Top Label

Cara Agar Whatsapp Tidak Terlihat Online di Android



Ayo siapa disini yang sering banget berantem sama pasangan hanya gara-gara chatnya nggak dibales, tetapi si do'i tahu kalau kamu sedang online di Whatsapp? Ujungnya pasangan kamu marah, dan kamu jadi galau karenanya?

cara agar whatsapp tidak terlihat online
Cara whatsapp tidak terlihat online, sumber gambar: Gadgetren.com
Tenang skuy, sebagai aplikasi social messaging (perpesanan) yang paling populer dan digunakan oleh banyak pengguna dari berbagai kalangan, Whatsapp atau yang sering disebut WA ini memiliki segudang fitur yang bisa kamu manfaatkan, salah satunya ialah Last Seen atau fitur Online.

Fitur yang satu ini berfungsi untuk memberikan tanda bahwa pengguna sedang Online atau tidak kepada semua kontak whatsapp-nya. Jengkelnya, fitur ini akan tetap menyala meskipun orang tersebut tidak sedang membuka chat dengan kontaknya (selagi whatsapp aktif di latar belakang).

Cara melihat kontak kamu sedang online di wa atau tidak, kamu bisa mengirim pesan kepada dia. Nanti kamu akan melihat indikator dibagian atas yang menyatakan dia sedang online atau kapan terakhir dia membuka whatsapp.

Fitur online whatsapp yang satu ini juga berlaku di semua device, entah itu di smartphone Android, iOS, Komputer atau Laptop (Whatsapp Web), dan juga perangkat lainnya. Tetapi, untuk menyembunyikan status online pada setiap perangkatnya sangat berbeda-beda.

Baca Juga:

Jika kamu ingin agar whatsapp tidak terlihat sedang online di smartphone android milikmu, silakan ikuti tutorial singkat dibawah ini.


Cara Membuat WhatsApp Tidak Terlihat Online di HP Android

  • Pertama, buka aplikasi WhatsApp atau Whatsapp Bisnis.
  • Ketuk ikon (tiga titik) yang ada di bagian kanan atas.
  • Pilih klik Setelan, lalu pilih opsi Akun, lanjutkan dengan klik pada opsi Privasi.
  • Kemudian silakan kamu klik pada opsi Terakhir dilihat dan pilih "Tidak ada". Jika masih bingung, silakan lihat gambar dibawah ini.
cara whatsapp tidak terlihat online
Cara sembunyikan status online di whatsapp, gambar screenshot: Ilyasweb.com
Selain mengubahnya ke "tidak ada", kamu juga bisa mengatur status online kamu ke "semua orang" supaya bisa dilihat oleh publik, dan juga bisa mengubahnya ke "Kontak saya" agar status online hanya terlihat oleh kontak wa kamu saja.

Indikator yang menunjukan seseorang sedang online atau tidak, kamu bisa melihatnya dibawah nama kontak kamu atau tepat dibawah nomor telepon whatsapp dia (jika kamu belum menyimpan nomornya ke kontakmu).

Akan tetapi, jika kamu menemui indikator tidak muncul pada akun whatsapp seseorang, itu bukan berarti dia sedang tidak online, tetapi bisa jadi karena beberapa hal sebagai berikut.

  1. Orang yang sedang kamu kepo-in tersebut bisa saja mengatur privasi dan menyembunyikannya untuk orang lain.
  2. Atau kamu telah mengatur fitur terakhir dilihatnya menjadi "tidak ada". Karena jika kamu memilih untuk menyembunyikan status online kepada siapapun (termasuk kontak kamu), maka kamu juga tidak akan bisa melihat status online orang lain. Bagaimana cukup adil bukan?
  3. Haha, maaf untuk alasan yang ketiga ini admin ijin ketawa jahat dulu yah. Karena jika kedua alasan diatas bukan salah satu penyebabnya, kemungkinan besar kamu sudah diblokir (block) oleh orang tersebut, hiks, hiks, hiks.

Tetapi buat sebagian banyak pengguna, "mengatur fitur last seen atau terakhir dilihat menjadi tidak ada" sangat bermanfaat, ketimbang dua fitur diatasnya yakni semua orang, dan kontak saya.

Begini, tanpa kamu sadari, kita bisa ketahuan sedang aktif di wa padahal kamu sedang tidak ingin membalas pesan dari pacar, atasan kamu, atau siapapun itu. Bisa-bisa kamu akan mendapatkan masalah karena hal tersebut.

Contoh kecilnya begini saja, pasangan kamu bisa marah akibat kamu tidak membalas chat-nya dengan alasan mau tidur, atau mau ada urusan lain, sedangkan pasanganmu melihat indikator wa kamu sedang aktif alias online.

Resiko yang bisa kamu dapatkan sangat besar skuy bukan hanya dimarahi pacar saja, tetapi bisa saja pasangan kamu minta putus karena menganggap kamu sudah tidak mem-prioritaskan dia, atau bahkan dia menganggapmu selingkuh. Ih, ngeri juga ya?

Untuk menghindari resiko-resiko diatas, kamu perlu mengatur whatsapp agar tidak terlihat online dengan cara mengatur terakhir dilihat (last seen) ke Tidak ada atau Nobody seperti yang sudah dipaparkan diatas.
#Tutorial Android#WhatsApp
Muhamad Ilyas 19 Nov 2019 Last Updated 2019-11-19T00:06:01Z