Cara Atasi Touchscreen Smartphone Android Tidak Berfungsi

Cara Atasi Touchscreen Smartphone Android Tidak Berfungsi - Cara Mengatasi Layar Sentuh Smartphone Yang Rusak. Semakin modern perkembangan teknologi dan komunikasi saat ini, mampu membuat teknologi smartphone bertransformasi  menjadi menggunakan fitur layar sentuh yang bekerja sebagai tombol keypad untuk mengetik pesan ataupun nomor, dan kebutuhan ponsel lainnya yang sudah menggunakan tombol full touch screen. Jika dibandingkan dengan smartphone pendahulunya yang hanya berbekal tombol keypad QWERTY yang sekarang sudah ketinggalan jaman.
Cara Mengatasi Touchscreen Smartphone Yang Tidak Berfungsi
Cara Mengatasi Touchscreen Smartphone Yang Tidak Berfungsi - Tips Seputar Smartphone
Meskipun smartphone jaman kini semakin canggih karena memiliki fitur touchscreen atau layar sentuh, kenyataannya memiliki kekurangan yang sangat parah yaitu seringkali mengalami kerusakan apabila digunakan secara terus menerus untuk mengetik dan lain - lain. Layar sentuh atau touchscreen yang mengalami kerusakan biasanya akan mengalami macet saat digunakan untuk mengetik dan sangat kurang sensitif ketika digunakan untuk hal apapun, apabila layar sentuh smartphone anda sudah mengalami hal seperti ini, sebelum anda membawa smartphone anda ke tukang service, anda bisa mengikuti tips mengatasi touchscreen yang rusak ala ilyasWeb, sebab mengatasi touchscreen yang rusak dan tidak berfungsi optimal dapat juga diperbaiki dengan cara-cara manual seperti yang akan dibahas oleh Admin IlyasWeb Seluler pada artikel ini, simak ulasannya dibawah ini:
Baca juga : Tips Mencegah Virus dan Malware di Android, Jangan Biarkan Smartphone Anda Terinfeksi Malware
1. Lakukan Factory Reset, Jika Anda Tidak Ingin Berlama - lama berpikir
Cara yang satu ini biasanya selalu dijadikan jurus pamungkas dalam urusan mengatasi touchscreen smartphone yang rusak yaitu dengan cara melakukan setting di pengaturan pabrik atau netizen biasa menyebutnya dengan factory reset.

Menurut sebagian orang, cara yang satu ini dikalim dapat memperbaiki program touchscreen yang mengalami gagal sistem secara efektif. Namun sebelum melakukan pengaturan pabrik, anda sebaiknya melakukan backup terlebih dahulu atas semua data-data dan juga aplikasi - aplikasi yang dianggap penting di smartphone anda, karena melakukan factory reset akan menghapus semua data - data yang ada pada smartphone Anda.
Baca juga : Manfaat Aplikasi Bank BRI di Android, Download Aplikasi BRI Mobile Gratis
2. Bersihkan Hardware Random Access Memory (RAM) Smartphone Anda
Perlu Anda ketahui dari sekarang bahwa semakin banyak aplikasi atau game yang terpasang pada smartphone android anda, maka bukan mustahil apabila lama kelamaan memory RAM pada smartphone akan cepat penuh, dan jika RAM smartphone Anda sudah terisi penuh kemungkinan besar random access memory (RAM) tersebut akan mengalami over dosis (kelebihan beban). Kejadian seperti inilah yang dapat menyebabkan perangkat pada smartphone android dan layar sentuh (touchscreen) sndroid anda tidak berfungsi secara optimal, salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan cara membersihkan memory RAM pada smartphone android anda secara rutin dan teratur.
Baca juga : Cara Memindahkan Aplikasi Ke SD Card Tanpa Root di Smartphone Android
3. Setting Pengaturan Launcher, Pilih Launcher Smartphone Yang Ringan
Tips memperbaiki touchscreen smartphone yang ketiga adalah dengan mengubah tampilan layar atau launcher pada smartphone android anda, atau apabila memungkinkan sebaiknya hapus launcher pada smartphone android anda yang memiliki efek animasi berat sehingga membuat smartphone menjadi hang dan ngelag.

Menggunakan launcher yang memiliki kapasitas berat,  sama saja halnya dengan menggunakan berbagai jenis aplikasi yang berat juga, ketika launcher bergerak (animasi) pada smartphone Anda, itu juga akan mengonsumsi kapasitas memory RAM yang lumayan besar. Masih mending jika RAM smartphone Anda besar, namun jika memori RAM nya kecil bagaimana?

Sebaiknya untuk mengatasi touchscreen anda yang kurang berfungsi secara efektif, ubahlah setelan  launcher pada smartphone android anda, dan jika ingin memakai wallpaper di layar utama ponsel android Anda, sebaiknya pakailah wallpaper yang tidak bergerak dan juga yang memiliki kapasitas ukuran yang ringan
Baca juga : Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy J3 (2016), RAM 2GB / 16GB Dual Kamera 8MP + 5MP AutoFocus
4. Jangan Lupa Untuk Melakukan Kalibrasi Layar Sentuh HP Anda
Tips ke-empat, apabila smartphone kesayangan anda seringkali mengalami kerusakaan pada touchscreen atau layar sentuhnya, Admin sarankan agar Anda menginstall aplikasi Kalibrasi, untuk menginstall nya Anda cukup membuka dan mencarinya di Google Play Store. Pasalnya, banyak sekali kelebihan dari aplikasi kalibrasi tersebut, selain dapat menyesuaikan dan mengatur mode tingkat kesensitivitan touchscreen, ternyata juga dapat memperbaiki touchscreen anda yang macet. Biasanya letak aplikasi kalibrasi ini pada smartphone android dapat anda temukan pada pengaturan atau setting di smartphone anda.
Baca juga : Spesifikasi dan Harga Advan i6, RAM 2GB / 32GB Android Nougat Terbaru Besutan Advan
5. Coba Restart Smartphone Anda (Matikan Smartphone, Lalu Hidupkan Kembali)
Tips memperbaiki layar sentuh smartphone yang rusak dan tidak berfungsi optimal pada saat sedang digunakan yang terakhir ini adalah dengan cara mematikan lalu menghidupkan kembali smartphone Anda (merestart smartphone), silakan matikan atau restat smartphone Anda, tunggu hingga beberapa detik lalu silakan untuk menghidupkan smatphone Anda kembali.

Apabila dengan lima cara diatas belum juga berhasil untuk mengatasi ;layar sentuh yang rusak pada smartphone Anda, maka jalan terakhir yang harus Anda jalani adalah pergi ke tukang service untuk memperbaiki atau bahkan mengganti layar sentuh smartphone kesayangan Anda.
Baca juga : Cara Berhenti Layanan Penyedot Pulsa Indosat (IM3 dan Mentari)
Demikianlah artikel sederhana yang dapat Admin suguhkan di malam ke 26 Ramadan 1439 ini mengenai cara memperbaiki layar sentuh smartphone yang rusak. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat, jangan lupa untuk berkomentar pada kolom yang sudah disediakan dibawah!

"Saya tidak fokus untuk memiliki blog besar. Fokus saya hanya untuk menghasilkan sebuah blog yang bagus dan bermanfaat untuk pembaca blog saya"

Silahkan berkomentar atau bertanya mengenai artikel di atas pada kolom komentar yang telah tersedia dibawah ini.
EmoticonEmoticon