Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android 100% Ampuh | IlyasWeb.Com

Type something and hit enter

author photo
By On
Cara menghapus aplikasi bawaan android tidak semudah seperti membalikan telapak tangan saja, apalagi buat pengguna hp yang awam dengan mengoprek smartphone. Lantas, apa sih yang dinamakan dengan aplikasi bawaan android? Mengapa sebagian aplikasi bawaan harus dihapus? Serta bagaimana cara menghapus aplikasi bawaan hp android yang aman tanpa berakibat error pada ponsel? Jawaban dari pertanyaan-pertanyaan diatas akan admin ilyasweb.com bahas di artikel ini.
Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android
Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Semua Tipe
Sedikit pemahaman saja, aplikasi-aplikasi bawaan yang sudah ada sejak hp android kamu pertama kali digunakan itu mempunyai peran yang sangat penting untuk keperluan smartphone yang sedang kamu gunakan. Melihat betapa pentingnya aplikasi bawaan untuk mendukung kinerja hp android kamu, maka menonaktifkan ataupun menghapus aplikasi bawaan secara sembarangan jelas akan membuat smartphone yang sedang kamu gunakan menjadi bermasalah atau error.

Namun, akhir-akhir ini banyak sekali vendor smarphone yang menanamkan aplikasi-aplikasi bawaan yang tidak penting sekalipun, yang malah mengakibatkan memori internal smartphone menjadi penuh. Bukan hanya memori internal saja yang menjadi penuh gara-gara banyaknya aplikasi bawaan, akan tetapi memori RAM juga terkena imbasnya. Pada akhirnya, smartphone menjadi lelet, lag, hang, dan juga sering terjadi error atau pemberitahuan memori hampir penuh.

Karena hal itulah, pengguna sangat diwajibkan untuk melakukan uninstall atau menonaktifkan aplikasi bawaan androidnya. Dengan menghapus aplikasi bawaan hp, dapat mengosongkan ruang di memori internal dan juga source ram akan menjadi lega karena sedikitnya multitasking.

Kalau kita bicara secara sistem, aplikasi bawaan android itu tidak bisa dihapus sama sekali. Pengguna hanya bisa menonaktifkan atau paksa berhenti aplikasi tersebut untuk beberapa waktu saja. Namun, baru-baru ini ada beberapa cara untuk menghapus aplikasi bawaan dengan cara menghapus langsung dari hp android kamu, menggunakan aplikasi pihak ketiga, dan jika aplikasi susah hapus maka menggunakan hp dengan status sudah root.

Baca juga : 6 Emulator Android Ringan RAM 1GB Terbaik untuk Laptop dan PC

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android Tanpa Root dan Tanpa Bantuan Aplikasi Pihak Ketiga

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android tanpa root
Tak bisa dipungkiri, bahwa menghapus aplikasi bawaan android tanpa root bisa dikatakan mustahil sekali. Why Not? Sebab pada sistem android sudah di settings agar pengguna tidak dapat izin untuk menghapus aplikasi-aplikasi bawaannya. Namun, ada sebagian kecil aplikasi yang dapat dihapus, dan sebagian lagi ada yang tidak bisa dihapus namun bisa dinonaktifkan / disable, serta yang paling menjengkelkan adalah aplikasi yang sama sekali tidak bisa dinonaktifkan dan juga tidak bisa dihapus sama sekali.

Bagaimana cara mengetahui aplikasi bawaan yang bisa dihapus dan yang bisa dinonaktifkan? Caranya sangat mudah sekali untuk kamu terapkan, silakan simak caranya dibawah ini:

Baca juga : Cara Mengetahui Password WiFi Tetangga Dengan HP Android Tanpa Root

  1. Pertama silakan kamu masuk terlebih dahulu ke menu Pengaturan / Settings / Setelan.
  2. Selanjutnya silakan pilih opsi Aplikasi / Applications / Apps, di menu ini kamu akan melihat semua aplikasi-aplikasi yang sudah terinstall di hp android kamu.
  3. Selanjutnya silakan kamu pilih salah satu aplikasi yang ingin dihapusyang kamu rasa aplikasi itu tidak penting. Wajib kamu ketahui, jika itu aplikasi bawaan biasanya mempunyai 2 ciri saja yaitu hanya ada Disable dan juga Force Stop. Sama sekali tidak ada tulisan Uninstall.
  4. Untuk menghapusnya, silakan klik dulu opsi “Force Stop” dan jika keluar notifikasi klik saja “OK
  5. Selanjutnya kamu klik saja menu “Disable” dan diikuti dengan mengklik tombol “OK
  6. Selesai, Aplikasi berhasil dihapus atau dinonaktifkan!

Baca juga : Contoh Kata Kata Promosi Olshop yang Menarik Minat Pembeli!

Namun, anda jangan pernah merasa heran, jika saja aplikasi yang anda disable itu sewaktu-waktu aktif kembali dengan sendirinya apalagi jika smartphone anda terkoneksi dengan jaringan wifi. Untuk mengatasi hal tersebut, hal yang harus kamu lakukan adalah dengan cara mematikan auto update pada aplikasi playstore.

Aplikasi Penghapus Aplikasi Bawaan | Cara Hapus Aplikasi Bawaan dengan Bantuan Aplikasi Pihak Ke-3

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android dengan CCleaner
Menghapus aplikasi bawaan xiaomi juga dapat dilakukan dengan cara menggunakan aplikasi pihak ketiga yang sudah terpercaya dan sudah terbukti ampuh dalam menghapus berbagai jenis aplikasi bawaan yang tersemat di smartphone android, aplikasi tersebut bernama CCleaner.

Aplikasi yang satu ini dibuat khusu untuk mempermudah pengguna android yang berniat menghapus aplikasi bawaan smartphone miliknya. Selain itu, fungsi lain dari aplikasi CCleaner adalah untuk membersihkan cache dan file sampah yang ada di smartphone android kamu. Untuk hapus aplikasi bawaan dengan ccleaner cukup ikuti tutorial dibawah ini.

Baca juga : Tethering Hotspot Tidak Berfungsi? Begini Cara Mengatasinya!

  1. Pertama silakan kamu unduh dan install terlebih dahulu aplikasi CCleaner di Google Play Store.
  2. Berikutnya silakan buka aplikasi CCleaner
  3. Klik pada tombol Option yang ada di posisi kiri atas, dilanjutkan dengan klik tombol ‘App Manager’.
  4. Pada posisi ini, kamu akan melihat semua aplikasi dengan 3 kategori, yaitu Installed yang artinya semua aplikasi yang terinstall di hp kamu, System artinya semua aplikasi yang dibutuhkan oleh sistem android dan juga termasuk aplikasi bawaan yang tidak boleh dihapus secara sembarangan, dan Disabled artinya semua aplikasi yang sudah dinonaktifkan.
  5. Selanjutnya silakan kamu pilih saja tab System yang dalam kategori ini terdapat semua aplikasi bawaan dari ponsel android milikmu.
  6. Silakan sentuh aplikasi yang hendak kamu nonaktifkan, lanjutkan dengan mengklik gambar tong sampah yang berada di kanan bawah. (Jangan pernah coba-coba menghapus aplikasi yang berlogo android hijau, karena jika yang anda hapus adalah file sistem yang penting maka hp kamu akan mengalami kegagalan pada sistem).
  7. Yang terakhir, jika saja muncul notifikasi yang melayang diatas (Pop Up) maka klik saja tombol ‘Reboot Now’ agar aplikasi bawaan hp kamu terhapus secara permanen.

Cara menghapus aplikasi bawaan memakai aplikais CCleaner bisa kamu terapkan misalkan di hp Oppo. Advan, Nexian, Samsung, Asus, Acer, Huawei, Xiaomi, Vivo, Meizu, dan merk-merk smartphone lainnya. Mengapa bisa diterapkan di semua merk smartphone? Jelas karena aplikasi ini merupakan aplikasi resmi yang dapat kamu unduh secara langsung di Google Play Store.

Baca juga : Cara Mengganti Font di Oppo A39, F1s, dan F11 Terbaru

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Oppo A37 (Root)

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Oppo A37
Cara menghapus aplikasi bawaan oppo a37 secara permanen yang satu ini hanya dapat dijalankan pada smartphone android yang sudah dalam keadaan root. Smartphone yang sudah dalam kondisi root memiliki akses secara penuh sebagai pengembang hp android tersebut tanpa dibatasi oleh peraturan dan ketentuan sistem. Panduan menghapus aplikasi bawaan oppo bisa kamu simak dibawah ini:

  1. Unduh dan Install terlebih dahulu aplikasi ‘System App Remover’ di Play Store. Meskipun aplikasi ini bisa kamu download tanpa root, tapi aplikasi ini tidak akan berfungsi untuk hp yang belum di root terlebih dahulu.
  2. Kemudian buka aplikasi System App Remover tersebut. Jika keluar pemberitahuan SuperSU meminta akses root ke aplikasi ini. Tap saja pada tombol ‘Grant’ atau bisa saja tombol ‘Izinkan’.
  3. Kemudian silakan kamu pilih dan tandai aplikas-aplikasi yang terbilang tidak penting keberadaannya di smartphone milik kamu.
  4. Jika sudah berhasil ditandai, lanjutkan dengan klik tombol ‘Uninstall’.
  5. Jika kemudian keluar pemberitahuan Pop Up, klik saja tombol ‘Yes’.
  6. Silakan kamu tunggu proses penghapusannya sampai dengan selesai.
  7. Taraaaaaaa….. Aplikasi bawaan oppo a37 anda pun berhasil terhapus secara permanen.

Baca juga : Cara Cetak Billing Remidi atau Ujul UT (Universitas Terbuka)

Demikianlah 3 cara yang bisa kamu manfaatkan untuk menghapus aplikasi bawaan sistem android. Seperti yang sudah admin katakana diatas, setelah kamu berhasil menghapus aplikasi-aplikasi sistem yang tidak penting akan memperlega ram dan juga ruang kosong di memori internal kamu. Ok, terima kasih. Jika ada masalah atau ada yang tidak kamu mengerti dari penjelasan artikel diatas silakan ajukan pertanyaan kamu di kolom komentar!

Silakan berkomentar atau bertanya mengenai artikel di atas pada kolom komentar yang telah disediakan.

Klik Untuk Berkomentar