1000 Kalori Sama dengan Makanan Apa Saja?

Say Hello to Sobat Ilyas!

Hello Sobat Ilyas! Kali ini saya akan membahas tentang 1000 kalori dan makanan apa saja yang setara dengan jumlah tersebut. Kalori adalah satuan pengukuran untuk energi yang diperoleh dari makanan dan minuman yang kita konsumsi. Jumlah kalori yang kita butuhkan setiap harinya tergantung pada berbagai faktor seperti usia, jenis kelamin, tingkat aktivitas fisik, dan lain sebagainya. Namun, bagi sebagian orang, membatasi asupan kalori menjadi 1000 kalori per hari bisa membantu dalam proses penurunan berat badan. Lantas, makanan apa saja yang setara dengan jumlah kalori tersebut? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

1. Nasi Putih

Mungkin tidak semua orang menyukai nasi putih, namun makanan yang satu ini merupakan sumber karbohidrat yang cukup tinggi. Sebut saja 200 gram nasi putih mengandung sekitar 320 kalori, artinya Sobat Ilyas hanya bisa mengonsumsi sekitar 3 porsi nasi putih per hari jika ingin membatasi asupan kalori hingga 1000 kalori.

2. Kentang

Kentang merupakan sumber karbohidrat yang juga cukup tinggi. Satu buah kentang ukuran sedang mengandung sekitar 130 kalori. Jadi, Sobat Ilyas hanya bisa mengonsumsi sekitar 7-8 buah kentang per hari jika ingin membatasi asupan kalori hingga 1000 kalori.

3. Telur

Telur merupakan sumber protein yang baik dan bisa menjadi pilihan untuk mendukung pembentukan otot. Satu butir telur mengandung sekitar 70 kalori. Sobat Ilyas bisa mengonsumsi sekitar 14 butir telur per hari jika ingin membatasi asupan kalori hingga 1000 kalori.

4. Daging Ayam

Daging ayam juga merupakan sumber protein yang baik dan rendah kalori. 100 gram daging ayam tanpa kulit mengandung sekitar 165 kalori. Sobat Ilyas bisa mengonsumsi sekitar 6 potong daging ayam tanpa kulit per hari jika ingin membatasi asupan kalori hingga 1000 kalori.

5. Sayuran Hijau

Sayuran hijau seperti bayam dan kangkung juga bisa menjadi pilihan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan rendah kalori. 100 gram bayam mengandung sekitar 23 kalori, sedangkan kangkung hanya mengandung sekitar 13 kalori per 100 gram. Sobat Ilyas bisa mengonsumsi sekitar 43 porsi bayam atau 77 porsi kangkung per hari jika ingin membatasi asupan kalori hingga 1000 kalori.

6. Buah-buahan

Buah-buahan juga bisa menjadi pilihan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan rendah kalori. Sebut saja segenggam buah apel ukuran sedang mengandung sekitar 70 kalori. Sobat Ilyas bisa mengonsumsi sekitar 14-15 buah apel ukuran sedang per hari jika ingin membatasi asupan kalori hingga 1000 kalori.

7. Ikan

Ikan juga merupakan sumber protein yang baik dan rendah kalori. 100 gram ikan seperti salmon mengandung sekitar 206 kalori. Sobat Ilyas bisa mengonsumsi sekitar 4-5 potong ikan salmon per hari jika ingin membatasi asupan kalori hingga 1000 kalori.

8. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti kacang almond dan kacang mete juga bisa menjadi pilihan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan rendah kalori. Sebut saja 100 gram kacang almond mengandung sekitar 579 kalori, sedangkan kacang mete hanya mengandung sekitar 553 kalori per 100 gram. Sobat Ilyas bisa mengonsumsi sekitar 1-2 genggam kacang almond atau kacang mete per hari jika ingin membatasi asupan kalori hingga 1000 kalori.

9. Roti Gandum

Roti gandum juga bisa menjadi pilihan untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat dan rendah kalori. Sebut saja satu potong roti gandum ukuran sedang mengandung sekitar 70 kalori. Sobat Ilyas bisa mengonsumsi sekitar 14 potong roti gandum per hari jika ingin membatasi asupan kalori hingga 1000 kalori.

10. Oatmeal

Oatmeal juga bisa menjadi pilihan untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat dan rendah kalori. Sebut saja setengah mangkuk oatmeal mengandung sekitar 150 kalori. Sobat Ilyas bisa mengonsumsi sekitar 7 mangkuk oatmeal per hari jika ingin membatasi asupan kalori hingga 1000 kalori.

11. Yogurt

Yogurt juga merupakan sumber protein yang baik dan rendah kalori. Sebut saja satu cangkir yogurt plain mengandung sekitar 130 kalori. Sobat Ilyas bisa mengonsumsi sekitar 7 cangkir yogurt plain per hari jika ingin membatasi asupan kalori hingga 1000 kalori.

12. Keju Cottage

Keju cottage juga merupakan sumber protein yang baik dan rendah kalori. Sebut saja setengah cangkir keju cottage mengandung sekitar 80 kalori. Sobat Ilyas bisa mengonsumsi sekitar 12 cangkir keju cottage per hari jika ingin membatasi asupan kalori hingga 1000 kalori.

13. Teh Hijau

Teh hijau juga bisa menjadi pilihan untuk menghindari minuman yang mengandung kalori tinggi. Teh hijau mengandung antioksidan yang tinggi dan rendah kalori. Sobat Ilyas bisa mengonsumsi sekitar 10-12 gelas teh hijau per hari jika ingin membatasi asupan kalori hingga 1000 kalori.

14. Air Putih

Air putih juga bisa menjadi pilihan untuk menghindari minuman yang mengandung kalori tinggi. Sobat Ilyas bisa mengonsumsi sekitar 4-5 liter air putih per hari jika ingin membatasi asupan kalori hingga 1000 kalori.

15. Sayuran Berwarna

Sayuran berwarna seperti wortel, tomat, dan paprika juga bisa menjadi pilihan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan rendah kalori. Sebut saja satu buah wortel ukuran sedang mengandung sekitar 25 kalori, sedangkan satu buah tomat ukuran sedang hanya mengandung sekitar 20 kalori. Sobat Ilyas bisa mengonsumsi sekitar 40 wortel atau 50 tomat per hari jika ingin membatasi asupan kalori hingga 1000 kalori.

16. Sup Sayuran

Sup sayuran juga bisa menjadi pilihan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan rendah kalori. Sebut saja satu mangkuk sup sayuran mengandung sekitar 100 kalori. Sobat Ilyas bisa mengonsumsi sekitar 10 mangkuk sup sayuran per hari jika ingin membatasi asupan kalori hingga 1000 kalori.

17. Smoothie Buah-buahan

Smoothie buah-buahan juga bisa menjadi pilihan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan rendah kalori. Sebut saja satu gelas smoothie buah-buahan mengandung sekitar 150 kalori. Sobat Ilyas bisa mengonsumsi sekitar 6-7 gelas smoothie buah-buahan per hari jika ingin membatasi asupan kalori hingga 1000 kalori.

18. Jamur

Jamur juga bisa menjadi pilihan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan rendah kalori. Sebut saja 100 gram jamur mengandung sekitar 22 kalori. Sobat Ilyas bisa mengonsumsi sekitar 45 porsi jamur per hari jika ingin membatasi asupan kalori hingga 1000 kalori.

19. Edamame

Edamame juga merupakan sumber protein yang baik dan rendah kalori. Sebut saja setengah cangkir edamame mengandung sekitar 100 kalori. Sobat Ilyas bisa mengonsumsi sekitar 10 cangkir edamame per hari jika ingin membatasi asupan kalori hingga 1000 kalori.

20. Sereal

Sereal juga bisa menjadi pilihan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan rendah kalori. Sebut saja satu mangkuk sereal mengandung sekitar 100 kalori. Sobat Ilyas bisa mengonsumsi sekitar 10 mangkuk sereal per hari jika ingin membatasi asupan kalori hingga 1000 kalori.

Kesimpulan

Ternyata banyak sekali makanan yang setara dengan jumlah 1000 kalori dan cukup bisa memenuhi kebutuhan nutrisi harian kita. Namun, perlu diingat bahwa membatasi asupan kalori hingga 1000 kalori per hari tidak selalu disarankan dan sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter atau ahli gizi sebelum memulai program diet. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk Sobat Ilyas. Sampai jumpa di artikel menarik lainnya!