Kenapa Iklan Google Adsense Blank 2019, Iklan Adsense Tidak Tayang? Ini Penyebabnya! | IlyasWeb.Com

Type something and hit enter

author photo
By On
Iklan Google Adsense Blank 2019 - Cara Mengatasi Iklan Google Adsense Yang Tidak Tayang (Blank). Google adsense ialah salah satu dari sejuta layanan program kerjasama periklanan di media internet yang diberdayakan langsung oleh Google. Dari layanan periklanan google adsense ini, pemilik blog atau situs web sekalipun itu youtuber yang sudah mendaftar dan telah dinyatakan akunnya disetujui sepenuhnya atau biasa disebut akun full approved diperbolehkan untuk memasang unit iklan dalam bentuk materi iklannya di tentukan oleh pihak google sendiri di halaman web, blog, dan youtube milik publisher. Pemilik blog atau situs web dan juga youtube masing-masing akan memperoleh penghasilan dari google untuk setiap iklan yang diklik dihalaman website atau youtube nya oleh pengunjung atau seringkali disebut dengan system PPC (pay per click, yang artinya dibayar per klik).
Kenapa Iklan Google Adsense Blank 2019 Iklan Adsense Tidak Tayang
Iklan Google Adsense Tidak Muncul (Blank) 2019 - IlyasWeb Seluler

Baca juga : Berapa Lama Peninjauan Monetisasi Youtube 2019? Inilah Jawabannya!

Sejarah adanya layanan periklanan Google adsense sendiri didirikan setelah Google mengakuisisi Pyra Labs di bulan Februari 2003, Akhirnya pada tanggal 4 Maret 2003, Chairman dan CEO Google, Erick Schmidt mengumumkan layanan periklanan berbasis konten yang kemudian dijuluki dengan Adsense. Dalam menjalankan usaha promosinya untuk melancarkan program layanan iklan Adsense, di bulan Aprilnya kemudian Google mengakuisisi Applied Simantics yang dimana teknologinya sudah berhasil mendukung layanan Iklan Google Adsense ini.

Sejak awal mula layanan iklan Adsense dari google ini didirikan, unit Ads for content dari Google Adsense ini ternyata hanya mendukung blog atau sistus web yang berbahasa internasional yaitu bahasa inggris dan beberapa bahasa lainnya di negara eropa, timur tengah, asia bagian timur, dan hanya satu negara di belahan benua asia tenggara yang masuk nominasi yakni Thailand. Yang pada akhirnya di tanggal 1 Februari 2012 Google meresmikan bahwasanya sudah mendukung blog dan situs web dengan konten bahasa Indonesia untuk menampilkan unit iklan Adsense for Conten. Jika sebelumnya bahasa indonesia ini hanya mendukung unit iklan Adsense for search saja, akan tetapi sekarang Google adsense sudah mendukung 36 bahasa negara di dunia, Bagaimana luas juga kan jaringan Google Adsense ini?

Akhir-akhir ini pada bulan Mei tahun 2019 ini Google Adsense telah memperbarui unit iklannya, Google telah mengumumkan kepada para penggunanya melalui email, dan sementara waktu setelah pembaruan adsense itu selesai sontak banyak sekali pengguna google adsense yang iklannya tidak muncul, tidak tampil atau blank, banyak sekali publisher pemula yang tidak tahu-menahu kalua saja google adsense telah mengumumkan pembaruan pada unit iklannya, penghasilan publisher google adsense pun ikut menurun drastis mengingat iklan mereka tidak tayang di situs web dan juga blog mereka.

Bagi kalian siapa saja yang menjadi publisher google adsense tentu saja permasalahan iklan tidak tayang ini menjadi suatu masalah yang sangat serius karena berdampak langsung pada penghasilan publisher sehari-harinya. Jika saja hal ini dibiarkan terus menerus, maka di khawatirkan pendapatan publisher akan semakin anjlok dan berakhir dengan tidak adanya penghasilan sama sekali.

Baca juga : Cara Mengatasi SD Card Write Protected di Android

Sebenarnya ada banyak sekali faktor yang menyebabkan iklan google adsense tidak tayang atau blank. Pada kesempatan ini insya allah Admin ilyasweb akan membahas tuntas beberapa penyebab kenapa iklan adsense tidak blank 2019 ini? Untuk lebih lanjutnya silakan simak penjelasan saya dibawa ini:

1. Review Site (Add Site Review)
Penyebab pertama yang membuat kenapa iklan google adsense tidak tayang 2019 ialah dikarenakan blog dan situs web anda masih dalam tahap proses pendaftaran dan sedang dalam tahap review site oleh google adsense. Apalagi sekarang google adsense memberlakukan peraturan dimana setelah akun full approved atau diterima sepenuhnya, masih akan ada peninjauan atau review site kembali.

Kalau anda baru pertama kali mendaftar di google adsense dan anda akan diminta oleh pihak google adsense untuk memasang kode unit iklan di situs web atau blog anda, akan tetapi hingga saat ini belum sama sekali menerima email pemberitahuan kalua akun adsense anda diterima sepenuhnya atau full approve dari google adsense, maka sudah dapat dipastikan kalua proses pendaftaran blog anda masih berada di tahap review site. Pada fase ini, iklan biasanya tidak akan muncul atau blank dan hanya akan menampilkan slot iklan kosong saja.

Baca juga : Cara Menghidupkan HP Hanya Dengan Charger Tanpa Baterai Terbaru

Jadi, anda tidak perlu khawatir jika akun google adsense masih baru dan anda diminta untuk memasang unit iklan di blog anda akan tetapi iklan tidak muncul, itu tandanya situs atau blog anda sedang dalam tahap review, setelah tahap review berlalu dengan adanya email pemberitahuan bahwa akun adsense anda telah diterima sepenuhnya, maka dengan otomatis iklan google adsense akan tayang di situs web atau blog anda.

2. Akun Google Adsense Sedang Ditangguhkan Atau Akun Google Adsense Kena Banned
Faktor kedua yang menyebabkan iklan google adsense tidak tayang (blank) adalah akun google adsense anda sedang ditangguhkan sementara atau akun adsense anda kena penalti banned, Untuk menjadi seorang publisher google adsense anda harus sepenuhnya mematuhi semua kebijakan dan peraturan yang dibuat oleh google adsense, jika anda melanggar salah satu kebijakan dari google adsense, maka akun adsense anda akan disuspend atau kena banned dari google, dan apabila akun google adsense anda ditangguhkan alias kena banned maka dengan otomatis iklan google adsense tidak akan muncul di halaman blog anda.

Baca juga : Cara Agar Layar HP Asus Zenfone Tetap Menyala Alias Tidak Cepat Mati

Biasanya jika akun adsense anda terkena suspend atau terkena banned maupun akun anda sedang ditangguhkan adsense, maka anda sebagai publisher akan diberi pemberitahuan melalui email notifikasi dari google adsense. Alhasil, kalau iklan google adsense anda tidak tayang di situs web atau blog anda, silakan cek email anda, siapa tahu ada email dari google adsense jika akun google adsense anda kena banned atau sedang ditangguhkan.

3. Kode Iklan Jenis Akun Adsense Hosted dipasang Di Situs Web atau Blog Top Level Domain (TLD)
Faktor selanjutnya yang menyebabkan iklan adsense blank atau tidak tayang adalah karena anda memasang kode unit iklan google adsense Hosted di situs web dan blog anda yang sudah di custom TLD (top level domain) seperti halnya : .com .net .me .org dan TLD lainnya. Untuk memasang iklan adsense di blog yang sudah dipasang TLD maka akun adsense anda harus berkategori Non-Hosted.

Sedikit penjelasan, Apa itu Google adsense hosted dan non-Hosted? Google Adsen Hosted ialah akun google adsense yang didapatkan oleh publisher dengan cara pendaftaran langsung dari youtube dari blogger atau blog yang memakai subdomain .blogspot.com. Sedangkan Google adsense non-hosted adalah jenis akun google adsense yang didaftarkan melalui pendaftaran langsung di situs resmi google adsense dengan blog atau situs web yang berdomain TLD (top level domain) bukan subdomain blogger.

Unit iklan dari akun adsense hosted sendiri mempunyai banyak sekali keterbatasan, salah satu keterbatasan itu adalah unik iklan hanya dapat di pasang di youtube saja ataupun kode iklan hanya dapat dipasang di blog dengan subdomain .blogspot.com saja. Akan tetapi, unit iklan google adsense non-hosted dapat anda pasang di semua platform yang anda punya, selain iklannya dapat dipasang di blog dengan TLD, anda juga dapat memasang kode iklannya di subdomain blogspot dan juga youtube.

Baca juga : Cara Mengatur Layar Hp Oppo Agar Tetap Menyala Alias Tidak Cepat Mati

Kalau akun google adsense milik anda masih berkategori hosted, maka jika unit iklan dipasang di blog dengan domain TLD sudah jelas iklan adsense anda tidak akan tampil. Untuk bisa tampil di TLD maka diwajibkan bagi anda untuk melakukan upgrade akun google adsense yang awalnya dari hosted menjadi akun google adsense non-hosted, dan proses upgrade ini memerlukan waktu yang tidak sedikit karena juga akan melewati proses review kembali.

4. Browser Memakai Ekstensi Adblock alias Script Anti Iklan
Penyebab lain iklan tidak tayang atau tidak muncul (blank) adalah disebabkan oleh brower anda yang sudah terpasang ekstense adblock. Adblock sendiri merupakan salah satu ekstensi atau plugin yang dirancang khusus untuk browser agar browser tersebut memblokir semua iklan yang tampil ketika si pengguna melakukan browsing di internet.

Baca juga : Daftar Kode Bank Indonesia Terbaru 2019 Lengkap dengan Nomor Call Centernya!

Adblock atau script anti iklan ini biasanya terinstal di browser anda agar disaat berselancar anda terhindar dari iklan di internet yang dirasakan sangat mengganggu sekali, dan dengan memasang plugin adblock ini pada browser anda, maka secara spontan iklan yang ada di situs web dan blog atau iklan yang ada di video youtube tidak akan di tayangkan sama sekali. Begitu pun dengan iklan google adsense anda, apabila pada browser anda sudah terpasang adblock, maka sudah jelas iklan adsense anda tidak akan muncul alias bakalan blank.

5. Konten yang Anda Publikasikan Melanggar Kebijakan dan TOS Google Adsense
Iklan google adsense tidak tayang atau blank biasanya juga dikarenakan konten - konten yang anda publikasikan di situs web dan blog ataupun di youtube itu ternyata melanggar kebijakan google dan juga bertentangan dengan Term Of Service google adsense. Perlu admin ingatkan, google adsense itu sangat sensitive sekali, jika saja tercium adanya artikel blog atau situs web anda mengandung konten - konten yang melanggar kebijakan google adsense atau TOS google adsense, dengan otomatis iklan adsense tidak akan muncul dan biasanya akan berakibat fatal yakni banned akun.

Baca juga : Cara Cek Nomor Indosat 2019 dengan Dial

Cara mengaktifkan iklan yang disebabkan konten melanggar kebijakan google adalah dengan segera mengubah atau menghapus konten - konten yang dirasa melanggar kebijakan dan juga TOS google adsense. Tetap berhati - hatilah dengan konten - konten yang melanggar kebijakan google adsense. Bukan hanya pada artikel saja, akan tetapi anda harus tetap memoderasi komentar – komentar yang dilontarkan oleh komentator di blog atau situs web anda. Karena tidak mentup kemungkinan kalua isi komentarnya mengandung kata-kata yang dapat melanggar kebijakan google ads dan hal ini akan mempengaruhi iklan google adsense anda.

6. Sudah Benarkah Anda Memasang Iklan? Siapa Tahu Anda Salah Pasang Iklan!
Kenapa iklan blank atau tidak tayang? Siapa tahu saja karena anda salah memasang unit iklan adsense anda, bisa saja kode unit iklan yang dipasang oleh anda tertutup oleh salah satu element html. Jika memang ini terjadi, meskipun unit iklan anda sudah benar terpasang, akan tetapi iklan google adsense anda tidak akan tayang sama sekali di halaman blog anda karena element html tersebut mengganggu fungsi daripada kode iklan adense tersebut.

Baca juga : 5 Rekomendasi Harga Laptop HP Terbaru Desain Tipis dan Ringan

Ada banyak sekali cara yang dapat anda lakukan untuk memasang iklan adsense di template blog anda, namun sayangnya setiap template blog memiliki posisi iklan yang berbeda - beda penempatan nya. Alhasil, anda harus memahami terlebih dahulu struktur dari template yang anda gunakan, setelah berhasil dipahami barulah anda pasang unit iklan adsense anda.

7. PIN Sedang Dalam Proses Pengiriman Atau Anda Sudah Menerima PIN Namun Belum Memasukannya!
Penyebab selanjutnya mengapa iklan adsense milik anda tidak tayang - tayang atau blank bisa jadi dikarenakan PIN yang baru saja anda request sedang dalam proses pengiriman oleh pihak google adsense sendiri, atau bisa juga anda sudah menerima surat PIN dari google lewat kantor pos namun anda belum memasukan kode PIN nya tersebut ke kolom PIN di akun adsense Anda.

PIN Google adsense merupakan salah satu kode verifikasi khusus yang dikirim oleh Google via kantor pos guna memverifikasi akun adsense milik anda. PIN ini biasanya dikirim secara otomatis oleh pihak google ke alamat yang anda yang ada di menu pengaturan apabila saldo google adsense anda sudah mencapai $10 atau jika dasbor adsense anda rupiah kurang lebih saldo anda sudah mencapai Rp. 130.000,- baru PIN akan dikirim.

Pihak google adsense sendiri akan memberikan 3 kali kesempatan untuk merequest PIN. Dalam artian jika saja PIN yang anda request masih belum datang dalam jangka waktu 30 hari maka anda bisa melakukan request PIN ulang hingga maksimal sebanyak 3 kali atau hingga 90 hari sejak request PIN yang pertama.

Baca juga : Ukuran Foto Sampul FB untuk Profil, Halaman, dan Grup Facebook yang Pas

Kalau anda telah melakukan 3 kali request PIN, namun PIN yang anda request tidak kunjung datang juga, langkah yang terakhir yang dapat anda lakukan untuk verifikasi akun adsense anda adalah dengan cara melakukan scan atau foto KTP anda kemudian kirimkan ke pihak google pada kolom yang sudah disediakan.

Biasanya, jika anda sudah melakukan request PIN sebanyak 3 kali, namun pak pos belum kunjung dating untuk mengantarkan surat yang berisi PIN ke rumah anda, akun adsense anda akan memberhentikan penayangan iklan pada blog atau situs web anda sementara waktu hingga anda memasukan kode PIN tersebut atau sampai anda berhasil meng-upload scan / foto ktp tersebut.

8. Google Adsense Melakukan Pembaruan Iklan (Update)
Faktor yang terakhir yang menyebabkan iklan google adsense tidak muncul atau blank terjadi karena google adsense melakukan pembaharuan pada slot - slot iklannya, iklan tidak tayang atau blank ini jelas dikarenakan google adsense memperbarui iklan miliknya. Jadi, apabila suatu saat tiba – tiba iklan adsense anda tidak tayang atau blank anda sebaiknya periksa email anda dan lihat apakah ada pemberitahuan dari adsense atau tidak? Jika ada, silakan anda masuk ke dasbor adsense anda kemudian silakan ganti unit iklan adsense lama anda dengan yang unit iklan adsense yang baru.

Baca juga : 10 Aplikasi Edit Lagu Android Terbaik Gratis, Edit Lagu Kesukaanmu Sekarang Juga!

Demikian artikel mengenai iklan google adsense tidak tayang atau blank 2019 yang dapat admin sampaikan, apabila setelah anda memahami semua pembahasan admin diatas namun iklan adsense anda masih belum muncul, silakan jangan sungkan – sungkan untuk menanyakannya kepada admin di kolom komentar!

10 komentar

avatar

klo iklan tiba2 ga muncul mas,,kga dapet email apa2 dari google itu knp ya

avatar

disaya blank total mas udah 5 hari ini, akun adsnse aman tidak di banned google, dan google tidak mengirim email satu pun ke saya, unit iklan yang lama sudah saya ganti yang baru tetap saja blm tayang lagi, saya coba iseng" daftarin web saya ke adsense teman juga di terima, tapi sama juga blank, menurut sampean permasalahan ini karena apa ya apakah domainya kena banned atau ini terjadi karena pembaruan iklan dari Google? mohon tanggapanya.

avatar

@Desbie,
Mungkin ada beberapa pertanyaan dari saya atas kronologi yang anda alami,
1. Apakah akun adsense anda sudah full approve?
2. Anda mengecek iklan lewat browser apa? Kalau via UC Browser emang gak muncul.
3.Cek juga, apakah domain anda kena penalty google?
4. Atau anda bisa informasikan alamat web anda ke admin, silakan kirim lewat menu contact us ya.

Terima kasih.

avatar

@Mas Arbi,
Mohon maaf gan, apakah blog agan sudah benar-benar full approve alias sudah dapat email diterima sepenuhnya oleh pihak adsense atau belum? :)

avatar

Gan akun saya ditangguhkan tetapi iklan msh muncul , mohon pencerahannya gan

avatar

Halo min, ane mau tanya dan mohon bantuannya min.

Kan di dashboard adsense ada pusat peninjauan iklan tuh. Nah pertanyaannya, apakah dengan mengabaikan atau iklan tidak ditandai sebegai telah ditinjau akan mempengaruhi tayangan iklan juga sehingga iklan menjadi blank atau tidak tampil?

avatar

adsense ane dah 1 tahun dah p.o jugA

avatar

@Pelulu,
Kalau boleh saya tahu alasannya apa yang menyebabkan akun adsense mas ditangguhkan? coba cek di email yang dikirim oleh pihak adsensenya.

avatar

@A.Afidz,
Kalau menurut pengalaman saya pribadi, mengabaikan alias tidak menandai iklan di pusat peninjauan iklan itu tidak memjadi sebuah penyebab terjadinya blank pada slot iklan adsense.

Coba mas cari kembali, apa yang menyebabkan iklan adsensenya tidak muncul? apakah ada email dari adsense?

avatar

@Mas Arbi,
Coba mas buka dihalaman website mas yang lain, apakah iklan adsensenya muncul? Biasanya, seringkali terjadi iklan adsense itu tidak muncul di beberapa halaman saja, yang disebabkan konten plagiat, halaman di blokir robots.txt / robots tajuk. Silakan periksa satu - persatu mas.

Silakan berkomentar atau bertanya mengenai artikel di atas pada kolom komentar yang telah disediakan.

Klik Untuk Berkomentar