem yang telah usang, RAM yang kecil, dan lain-lain.


Cara Mengatasi HP Android yang Lelet Biar Kembali Ngebut

Untuk mengatasi android yang lemot tersebut, tentunya setiap masalah memiliki solusi yang berbeda-beda. Jika yang terjadi kerusakan pada sektor hardware, maka satu-satunya solusi ialah dengan mengganti perangkat keras tersebut, tapi lebih direkomendasikan untuk membeli hp baru saja.

Akan tetapi, jika hp android kamu lelet bukan disebabkan oleh kerusakan hardware, maka kamu bisa mengatasinya dengan beberapa solusi dibawah ini:


1. Bersihkan sampah dan file tidak berguna di memori internal

cara mengatasi android lelet
Penyimpanan memori hampir penuh
Faktor yang menyebabkan kinerja smartphone menurun dan menjadikan hp lelet ialah kapasitas memori internal yang hampir penuh. Ponsel kamu akan menjadi lelet atau lemot ketika penyimpanan memori sudah hampir penuh.

Cara mengatasi memori internal hampir penuh bisa dengan membersihkan data seperti cache, cookie, foto, video, dan file dokumen lainnya. Atau jika kamu tidak ingin menghapusnya karena data tersebut mempunyai kenangan, kamu bisa memindahkannya ke flashdisk atau komputer/laptop.

Dengan cara diatas, penyimpanan memori internal smartphone android kamu akan menjadi kosong, dan kinerja ponsel akan semakin cepat karena tidak terbebani oleh data-data yang menumpuk.

Saat ini, untuk membersihkan data-data sampah seperti cache dan lain-lain bisa dengan memanfaatkan aplikasi pihak ketiga seperti aplikasi Pembersih, Clean Master, dan lain-lain.

Silakan baca: 7 Aplikasi Penambah RAM Terbaik di Android, Download Gratis dan Tanpa Root!


2. Uninstall Aplikasi yang Tidak Terpakai - Hapus Aja!

uninstall aplikasi android
Copot pemasangan aplikasi tidak terpakai
Yang kedua, semakin banyak kamu memasang (install) aplikasi pada smartphone, maka semakin lambat pulsa kinerja ponselmu. Bagaimana tidak? Banyaknya aplikasi akan memperkecil penyimpanan memori internal karena banyak data yang tersimpan.

Bukan itu saja, kapasitas RAM (Random Access Memory) juga akan berkurang karena akan semakin banyak aplikasi yang berjalan dibelakang layar alias Multitasking.

Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa menyulap hp lelet menjadi super ngebut dengan cara mencopot pemasangan aplikasi yang bisa dikatakan tidak terlalu penting. Hapus saja aplikasi-aplikasi tersebut, namun jangan pernah coba-coba untuk menghapus aplikasi sistem ya, karena itu akan menyebabkan smartphone kamu error.

Baca Juga:


3. Hapus Virus dan Malware dari HP Android

cara mengatasi hp lelet karena virus
Virus android penyebab hp lelet
Kamu pasti sudah mendengar apa itu virus kan? Ya, Virus pada hp android merupakan sejenis virus komputer dimana bisa menyebabkan aplikasi maupun fitur handphone menhadi tidak bisa digunakan semestinya.

Meskipun infeksi virus ponsel ini tidak mengganggu secara langsung, namun virus bisa menyebabkan turunnya kinerja smartphone menjadi sangat lamban sekali.

Baca Juga:

Untuk mengatasi dan menghapus virus atau malware dari android, kamu harus memasang aplikasi anti virus yang terpercaya. Kalau pada hp xiaomi, sudah ada antivirus yang terdapat pada Aplikasi Keamanan.


4. Perbaharui Sistem dan Aplikasi yang Usang

Perbaharui sistem android yang lelet
HP Lelet? Perbarui sistemnya!
Sistem android yang usang adalah salah satu faktor utama yang menimbulkan banyak masalah pada kinerja suatu smartphone. Intinya, antara aplikasi dan sistem itu harus ada penyesuaian agar kinerja smartphone bisa menjadi cepat dan optimal.

Aplikasi baru tidak akan berfungsi sempurna pada sistem yang usang, makanya kamu harus mengupdate sistem kamu secara rutin.

Perbaharuan aplikasi juga berfungsi untuk memperbaiki bug-bug atau kesalahan pada versi sistem tersebut dan diganti dengan yang sempurna.

Selain upgrade sistem, kamu juga jangan pernah melupakan untuk memperbaharui aplikasi-aplikasi yang terpasang pada android melalui Google Play Store.

Baca juga: Cara Mengatasi Download Tertunda di Play Store


5. Kembalikan Ke Pengaturan Pabrik (Reset) alias Install Ulang Android

mengatasi hp lelet dengan reset android
Factory Reset: kembalikan android ke setelan pabrik
Jika empat cara diatas telah kamu lakukan namun hp masih lamban alias lemot, kamu bisa memakai cara pamungkas dan sudah terbukti ampuh untuk mengatasi semua masalah kinerja pada smartphone, yaitu dengan cara mengembalikan smartphone ke setelan pabrik (reset).

Semua masalah error, memori penuh, RAM penuh, virus, kesalahan pada pengaturan, dan masalah-masalah lainnya akan teratasi dengan cara reset pabrik ini.

Baca Juga:

Namun perlu kamu ketahui, sebelum melakukan factory reset atau reset pabrik, pastikan untuk backup data dan file penting terlebih dahulu. Karena semua data akan terformat dan smartphone akan kembali seperti baru dibeli dari toko.

Kesimpulan: Untuk mengatasi hp lelet, kamu bisa melakukan cara diatas yaitu mulai dari membersihkan sampah di memori internal, uninstall aplikasi yang tidak penting, hapus semua virus, perbarui sistem (update sistem), dan yang terakhir kamu bisa melakukan wipe data alias reset pabrik (factory reset).

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengatasi HP Lelet Agar Kembali Ngebut"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...