Type something and hit enter

author photo
By On
Cara mengatasi sd card write protected di android. Selain sd card bermasalah dengan tidak bisa diformat, ada hal lain yang lebih bermasalah yang sering sekali dialami oleh pengguna smartphone yang dimana kartu SD Card keluar notifikasi alias pemberitahuan “Write Protected” ketika kita sedang melakukan akses ke sd card baik itu mengcopy file, delete file, ataupun rename alias mengganti nama file di sd card.
Cara Mengatasi SD Card Write Protected di Android
Cara Mengatasi SD Card Write Protected di HP Android - IlyasWeb Seluler
Hal ini memang sering terjadi untuk anda yang masih (maaf) awam tentang hal ini. ketika kartu sd card (memori) anda dalam keadaan terkunci alias write protected sudah dipastikan anda tidak dapat mengubah data file yang ada didalam sd card tersebut baik itu copy paste file, edit, rename, atau delete file. Alhasil, satu-satunya langkah adalah dengan membuka kuncinya dahulu.




Bagi anda atau siapa saja yang tengah mengalami masalah serupa seperti ini janganlah bingung, karena di kesempatan kali ini Admin IlyasWeb.Com akan membagian tutorial bagaimana cara atasi kartu SD Card Write Protected di android dengan beberapa cara yang simple yang bisa anda coba dan uji di rumah.
Baca juga : Cara Menghidupkan HP Hanya Dengan Charger Tanpa Baterai Terbaru
Kartu memori yang terkunci bisa menjadi masalah yang serius, apalagi saat itu kamu ingin melakukan penghapusan atau mungkin memindah semua file yang ada didalamnya ke komputer kamu. Ikuti beberapa cara mengatasinya diberikut ini.

1. Mengubah file Registry
Cara pertama untuk mengatasi sd card write protected yang dapat anda coba adalah dengan cara mengubah file Registry yang ada di sistem Windows anda lewat menu Regedit. Untuk langkah-langkahnya silakan ikuti dibawah ini :
Baca juga : 5 Rekomendasi Harga Laptop HP Terbaru Desain Tipis dan Ringan
  1. Tekan tombol icon Windows + R (Win+R) di komputer anda,
  2. Kemudian akan muncul menu Run.
  3. Silakan ketik ’regedit’ (tanpa tanda petik) pada kotak pencarian.
  4. Lanjutkan dengan mengetik OK.
  5. Selanjutnya silakan buka directory Computer => HKEY_LOCAL_MACHINE/SYSTEM => CurrentControlSet => Control => StorageDevicePolicies.
  6. Catatan : "Apabila anda sama sekali tidak melihat folder StorageDevicePolicies, anda dapat membuat sendiri dengan cara klik kanan => New => Key => selanjutnya silakan buat folder dengan nama StrogeDevicePolicies, sesudah itu buatkan juga file baru didalamnya dengan cara klik kanan => New => DWORD dan selanjutnya kasih nama Write Protect".
  7. Selanjutnya anda edit atau modify file yang ada didalamnya.
  8. Kemudian ubah Value pada tulisan Write Protect dari yang awalnya angka 1 ubah menjadi 0,
  9. Lanjutkan dengan klik OK untuk menyimpan perubahan.
  10. Silakan Restart Komputer / PC / Laptop Anda, dan lihatlah hasilnya!!
Baca juga : Daftar Kode Bank Indonesia Terbaru 2019 Lengkap dengan Nomor Call Centernya!
2. Atasi SD Card Write Protected via Command Prompt (CMD)
Cara selanjutnya yang dapat anda lakukan untuk mengatasi kartu SD card Write Protect di android ialah dengan menggunakan Command Prompt alias CMD yang ada di Komputer atau Laptop anda. Untuk langkah-langkah tutorialnya anda dapat menyimaknya dibawah ini:
  1. Buka CMD, klik kanan dan lanjutkan dengan Run As Administrator.
  2. Pada Command Line ketikkan “diskpart” (tanpa tanda kutip).
  3. Kemudian tekan Enter.
  4. Ketik lagi list disk kemudian akan muncul beberapa daftar Drive yang ada di komputer kamu.
  5. Pilih Disk kartu SD tersebut, dan ketikkan pada command sesuai dengan Drive kartu memori mu. Contoh jika Drive kartu SD kamu ada di Disk F maka ketik Disk F lalu Enter.
  6. Langkah berikutnya ketik attributes disk clear read only >>> Enter.
  7. Lanjutkan dengan ketik clean.
  8. Kemudian tekan Enter.
  9. Selanjutnya anda ketikkan “create partition primary” (tanpa tanda kutip).
  10. Kemudian tekan Enter.
  11. Selanjutnya yang terakhir ketikkan “format fs=fat32” (tanpa tanda kutip).
  12. Kemudian tekan Enter.
  13. Exit.
Baca juga : Cara UNREG Kartu Telkomsel 2019 // Cara UNREG Kartu Indosat 2019
3. Atasi SD Card Write Protected dengan tombol switch pada Adapter SD Card
Setiap kartu memori atau sd card akan yang original akan dibekali yang Adapter. Jadi, bagi anda semua yang membeli micro SD dalam keadaaan baru, hampir semuanya sudah satu set dengan kotak Adapternya didalam kemasan. Fungsi Adapter ini sendiri selain daripada untuk menghubungkan kartu SD Card anda ke Komputer atau Laptop, tetapi juga dapat difungsikan untuk mengunci kartu memori melalui tombol switch yang terdapat di Adapter tersebut.

Nah, kebanyakan pengguna yang awam (maaf), pasti tidak akan mengetahui fungsi dari pada tombol switch tersebut. Alhasil, jika anda mengaktifkan fitur Lock, maka dengan otomatis kartu memori anda akan terkunci alias terproteksi. Untuk mengatasinya anda hanya tinggal off atau Unlock switch tersebut untuk membuka kartu SD Card yang terproteksi tersebut.
Baca juga : Cara Agar Layar HP Asus Zenfone Tetap Menyala Alias Tidak Cepat Mati // Cara Mengatur Layar Hp Oppo Agar Tetap Menyala Alias Tidak Cepat Mati
Demikianlah beberapa cara mudah mengatasi kartu SD Card Write Protected di Android yang bisa admin ilyasweb sampaikan pada artikel kali ini. Silakan coba 3 cara diatas sekarang juga, dan jika tutorial diatas masih tidak berhasil silakan beritahukan admin melalui kolom komentar dibawah!

Silakan berkomentar atau bertanya mengenai artikel di atas pada kolom komentar yang telah disediakan.

Click to comment