Versi Android Terbaru: Urutan Sistem Android Terendah Hingga Tertinggi

Versi Android Terbaru ~ Kamu pasti sudah pernah atau bahkan sedang memakai hp smartphone atau tablet yang sudah berbasis sistem android. Betul kan? Secara lah hari gini nggak pakai android rasanya ketinggalan jaman kan.

Baru-baru ini ada sebuah survei yang menyatakan bahwa android merupakan sistes operasi perangkat mobile paling populer dan dinyatakan mampu mengalahkan iOS. Anjays, mantap sekali bukan?

Nah, apakah kamu sudah tahu sejarah sistem android dari mulai terendah hinggi tertinggi sekarang? Kalau belum tahu, kamu bisa baca artikel ini untuk menambah wawasanmu!

Sejarah Awal Mula Sistem Android Berdiri

Versi Android Terbaru
Versi Android Terbaru, sumber gambar: https://expertise.jetruby.com
Sebenarnya, android sudah mulai beroperasi pada tahun 2000, saat itu android belum diakuisisi oleh pihak Google. OS (Operation System) Android ini pertama dikembangkan oleh perusahaan Android Inc.

Android Inc sendiri berpusat di Palo Alto, California, Amerika Serikat (USA). Lantas, siapa orang yang pertama mendirikan sistem android? Dia adalah Andy Rubin si Bapak Android, yang dibantu oleh rekannya yakni Chris White, Nick Sears, dan Rich Miner.

Setelah lewat tahun 2003, akhirnya Google mengakuisisi sistem operasi android ini. Di tahun 2008, akhirnya terbitlah smartphone pertama yang menggunakan operation system (OS) android yakni HTC Dream.

Mungkin itu hanya sejarah singkatnya saja ya, karena pada kesempatan ini admin IlyasWeb Official's akan lebih fokus ke urutan versi android dari awal hingga terbaru saat ini.

Urutan Versi Android Terbaru, Dari Terendah Sampai Tertinggi

OS Android
OS Android, sumber gambar: https://expertise.jetruby.com
Nama-nama versi android itu sangat unik dan menarik. Bagaimana tidak? Karena versi android memakai nama makanan lho. Penasaran mau tahu daftar versi android terbaru?

Dibawah ini admin sajikan urutan tingkatan os android, dari awal berdiri hingga saat ini. Okeh silakan kamu simak dibawah ini!

Baca juga: Tingkatan OS Android Dari Terendah Sampai Tertinggi

1. Android 1.0: Astro (Alpha)

Android Astro
Android Astro, sumber gambar: https://kaskus.co.id
Android astro atau android alpha ini dirilis pada tanggal 23 Spetember 2008. Nama astro kemudian tidak disematkan di versi pertama android ini karena berseberangan dengan trademark Astro (hak cipta).

Smartphone pertama yang menggunakan android astro (alpha) ialah HTC Dream. HP inilah yang pertama menggunakan os android besutan bapak android kita yakni Andy Rubin.

Baca juga: Xiaomi vs Oppo Bagus Mana? Ayo Kita Bandingkan

2. Android 1.1: Bender (Beta)

Android Bender (Beta)
Android Bender, sumber gambar: http://blogqq10.blogspot.com
Android bender atau android beta ini awal mula dirilis tanggal 9 Februari 2009. Hal serupa juga terjadi pada android versi 1.1 ini, masalahnya pada penamaan juga yang melanggar trademark. Nasibnya sama seperti versi 1.0, yakni namanya tidak bisa disematkan.

HP pertama yang memakai sistem operasi (OS) android bender ini tidak lain ialah "T-Mobile G1". Versi ini merupakan update dari android astro yang bertujuan untuk mengganti level API, perbaikan bugs, dan penambahan beberapa fitur.

Baca juga: Cara Melihat Kode Batang Whatsapp

3. Android 1.5: Cupcake

Android Cupcake
Android Cupcake, sumber gambar: https://www.kaskus.co.id
Android Cupcake dirilis secara resmi tanggal 30 April 2009. Mulai versi inilah android merilis berbagai fitur menarik pada sebuah smartphone.

Android 1.5 (Cupcake) merupakan android pertama yang menggunakan nama makanan manis atau pencuci mulut (dessert). Dari versi inilah android mulai memakai nama makanan untuk setiap versinya.

Baca juga: Cara Menghilangkan Wanita untuk Bahasa Indonesia

4. Android 1.6: Donut

Android Donut, sumber gambar: https://conceptodefinicion.de
Setelah rilisnya android cupcake (versi 1.5), tidak lama kemudian pada tanggal 15 September 2009 Google merilis versi android terbaru yakni versi 1.6 (donut android), baru selang 5 bulan dari perilisan Cupcake.

Alasan mengapa perilisan dilakukan secepat itu? Karena pada versi android 1.5 cupcake banyak sekali bug-bug, makanya pihak Google dengan segera melakukan perbaikan.

Nah, pada versi ini android berhasil menambahkan fitur baru dalam permbaruannya yakni mendukung layar smartphone dengan ukuran lebih besar dari versi sebelumnya.

Baca juga: Kumpulan Serial Number IDM Terbaru

5. Android 2.0 - 2.1: Eclair

sistem android
Android Eclair, sumber gambar: http://blog.varianceinfotech.com
Pada tanggal 3 Desember 2009, akhirnya android mengeluarkan versi terbarunya yakni versi 2.0 dan 2.1 yakni diberi nama Android Eclair. Rilisan ini tujuannya sama untuk menyempurnakan bug-big dari versi sebelumnya.

Bukan hanya perbaikan bug saja, namun android juga menambahkan berbagai fitur inovasi terbaru di versi ini. Salah satu fitur unggulannya yakni dukungan Bluetooth, dan Kamera.

Smartphone dengan android eclair pertama salah satunya ialah HTC Nexus One. Di jamannya, hp pintar ini di banderol dengan harga yang lumayan fantastis.

Baca juga: Cara Mendapat Like Banyak di Facebook

6. Android 2.2: Froyo (Frozen Yoghurt)

os android terbaru
Android Froyo, sumber gambar: https://pandudroid.com
Tidak lama kemudian setelah rilis android eclair, pada tanggal 20 Mei 2010 android merilis kembali versi terbarunya yakni Android Frozen Yoghurt atau disingkat FroYo. Versi ini mulai dikenal oleh para khalayak ramai sebagai brand smartphone.

Meskipun sudah banyak yang tahu akan hadirnya sistem operasi android, namun  tetap saja os android masih kalah oleh smartphone dengan sistem operasi symbian yang masih menduduki pasar featured phone.

Android Froyo mempunyai beberapa fitur baru jika dibandingkan dengan versi eclair, salah satunya yakni pada penyempurnaan kinerja yang menjadi semakin cepat, fitur keamanan, hotspot wifi, dan juga USB tethering.

Baca juga: Nonton Youtube Gratis Tanpa Kuota

7. Android 2.3: Gingerbread

android versi terbaru
Android Gingerbread, sumber gambar: https://proandroid.com
Daftar OS android berikutnya ialah android 2.3 yang diberi nama Gingerbread yang diresmikan pada tanggal 6 Desember 2010 dengan perubahan fitur yang signifikan.

Perubahan tersebut salah satunya ialah perombakan pada tampilan antar muka pengguna atau bisa disebut user interface yang menjadi lebih memukau.

Pada versi ini, banyak sekali brand-brand smartphone yang mulai menggunakan sistem operasi android pada hp-hp besutannya.

Brand smartphone ternama pun ikut mulai menggunakan sistem operasi android gingerbread ini, salah satunya ialah Samsung yang sampai saat ini kepopularitasannya tidak turun-turun.

Baca juga: Cara Menyimpan Video dari Facebook

8. Android 3.0 - 3.2: Honeycomb

tingkatan versi android
Android Hooneycomb, sumber gambar: https://techpp.com
Bagi semua pengguna smartphone mungkin akan merasa sedikit asing dengan versi android hooneycomb ini.

Android versi 3.0 dan versi 3.2 atau yang dinamai hooneycomb ini resmi dirilis tanggal 10 Mei 2011, yang merupakan versi android lanjutan gingerbread dengan lambang ikon seekor lebah.

Sistem operasi yang satu ini di khususkan untuk smartphone berbasis tablet. Salah satunya ialah tablet Samsung Galaxy Tab Series yang ingin bersaing dengan Apple iPad di ranah pasar tablet.

9. Android 4.0: Ice Cream Sandwich

tingkatan android dan kelebihannya
Android Ice Cream Sandwich, sumber gambar: https://ubergizmo.com
Tidak lama setelah merilis hooneycomb yang khusuk untuk tablet saja, akhirnya android pun merilis android versi 4.0 Ice Cream Sandwich untuk hp berbasis smartphone pada tanggal 19 Oktober 2011.

Android yang satu ini merupakan salah satu daftar versi android yang memiliki nama paling panjang dari yang lainnya.

Ice Cream Sandwich hadir dengan membawakan banyak fitur-fitur dan juga pembaruan pada sistem, terlebih pada user interface atau tatap mukanya.

Baca juga: Cara Mengatasi Download Tertunda di Play Store

10. Android 4.1 - 4.3: Jelly Bean

os hp terbaru
Android Jelly Bean, sumber gambar: https://howtogeek.com
Peningkatan mulai terasa lebih signifikan pada android 4.1, 4.2, dan 4.3 atau yang dijuluki Jelly Bean. Yups, sistem operasi android ini resmi dirilis pada bulan Juni 2012 yang banyak melakukan perombakan dari versi sebelumnya, apalagi di sektor grafis.

Sistem ini mampu memberikan kinerja yang sangat baik karena ada beberapa peningkatan fungsi pada tampilan antarmuka pengguna (user interface) dan juga adanya teknologi Vsyns.

Pada os android terbaru inilah, Google mulai menerapkan sebuah teknologi berbasis asisten digital yakni "Google Now", yang bisa diakses oleh pengguna hanya dengan menyapukan jarinya pada homescreen.

Admin IlyasWeb Official's sendiri pertama kali membeli smartphone ialah hp Advan S5E yang menggunakan sistem operasi Android 4.2 Jelly Bean. Eh, kok admin jadi curhat ya hehe.

Baca juga: Cara Redeem Code Mobile Legend dengan Mudah

11. Android 4.4: KitKat

Android KitKat
Android KitKat, sumber gambar: https://hardwarezone.com.sg
Android 4.4 resmi diluncurkan pada bulan Oktober 2013 dengan nama brand cemilan paling terkenal yakni, KitKat.

Versi Android terbaru ini merupakan awal mula dari kejayaan sistem operasi android, karena os android kitkat ini hampir support pada semua smartphone yang ada di dunia ini.

Fitur optimalisasi yang diberikan oleh android 4.4 kitkat ini sangatlah bermanfaat sekali, karena smartphone yang memiliki spesifikasi rendah sekalipun bisa memakai operation system (OS) yang satu ini. Bagaimana keren sekali bukan?

12. Android 5.0 - 5.1: Lollipop

Android Lollipop
Android Lollipop, sumber gambar: http://blog.evercoss.com
Selang beberapa waktu, kini Android Inc dan juga Google terus melakukan pembaruan dan penambahan fitur lainnya setiap satu tahun sekali.

Yang pada akhirnya pada bulan Juni 2014 Google meresmikan kembali peluncuran versi terbarunya yakni Android 5.0 dan 5.1 yang dijuluki Android Lollipop.

Tingkatan android lollipop inilah yang menjadi pionir untuk Google. Karena banyak sekali smartphone-smartphone flagship yang mengusung spesifikasi lumayan tinggi dengan sistem operasi android lollipop ini.

Bukan main, pada versi android yang satu ini ternyata support arsitektur 64 bit yang sudah bisa dipastikan dapat menggunakan RAM lebih dari 3GB.

Nah, salah satu brand smartphone terkenal yang memakai os android lollipop ialah ASUS Zenfone 2 dengan mengusung Random Access Memory atau RAM berkapasitas 4GB saat itu. Wow !!!

Baca juga: Cara Paket Internet 3 Murah, Paketan Tri 1GB Cuma Seribu!

13. Android 6.0: Marshmallow

versi android terbaru - marshmallow
Android Marshmallow, sumber gambar: https://newatlas.com
Setahun kemudian setelah dirilis android lollipop, lalu Google melakukan pembaruan dengan merilis versi os terbarunya yakni Android 6.0 Marshmallow.

Android Marshmellow ini diperkenalkan pada publik di bulan Mei 2015 dan kemudian resmi dirilis 5 bulan setelah pengenalan, tepatnya pada bukan Oktober 2015.

Marshmallow berhasil membawa nama sistem operasi android menjadi selangkah lebih maju. Kesuksesan Android Inc milik Google ini semakin memuncak sejak versi ini diluncurkan.

Fitur unik pada sistem operasi ini ialah hadirnya Fingerprint Sensor yang merupakan bentuk peningkatan yang signifikan pada sistem keamanan. Sensor sidik jari inilah yang diklaim sebagai sistem keamanan biometrik android.

Bukan hanya untuk mengunci layar dan mengunci aplikasi saja. Kini fingerprint bisa kamu gunakan sebagai alat otentikasi Google Play Store dan sejumlah pembelian lainnya yang berbasis Android Pay.

Baca juga: Kode Rahasia Xiaomi // Kode Rahasia Samsung

14. Android 7.0 - 7.1: Nougat

versi android 7
Android Nougat, sumber gambar: https://warungkomputer.com
Android versi 7 yakni android Nougat ini mulai diperkenalkan pada bulan Juni 2016 dengan tampilan ikon robot khas android yang dipadukan dengan batangan nougat.

Pada sistem operasi Android 7.0 dan juga 7.1 Nougat ternyata mengalami perubahan yang sangat signifikan pada sektor user interface (antarmuka).

Bukan hanya itu saja, ternyata hadir juga fitur Splitscreen yang memungkinkan kamu untuk membagi tampilan pada layar untuk 2 aplikasi sekaligus.

Smartphone yang menggunakan sistem operasi android nougat itu sangat banyak sekali. Mulai dari brand terendah hingga brand kelas tinggi sekalipun, seperti Xiaomi, Oppo, Vivo, Samsung, Advan, Lenovo, dan lain-lain.

Butuh Tema Oppo? Baca nih Kumpulan Tema Oppo dan ColorOS Terbaik, Download Sepuasnya!

15. Android 8.0 - 8.1: Oreo

Android Oreo
Android Oreo, sumber gambar: https://cnet.com
Android versi 8.0 dan 8.1 atau sering disapa Oreo ini dirilis pada Agustus 2017 dan berhasil menjadi versi android terbaru yang paling banyak digunakan pada smartphone terbaru, mulai dari hp murah hingga smartphone flagship dengan spek dewa.

Android Oreo ini menjadi sistem operasi android kedua yang penamaannya memakai nama makanan manis dari brand foods terkenal, sedangkan yang pertamanya ialah android kitkat.

Jenis versi android yang satu ini memberikan pengalaman multitasking yang sangat handal sekali jika dibandingkan dengan pendahulunya.

Bukan hanya itu, ada fitur Project Treble juga yang bisa memungkinkan setiap pengguna untuk mendapatkan jatah pembaruan lebih cepat, alhasil kamu bisa memperbaharui sistem dengan cepat.

Baca juga: Cara Mengecek Nomor Indosat // Cara Transfer Pulsa Indosat // Setting APN Indosat

16. Android 9.0: Pie

Android Pie
Android Pie, sumber gambar: https://9to5google.com
Pemegang julukan "versi android tertinggi sekarang" ialah Android Pie yang resmi diluncurkan pada bulan Agustus 2018. Sistem operasi Android yang satu ini mengubah banyak sekali tampilan, apalagi pada hp dengan model desain terbaru.

Sebagai contohnya, android pie ini mampu memberikan gesture navigasi yang bisa kamu gunakan sebagai pengganti tombol fisik Home, Recent Apps, dan juga tombol Back.

Fitur - fitur lainnya yang disematkan pada sistem os android pie ini antara lain ada penambahan fitur sistem notifikasi, setting kecerahan, bahkan ada perubahan pada fitur screenshoot menjadi lebih mudah alias gampang!

Baca juga: Cara Sadap WA Tanpa Verifikasi

17. Android Q Beta (Versi Android Paling Baru)

Android Q Terbaru
Android Q, sumber gambar: https://arstechnica.com
Yang terakhir ialah Android Q Beta, android versi paling baru ini pertama kali diluncurkan pada 13 Maret 2019 dan hingga saat ini masih dalam tahap percobaan pada beberapa smartphone saja.

Smartphone yang sudah memakai os andoid q beta ini hanyalah hp besutan Google saja, antara lain Google Pixel, Google Pixel XL, Google Pixel 2, Google Pixel 2 XL, Google Pixel 3, Google Pixel 3 XL, dan Google Pixel 3 Lite.

Fitur yang menjadi daya jual pada Android Q Beta adalah Mode Gelap atau Dark Mode yang katanya mampu menghemat baterai.

Kamu merasa penasaran seperti apa android Q nantinya? Admin juga sama lho, penasaran banget malah !!!

Baca juga:
  1. Settingan Sensitivitas PUBG Mobile Terbaik
  2. Cara Daftar Paket Internet Telkomsel
  3. Cara Daftar Paket Whatsapp di Kartu 3
  4. Cara Mengganti Font Xiaomi

Kesimpulan
Demikianlah urutan sistem android dari yang terendah sampai tertinggi 2019 ini. Sekarang pasti kamu sudah tahu kan, tingkatan os android mulai dari android astro hingga android Q? Pasti tau lah!

Kalau menurut kamu sendiri, apa saja nama yang cocok untuk kode nama Android Q versi selanjutnya? Ayo, tulis jawabanmu dikolom komentar yah!

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Versi Android Terbaru: Urutan Sistem Android Terendah Hingga Tertinggi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...