Cara Mengatasi SIM Card Tidak Terbaca atau Tidak Terdeteksi di Xiaomi | IlyasWeb.Com

Type something and hit enter

author photo
By On
Cara Mudah Atasi SIM Card Tidak Terdeteksi di Xiaomi (Tidak Terbaca). Bagaimana solusi mengatasi xiaomi mi 6 sim card tidak terbaca? Pernahkah anda kejadian saat membeli hp xiaomi baru namun ternyata pas memasukan karu sim ke smartphone malah SIM Card terbaca atau terdeteksi oleh hp xiaomi anda, hal serupa juga bisa saja terjadi pada hp xiaomi yang sudah lama anda pakai dan secara tiba-tiba muncul sim card not detected. Padahal, sebelumnya sim card terbaca dengan sempurna. Kejadian ini seringkali membuat jengkel para pengguna xiaomi.
solusi mengatasi xiaomi mi 6 sim card tidak terbaca
Solusi Mengatasi SIM Card Tidak Terbaca di Xiaomi - IlyasWeb Official's
Ketika SIM Card pada ponsel xiaomi anda tidak terdeteksi atau tidak terbaca sama sekali maka seperti biasa akan tampil notifikasi pop up seperti SIM Card not inserted, SIM Card not detected, Undetected SIM, SIM Card initialization failure, dan bisa saja SIM Card rejected dan lain-lain sebagainya yang tergantung pada pokok permasalahan sim card nya atau hp xiaomi nya.
Baca juga : Cara Melacak Hp Xiaomi Semua Tipe, Untuk Mengetahui Lokasinya!
Masalah  SIM Card yang tidak terbaca dan atau terdeteksi di ponsel pintar lama adalah disebabkan oleh kesalahan pengguna yang keseringan menggonti-ganti SIM Card dari hp yang satu ke hp yang lain, dan kejadian ini memungkinkan terjadinya konsleting di bagian konektor slot SIM Card (kuningan yang di kartu sim) dan untuk memecahkan masalah ini, salah satu solusinya adalah dengan membawanya ke gerai sim card yang anda pakai untuk diganti (Gerai Indosat, Gerai Telkomsel, Gerai 3, Dll).



Jika terjadi sim card tidak terbaca di xiaomi note 3, xiaomi redmi 3 pro, redmi 3s, atau xiaomi redmi 2 biasanya bukan karena terjadinya konsleting pada kuningan sim card saja, akan tetapi banyak sekali faktor-faktor lainnya yang lebih ekstrem. Penyebab SIM Card tidak terbaca bisa juga karena slot SIM Card yang berkarat yang disebabkan oleh pemakaian yang cukup lama, chip atau tembaga yang berwarna kuning di sim card memang mengalami kerusakan atau kotor, slot SIM Card mengalami goncangan karena kurangnya kencang, dan penyebab-penyebab lainnya.

Lantas, cara atau solusi sim card tidak terbaca di xiaomi redmi 4x, atau bagaimana cara atasi kartu sim tidak terbaca di xiaomi redmi 4a dengan mudah? Dibawah ini admin ilyasweb.com akan membahas secara tuntas cara mengatasi telepon urgen saja, yang dapat anda gunakan untuk mengatasi masalah sim card tidak terbaca. Silakan anda simak dengan teliti.
Baca juga : Cara Internetan di Mode Pesawat HP Xiaomi

Cara Mengatasi Kartu SIM Card Tidak Terbaca alias Tidak Terdeteksi di HP Xiaomi Anda dengan Mudah | Khususnya Xiaomi Mi 6

Apakah anda termasuk salah satu pengguna yang mengalami masalah pada kartu sim (sim card) Xiaomi yang sama sekali tidak dapat memunculkan jaringan alias sinya di smartphone Xiaomi Anda. Padahal, Anda yakin sekali telah memasang kartu sim di slot dual sim xiaomi dengan benar? Jika iya, maka silakan Anda ikuti tutorial yang Admin ilyasweb bagikan di bawah ini.

1. Kesalahan Posisi Pemasangan Kartu SIM (SIM Card) pada Slot

  • Berhubung kebanyakan smartphone masa kini tidak lagi menggunakan baterai yang dapat dicabut secara praktis, maka slot sim card seperti xiaomi tidak berada di belakang baterai melainkan di samping body hp yang dapat dibuka dengan mencolokkan sebuah sim card ejector.
  • Solusinya : Silakan keluarkan kembali simcard anda dari slot sim dengan mencolokkan ejektor kartu sim nya, dan lihat apakah kartu sim anda terbalik posisiny atau tidak? Patokannya, chip atau tembaga kuning sim card harus berada dibagian luar ya gengs.

2. Perbaiki Pengaturan atau Settingan Sinyal di Xiaomi Anda

  • Jika dengan cara diatas sim card anda masih belum bisa terbaca juga, ada kemungkinan terjadi kesalahan pada pengaturan jaringan seluler (sinyal) anda. Bisa dipastikan jika sinyal kartu yang anda gunakan sedang mengalami gangguan operator di daerah yang anda singgahi.
  • Solusinya : Silakan anda buka menu papan panggilan dan ketikkan kode ini *#*#3646633#*#* > Lalu silakan klik opsi Network Selection >  Silakan ganti setelannya dengan memilih opsi GSM / WSDMA (auto).

3. Cek Mode Pesawat (AirPlane Mode). Kalau Aktif, Ya Jelas Ini Penyebabnya!

  • Terkadang kejadian paling konyol ini juga seringkali terjadi, dimana anda kebingungan dengan sinyal kartu sim yang tidak kunjung muncul di hp xiaomi anda. Padahal, entah disengaja atau tidak mode penerbangan atau airplane mode di hp anda aktif.
  • Solusinya : Cek terlebih dahulu mode pesawat atau airplane anda, apakah aktif atau tidak? Jika mode pesawat di hp anda menandakan sedang aktif, Anda dapat langsung menonaktifkannya demi sinyal kartu sim anda dapat kembali terdeteksi seperti biasanya.
Baca juga : 35 Daftar HP Terbaru 2019 Spesifikasi Terbaik Harga Mulai 1 - 7 Juta-an

4. Reset Smartphone Xiaomi Anda | Ingat, Sebelum Reset Backup Dulu Data Anda!

  • Jika cara pertama, kedua dan ketiga diatas masing saja tidak membuahkan hasil. Maka anda harus mencoba tutorial yang lebih ekstrem yakni dengan melakukan reset atau factory reset (Kembalikan Smartphone Anda ke Setelan Pabrik).
  • Solusinya : Anda buka saja menu pengaturan dan cari menu reset (kembalikan ke setelan pabrik) yang biasanya ada di menu tambahan. Namun sebelum melakukan factory reset, ada baiknya anda backup terlebih dahulu data - data penting Anda juga jangan pernah lupa dengan akun Mi anda ya.

5. Factory Reset Nggak Mempan? Coba Flash Xiaomi Anda

  • Jika dengan melakukan reset sim card masing belum kunjung terbaca atau masih saja tidak terdeteksi. Kemungkinan ada kesalahan pada rom smartphone anda.
  • Solusinya : Silakan lakukan flashing hp xiaomi anda dengan cara downgrade atau upgrade sistem rom anda. Jika tidak bisa melakukannya, silakan skip cara ini dan langsung saja baca solusi nomor 6.

6. Anda Mentok Memperbaikinya? Tukang Servis Solusi Terakhir Anda!

  • Jika anda sudah mencoba kelima solusi diatas, namun masih saja bandel. Sudah dapat dipastikan jika yang menjadi poko permasalahannya ada pada slot sim card hp xiaomi anda.
  • Solusinya :  Silakan bawa smartphone anda ke tukang servis terdekat yang ada di wilayah anda. Biasanya untuk mengatasi masalah ini anda harus mengeluarkan biaya servis sekitar 80 ribu hingga 100 ribu saja, tetapi tergantung tukang servisnya sendiri sih.
Baca juga : Download FaceApp Pro Versi 3.4.9.2 Terbaru Gratis
Demikianlah artikel singkat mengenai Cara Mengatasi Slot Sim Card Xiaomi Tidak Terbaca. Semoga dengan cara diatas anda dapat memperbaiki handphone xiaomi kesayangan anda menjadi sehat seperti semula. Namun, jika anda ingin membeli hp baru anda bisa membaca artikel Daftar HP Terbaru 2019. Jangan lupa share artikel ini ke sosial media anda, siapa tahu teman anda juga mengalami hal serupa dengan anda.

Silakan berkomentar atau bertanya mengenai artikel di atas pada kolom komentar yang telah disediakan.

Klik Untuk Berkomentar