24+ Biaya Servis HP: Mati Total, Kena Air, Bootloop, dan Lainnya

Harga Service Hp ~ Smartphone android yang rusak memang menjadi salah satu hal yang sangat menyebalkan sekali. Bagaimana tidak, hp yang tiap hari kita menemani aktivitas sehari-hari dan teman disaat jenuh tiba-tiba malah rusak atau mati total kena air.

biaya servis hp mati total kena air
Biaya servis hp xiaomi kena air, sumber image: Artmakingcolours.blogspot.com
Ya, meskipun saat ini banyak sekali tutorial cara memperbaiki smartphone yang rusak di internet, tetapi tidak semuanya bisa mengatasi masalah kerusakan yang terjadi pada hp kamu secara spesifik.

Kalau servis sendiri di rumah, its okey kalau berhasil kamu akan merasakan kebanggaan tersendiri, nah coba bayangkan kalau ternyata kamu nggak berhasil dan malah merusak komponen hp lainnya?

Daripada servis sendiri yang ujungnya malah menambah kerusakan pada hp kesayangan kamu, mendingan kamu bawa saja hp yang rusak tersebut ke tukang servis.


Biaya Servis HP: Mati Total, Kena Air, Bootloop, dan Kerusakan Komponen Android Lainnya

Saat hp rusak dan satu-satunya jalan untuk memperbaikinya adalah pergi ke tukang servis hp, maka yang pertama kamu pikirkan adalah berapa biaya service hp, benarkan?

Nah, pada kesempatan kali ini admin IlyasWeb Official's akan membagikan perkiraan estimasi biaya yang akan kamu keluarkan untuk membiayai servis hp pada si tukang servis. Harga service hp ini sudah termasuk dengan biaya ganti komponen dan lain-lain, ya meskipun di berbagai daerah pasti berbeda namun ini biaya rat-ratanya saja.

Baca juga: Cara Menghilangkan Prediksi Teks dan Koreksi Otomatis di Keyboard HP Vivo

Perkiraan biaya servis hp android ini meliputi semua merk smartphone yang ada di tanah air Indonesia ini, seperi Xiaomi, Samsung, Vivo, Oppo, Asus, Advan, Huawei, Nexian, Evercoss, Nokia, Sony Xperia, LG, iPhone, Google Pixle, Meizu, dan handphone lainnya.


Estimasi Biaya Servis HP Android Berdasarkan Jenis Kerusakannya


1. Hp Tidak Mengeluarkan Suara Saat Memutar Musik
Hp android yang sama sekali tidak bisa mengeluarkan suara saat memutar musik, nada dering, dan juga loudspeaker saat menelpon tentunya menjengkelkan sekali bukan.

Nah, biaya memperbaiki hp tidak ada suara saat muter musik ini berada dikisaran Rp 40.000,- hingga Rp 70.000,- saja.


2. HP Bootloop alias Mentok di Logo
Hp Android bootloop memiliki ciri-cirinya tidak bisa booting ke menu utama alias saat kamu menghidupkan hp hanya mentok di logo saja atau biasanya menampilkan gambar robot android yang terbalik.

Android yang mengalami bootloop juga tidak bisa masuk ke menu recovery mode. Salah satu penyebabnya ialah hp kamu pernah di root atau pernah menginstal aplikasi pihak ketiga yang bermasalah.

Biaya service hp bootloop biasanya berkisar diantara Rp 50.000,- sampai Rp 100.000,-.

Baca juga: Cara Root OPPO F5 2019 Terbaru Tanpa PC


3. Bongkar Pasang atau Mengganti IC Flash
Biaya servis copot dan pasang IC Flashnya saja Rp 50.000,- (belum termasuk harga komponen IC Flash, jika diganti). Harga IC Flash hp android itu berbeda-beda ya, tergantung merk dan tipe hp yang kamu gunakan.


4. HP Sering Restart Sendiri
Salah satu faktor yang menyebabkan hp android suka restart sendiri biasanya disebabkan oleh sistem operasi yang mengalami error atau bisa juga karena baterai bermasalah. Estimasi biaya servisnya sekitar Rp 50.000,- dan paling mahal Rp 150.000,-.


5. HP Tidak Bisa di Cas (Charging)
Masalah smartphone android yang tidak bisa di cas atau charge biasanya terjadi karena adanya masalah pada sistem, kualitas baterai yang rusak, atau bahkan IC charge juga rusak.

Biayanya terbilang cukup standar, yaitu dikisaran Rp 50.000,- sampai Rp 100.000,- saja.

Baca juga: Cara Menghidupkan HP Hanya Dengan Charger Tanpa Baterai Terbaru


6. Touchscreen HP Rusak atau Layar LCD Pecah
Kalau saja LCD atau layar sentuh pecah sedikit, kamu masih bisa mengakalinya dengan menggunakan pasta gigi dan mengusap-usapnya pada layar sampai halus.

Namun, jika kerusakannya sudah terbilang parah atau bahkan layar sentuh (touchscreen) sudah tidak berfungsi, satu-satunya solusi ialah mengganti layar lcd tersebut dengan yang baru.

Harga LCD + Touchscreen hp android biasaya berada di kisaran Rp 120.000,- hingga Rp 500.000,- tergantung merek dan tipe hp. Admin sendiri beli LCD Xiaomi Redmi 4x hanya Rp 120.000,- di Tokopedia.

Untuk hp flagship atau hp gaming yang memiliki layar full view hingga samping, pasti harganya lumayan mahal. Oh iya, biaya pasang lcd touchscreennya sekitar Rp 50.000,-.


7. Biaya Flash HP Android dan Bukan Android
Untuk melakukan flashing, sebenarnya kamu juga melakukannya sendiri dengan menggunakan software laptop/PC, namun jika tidak mau ribet dan takut salah, mendingan bawa saja ke ahlinya.

Biaya flash mah terbilang sangat murah kok, cuma Rp 25.000,- hingga Rp 100.000,- tergantung kesulitan.

Baca juga:


8. Biaya Servis HP Korslet
Hp yang mengalami korsleting terjadi karena banyak, salah satunya hp terkena air atau kena benturan alias jatuh. Untuk memperbaikinya diperlukan keahlian membongkar dan melakukan pengecekan khusus dari tukang service.

Biaya perbaikannya juga beragam skuy, mulai dari Rp 100.000,- sampai Rp 400.000,-.


9. HP Mati Total Kena Air
Pada beberapa kasus hp yang terkena air atau jatuh ke air, sangat susah sekali untuk diperbaiki karena banyaknya komponen yang rusak akibat korsleting arus listrik.

Kalau saja hp kamu nyebur ke air dan susah dihidupkan alias mati total, maka harus mengganti komponen penting seperti SoC hp yang harganya terbilang lumayan mahal.

Kisaran biaya beli komponennya Rp 350.000,- atau lebih dari ini tergantung seberapa parah kerusakan dan seberapa banyak juga komponen rusak yang harus diganti. Biaya jasa servis Rp 50.000 ,- hingga Rp 70.000,-.

Baca juga: Solusi HP Xiaomi Mati Total Tidak Bisa di Charge


10. Isi UEM, RPL, CID, GID, dan EPROM
Estimasi biaya yang harus kamu keluarkan sekitar Rp 75.000,-.


11. Touchscreen (Layar Sentuh) Bergerak Sendiri / Error
Penyebab utama touchscreen atau layar sentuh suka bergerak sendiri ialah adanya kerusakan pada baterai ataupun dari komponen-komponen yang lainnya. Biaya perbaikan sekitar Rp 100.000,- hingga Rp 300.000,- tergantung tingkat kerusakan.


12. Layar Blank Berwarna Putih, Hitam, atau Biru
Layar hp yang mengalami blank atau hanya menampilkan warna putih saja itu disebabkan oleh kerusakan hardware LCD, untuk memperbaikinya dibutuhkan ketangkasan khusus.

Biaya service layar hp blank sangat variatif, mulai dari Rp 100.000,- hingga Rp 600.000,- tergantung seberapa parah kerusakannya, ganti LCD sama dengan lebih mahal lagi skuy.

Baca juga: Cara Keluar Dari Recovery Mode Oppo dengan Mudah


13. HP Tidak Ada Sinyal
HP yang tidak bisa menangkap sinyal bisanya disebabkan oleh IC MMC yang mengalami kerusakan. Untuk biaya service , lumayan mahal juga mulai Rp 150.000,- sampai Rp 300.000,-.

NB: Sebelum membawa ke tukang service, pastikan dulu kalau di tempat kamu berada ada sinyal atau tidak? Siapa tahu aja, provider kartu yang kamu pakai sedang mengalami gangguan.


14. Logo Headset di Status Bar Tidak Hilang
Biaya yang harus kamu keluarkan untuk menghilangkan logo headset ini sekitar Rp 50.000,- saja.

Kalau untuk HP Oppo, terutama Oppo A37 kamu bisa membaca: Cara Menghilangkan Tanda Headset di HP Oppo A37


15. Biaya Ganti eMMC Smartphone Android
IC eMMC pada hp Android memiliki peran dan juga fungsi yang amat penting, kalau rusak eMMC ini rusak tentunya performa smartphone kamu akan sangat terganggu. Ciri-ciri kerusakan eMMC antara lain sebagai berikut:

  • Hp android kamu sering keluar pesan “Sayangnya aplikasi telah berhenti”.
  • Kamu bisa Factory Reset, tapi hp kamu tidak bisa diformat sama sekali.
  • Ketika hp di flash, tidak bisa terhubung.
  • Selalu muncul pesan "Brom Error" saat di flash menggunakan software SP FlashTools.
  • Tidak bisa update sistem, saat di upgrade gagal terus.
  • HP sering mengalami hang, lag, not responding, dan kinerja smartphone sangat lemot.

Nah, jika hp kamu menglami masalah-masalah seperti diatas, bisa disimpulkan kalau eMMC hp kamu rusak. Solusi terbaiknya ialah dengan membawanya ke tukang service dan silakan nego saja soal harganya.

Kisaran harga eMMC sendiri lumayan mahal skuy, yaitu Rp 400.000,- hingga Rp 600.000,- (belum termasuk biaya pemasangan, paling 100 ribuan).

Baca juga: Cara Mengatur Sensitif Layar Oppo Semua Tipe


16. Masalah iPhone Lock iCloud
Estimasi biaya ini tidak bisa titentukan. Pasalnya, banyak sekali kejadian icloud lock memang harus tahu email dan password-nya juga. Tetapi, tidak menutup kemungkinan si tukang servis bisa mengatasinya. So, bawa saja ke service center terdekatmu!


17. Headset Tidak Terdeteksi atau Tidak Terbaca
Jika hp kamu tidak bisa mendeteksi atau membaca headset, suara headset ngerosok, ataupun masalah pada lubang (port) headset. Biayanya beragam mulai dari Rp 70.000,- hingga Rp 200.000,- (jika ada komponen yang diganti, seperti port headset).


18. Memperbaiki Tombol Power, Volume, dan Button yang Rusak
Biaya : Rp 25.000,- hingga Rp 50.000,-.


19. Hp Oppo Layar Mati, Tetapi Ada Getaran dan Bunyi
Biaya perbaiki kasus seperti ini, kurang lebih akan habis 400 ribuan.

Baca juga: Kumpulan Tema Oppo dan ColorOS Terbaik, Download Sepuasnya!


20. Layar Hp Tidak Bisa Disentuh Sama Sekali
Solusinya ialah mengganti LCD + touchscreen (layar sentuh). Harga dan biaya servis menyesuaikan tergantung merk dan juga tipe hp.


21. Biaya Ganti Speaker Hp
Biaya untuk memperbaiki atau mengganti speaker hp yang rusak atau suara tidak jelas, itu tergantung tipe hp dan juga jenis speakernya, kisaran harganya ada diantara Rp 60.000,- sampai Rp 100.000,-.


22. Tidak Ada Suara Saat Nelpon (Mic Hp Rusak)
Saat kamu menelpon malah tidak suara (kecuali terkendala jaringan kartu yang kamu pakai) itu tandanya mic hp kamu rusak, solusinya ganti dengan mic baru harga mic dan biaya service kurang lebih Rp 80.000,-.


23. Service Konektor Hp Rusak
Biaya ganti konektor dan biaya bongkar pasang sekitar Rp 65.000,-.


24. Buka Hp Android Terkunci Lupa Pola
Aduh, kejadian lupa pola kunci android emang seringkali terjadi. Untuk membuka pola kunci yang lupa ke tukang servis harganya bisa sampai sekitar Rp 50.000,-.

Namun, jika kamu tidak mau pergi ke tukang service, kamu bisa memcoba memperbaikinya sendiri dengan mengikuti salah satu tutorial dibawah ini:



Kesimpulan Tentang Estimasi Biaya Service Hp Rata-rata di Indonesia

Seperti yang sudah admin bahas diatas, estimasi harga servis hp yang rusak itu sangat variatif sekali. Untuk kerusakan ringan seperti masalah konektor hp, bootloop, lupa kata sandi, lupa pola, dan lain-lain, biasanya hanya di kisaran Rp 50.000 hingga Rp 300.000 rupiah saja.

Sedangkan untuk kerusakan berat seperti layar sentuh atau LCD rusak, IC, SoC, Prosesor, Chipset, eMMC, dan lainnya, biaya servisnya bisa menghabiskan dana yang cukup besar, yakni dikisaran Rp 300.000,- hingga Rp 1.000.000,-.

Baca juga:

Intinya, semakin berat kerusakan pada hp kamu maka semakin mahal juga biaya yang harus kamu keluarkan. So, ingat kata pepatah "lebih baik mencegah daripada mengobati", saat hp kamu sedang normal jagalah hp kamu dengan baik jangan sampai nyebur ke air atau terjatuh ya.

Demikianlah artikel mengenai Biaya Servis HP: Mati Total, Kena Air, Bootloop, dan lainnya yang bisa admin sampaikan pada kesempatan kali ini, semoga membantu ya skuy!

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "24+ Biaya Servis HP: Mati Total, Kena Air, Bootloop, dan Lainnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...